Home » , » Bagaimana Ngatasin Kejadian Memalukan ?

Bagaimana Ngatasin Kejadian Memalukan ?

Posted by Catatan Ngocol on Friday 4 November 2016

Sering ngalamin kejadian memalukan?

Lagi bawa makanan di kantin sekolah, tiba-tiba ada yang nyenggol dan makanan tumpah ruah di lantai dengan bunyi yang nyaring membahana menyisakan kekisruhan, perangkat makan yang pecah berantakan dan makanan berhamburan? 
Atau lagi jalan di mall dan kunci lo jatuh di lantai, lo segera pungut dan tiba-tiba terdengar bunyi sobek..."KREEEK", ya..celana lo sobek di bagian yang sangat pribadi dan bikin CD pink bunga-bunga lo nongol dengan manisnya?
Atau lo lagi di lift bersama beberapa orang, lo kebetulan berada di depan, dekat pintu lift, tiba-tiba perut terasa mules dan keluarlah bunyi melankolis cetar membahana dari balik rok indah lo disertai bau busuk yang menyengat dan mempolusi satu lift?


Kalo lo pernah ngalamin yang di atas, artinya lo tau gimana kikuknya berada di tengah-tengah kejadian memalukan dengan lo sebagai pemeran utamanya. Ya.. lo malu-maluin banget..pasti itu yang ada di pikiran lo seketika. 
Kalo bisa sih lo pengen segera raib, segera lenyap di telan bumi atau menguap ke udara biar lo gak ngerasain perasaan malu luar biasa dalam dada...
Tapi kejadian begini mah gak bisa diprediksi dan bisa dialamin oleh siapa aja. Dan kita gak punya pilihan lain kecuali menghadapinya.
Trus mesti gimana dong biar gak malu-maluin ???

Tips ngatasi kejadian memalukan

Malu adalah reaksi pertama saat kita ngalamin kejadian yang memalukan. Itu otomatis. Biasanya disertai dengan keringat dingin dan jantung berdegup kencang dan ucapan "OMG...kok mesti kejadian kek gini menimpa gue...?"

Trus ngatasinnya sih mudah aja..(ah masa sih....??? Yee..kan harus positif thinking!!).

LANGKAH PERTAMA.

TARIK NAFAS & ACUHKAN.
  • Alias cuek bebek. Jangan bikin diri lo sebagai terdakwa yang siap-siap divonis seumur hidup ato hukuman mati malah..
  • Tau gak orang lain belum tentu merhatiin lo seperti yang elo pikirin. Mungkin saat kejadian mereka  bakal bereaksi, noleh ke lo, shock ngeliat lo, terkejut, nertawain lo. Itu normal. Tapi setelah itu mereka bakal kembali ke kesibukan dan urusannya sendiri dan ngelupain kejadian yang barusan. Sementara elo belum pulih dari rasa malu dan tertekan, orang lain udah kembali nyantai dan fokus sama urusannya...
  • Pernah ada yang ngelakuin penelitian di Amrik sono. Ada sekelompok anak muda pake T shirt kuning yang mencolok dengan tulisan konyol di atasnya dan menunggu reaksi orang-orang atas hal itu. Tau gak mereka memprediksi jauh lebih banyak orang yang merhatiin dia ketimbang kenyataannya. Mereka ngerasa kalo semua orang merhatiin T shirt konyolnya, padahal hanya 5 % yang betul-betul merhatiin udah gitu ngelupain, 95 % malah gak peduli dan fokus sama urusannya. See....???
  • Jadi langkah pertama saat ngalamin kejadian memalukan tarik nafas dan acuhkan..

LANGKAH KEDUA

JANGAN MINTA MAAF !
  • Ngapain mesti minta maaf, lo kan gak salah, gak ngerugiin orang, kejadiannya tiba-tiba, lo juga gak niat mempermalukan diri lo di hadapan orang banyak bukan?
  • Kalo lo minta maaf lo seolah-olah ngerasa berdosa karena mempermalukan diri sendiri. Permintaan maaf lo malah bikin lo jadi pusat perhatian. Yang tadinya orang gak merhatiin dan nganggap itu gak penting, karena lo minta maaf, akhirnya jadi penting dan jadilah lo ditatap dengan mesra dan penuh tanda tanya dari audience, "emang tadi ada kejadian apa sih, kok dia pake minta maaf segala?"
  • Jadi langkah kedua setelah tarik nafas dan acuhkan adalah gak usah minta maaf.. biasa aja..!!

LANGKAH KETIGA

GANTI CHANEL
  • Lo pada suka nonton kan? Waktu lo nonton chanel yang gak asik pasti lo pindah kan ke chanel lain yang jauh lebih menarik? Begitu juga dengan kejadian ini. Peristiwa memalukan sudah terjadi, lo ngerasa malu, ngerasa gak nyaman dan gak asik. Apa enaknya berada di situasi itu? Gak ada kan? Jadi segera ganti chanel ke chanel yang nyenengin..
  • Bikin suasana hati lo yang tadinya malu bukan kepalang ke zona nyaman. Ngelupain kalo sesuatu yang memalukan telah terjadi dan lo kembali ke keceriaan lo seperti sebelum kejadian. Hati dan perasaan lo adalah murni kontrol pribadi lo. Lo mo malu, mo susah, mo seneng, mo ngetawain diri itu sepenuhnya pilihan lo. Masa' lo mo pilih susah dan malu sampe ke ubun-ubun sementara lo bisa pilih kalem dan nyantai??? 
  • So... langkah ketiga adalah Ganti Chanel Bro / Sis ke suasana yang nyenengin.. Jangan lupa bahagia...!!!
Hal yang memalukan terjadi tanpa direncanain, tiba-tiba, suasananya bisa bikin kikuk dan malu. Kalo udah kejadian gak bisa diapa-apain lagi kecuali diterima. Yang paling penting bukan kejadiannya sih tapi sikap kita terhadap kejadian itu. Kalo lo menerimanya dengan rasa malu yang luar biasa maka jadilah lo manusia yang malu-maluin. Kalo lo nerima kejadian itu sebagai sesuatu yang wajar dan bisa terjadi ama siapa aja maka lo jadi manusia normal. Orang lain bakal ngeliat lo sebagai orang normal dan melupakannya. 

Orang gak bakal merhatiin lo seperti yang lo bayangin. Mereka juga banyak urusan yang perlu dipikirin. Ada yang sakit gigi, ada yang lagi putus cinta, ada yang lagi bisulan, ambeien dan panuan.. Itu yang lebih penting bagi mereka. Hal-hal yang terkait dengan diri mereka sendiri. Di luar itu gak penting banget buat dibahas..

So..gak perlu malu kalo terperangkap dalam kejadian memalukan, tarik nafas, acuhkan, gak perlu minta maaf dan segera ganti chanel.

Salam...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}