Home » , » MATA KUCING MENYALA DI KEGELAPAN, MENGAPA?

MATA KUCING MENYALA DI KEGELAPAN, MENGAPA?

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 3 March 2015

Pernah memperhatikan mata kucing saat malam hari? Matanya terlihat menyeramkan karena menyala dalam gelap. Mengapa mata kucing menyala / bersinar saat gelap?

mengapa mata kucing menyala

  • Kucing termasuk jenis hewan nocturnal, yaitu hewan yang lebih banyak melakukan aktivitas di malam hari. Makanya wajar saja bila si Pussy bermalas-malasan dan tidur melulu di siang hari. Agar bisa melakukan aktivitasnya dengan baik di malam hari maka Tuhan menciptakan kucing bisa melihat dalam suasana pencahayaan kurang. Kalau tidak, bisa bahaya, nanti nabrak sana nabrak sini.
  • Mata kucing memiliki lapisan yang disebut tapetum lacidum (dari bahasa latin yang artinya karpet terang). Lapisan yang tersusun dari 15 sel ini berada di belakang retina, fungsinya memperbanyak jumlah cahaya yang dapat diterima retina dan memantulkannya sehingga  mata kucing bersinar seperti senter dan bisa melihat dalam gelap. 
  • Kucing hanya membutuhkan 1/6 kekuatan cahaya dibandingkan manusia. Hal ini memudahkan kucing bertahan hidup di malam hari dan mendeteksi obyek maupun benda-benda yang menjadi targetnya meskipun lingkungan di sekitarnya gelap.
  • Pupil mata kucing bisa beradaptasi sesuai kondisi lingkungan. Pada siang hari pupil hanya berbentuk seperti garis lurus yang memanjang secara vertikal. Saat cahaya terang pupil terlihat mengecil, sebaliknya pada kondisi cahaya yang minim pupil akan membesar sebagai usaha untuk memperoleh cahaya sebesar-besarnya. Keuntungan dari pupil yang mengecil ini adalah bisa melakukan kontrol yang lebih akurat untuk mengendalikan jumlah cahaya yang masuk ke mata.
    mengapa mata kucing menyala
    mata kucing saat siang hari
    Selain kucing,  jenis hewan lain yang termasuk hewan malam hari dan matanya memiliki lapisan tapetum lacidum yaitu burung hantu, lumba-lumba hidung botol, anjing dan kelelawar. Selain dapat melihat dalam gelap hewan nocturnal juga biasanya memiliki penciuman dan pendengaran yang tajam. Aniway, kalau mata manusia bisa menyala pada malam hari pasti namanya jadi Catwoman..... 


1 comments:

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}