Home » , » Kenapa Orang "Hate Monday?"

Kenapa Orang "Hate Monday?"

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 21 September 2016

I Hate Monday !

Sering denger istilah ini diucapin orang-orang? Ada apa dengan Monday kok orang sebegitu bencinya? Kala senin tiba mulailah orang berteriak ini.."I Hate Monday!". Kenapa mesti mengkhususkan hari senin, bukankah senin sama dengan hari-hari lainnya? Apa mereka benci sekolah/kuliahnya, dosen atau gurunya? Atau malah benci pekerjaannya, bos atau koleganya?

Ini beberapa alasan yang bisa jadi bikin orang benci hari senin.


Kenapa orang "Hate Monday?"

(1) Liburan telah berlalu.
  • Semua orang senang liburan, karena liburan identik dengan bersenang-senang. Setelah dua hari bersenang-senang, bisa malas-malasan, bisa ngelakuin apa yang disukai, adalah saat yang membahagiakan, tiba-tiba harus nerima kenyataan kalo semua itu berakhir di hari senin, itu yang bikin orang benci senin.
  • Good bye liburan, good bye kesenangan dan welcome kerjaan yang melelahkan..(keluh)

(2) Gak bisa memperpanjang tidur.
  • Bagi mereka yang punya jam kerja yang panjang dan tetap setiap harinya, weekend adalah surga. Hanya weekend lah bisa bikin mereka istirahat, bisa tidur lama tanpa perlu diganggu alarm yang brisik.
  • Ketika senin tiba surga itu berakhir dan mulai lagi datang neraka, jam kerja yang panjang dan melelahkan...

(3) Harus segera terbangun begitu alarm berdering. 
  • Meski semalam ngerasa gak cukup tidur karena abis begadang, pesta dan hang out bareng temen, tetap aja harus maksain bangun karena tugas udah menunggu. Perasaan gak nyaman, gak enak, ngantuk dan kepaksa bikin orang gak suka dengan hari senin. Semua-muanya serba kepaksa dan gak enak gitu kesannya.

(4) Ingat semua yang harus dikerjain.
  • Begitu senin tiba udah kebayang deh setumpuk kerjaan di meja, bos yang galak, temen-temen kerja yang rese' belum lagi klien yang nyebelin. Wah pokoknya senin tuh hari ketidaknyamanan..
  • Bayangan yang tadinya enak saat weekend kudu ganti pemandangan deh dengan bayangan kerjaan dan tugas yang udah nungguin..

(5) Harus berhadapan dengan kondisi lalu lintas yang gak nyaman.
  • Waktu liburan, jalan sepi, kita bisa nyante menuju ke suatu tempat tanpa harus kejar-kejaran dengan waktu. Tapi kalo senin pagi jalanan langganan macet, lalu lintas padat merayap, kudu lebih lama di atas kendaraan kan bikin bete. Nyampainya juga lebih lama, belum lagi kalo ada janji ato meeting yang kudu ngejar waktu..

(6) Harus kembali ke rutinitas.
  • Senin judulnya adalah kembali ke rutinitas. Setelah dua hari bebas ngelakuin hal-hal yang nyenengin ato malas-malasan saja, tibalah hari di mana lo harus ngerjain tugas yang setiap hari lo kerjain. Itu itu melulu...
  • Duduk di belakang meja, nginput data, nulis, nelpon, yang memang udah lo kerjain tiap hari. Ngebosenin..

(7) Monday = What I have to do.
  • Kalo liburan identik dengan apa yang ingin lo lakukan (What I want to do) maka Senin identik dengan apa yang harus lo lakukan (What I have to do) karena lo digaji buat ngerjainnya. Sesuatu yang "ingin" lo kerjain pasti bikin seneng dong wong rasanya dari dalam gitu. Tapi sesuatu yang "harus" lo kerjain meski lo gak mau ya musti lo lakuin...namanya juga tugas.

(8) Harus menyesuaikan jam tubuh dengan pekerjaan.
  • Tubuh yang udah dua hari berada dalam kondisi nyaman dan nyantai, lepas dari beban kerjaan, kudu di ganti ke kondisi siap bekerja. Nah ini yang masalah, kadang lo belom siap kembali bekerja karena tubuh lo masih seneng liburan...tapi terpaksa karena kenyataannya liburan udah berakhir.
  • Kalo lo gak masuk kerja tanpa alasan lo bisa dipecat dan terancam gak punya duit buat diabisin liburan berikutnya.

(9) Harus menyesuaikan mood dari resting mode ke working mode.
  • Selama liburan mood lo udah jelas "resting mode" (mode istirahat). Lo bisa nyegerin pikiran, makan makanan yang lo suka, baca novel detektif yang tertunda, nonton film kartun sambil ketawa ketiwi dan berjemur di atas rumput halaman tanpa mesti keganggu oleh jadwal yang padat.
  • Begitu senin tiba, mood lo harus segera diganti ke "working mode" (mode bekerja). Perubahan mood ini yang gak nyaman.. karena seringnya lo lebih seneng dengan resting mode daripada working mode.

(10) Hari senin biasanya hari tersibuk.
  • Setelah libur 2 hari, senin adalah hari pertama masuk kerja sehingga jadi hari paling sibuk. Kerjaan yang terpending selama 2 hari semua ditumpuk buat dikerjain Senin.. Jadi senin adalah hari tersibuk. Hari dengan tingkat stres yang tinggi.

(11) Lebih mudah nyalahin hari.
  • Lebih mudah nyalahin hari senin daripada kenyataan yang harus lo terima. Kenyataan kalo lo harus kembali kerja setelah 2 hari libur senin adalah hari dimana kesibukan di mulai bikin senin jadi bulan-bulanan sebagai hari yang gak disukain..

(12) Gak suka kerja doyannya libur.
  • Bagi lo yang pada dasarnya malas, gak suka kerja, doyannya libur dan ngorok lama-lama, hari senin adalah hari penderitaan. Lo terpaksa harus ke kantor agar gak dimarahi bos dan gak dipecat. Lo butuh kerja bukan buat aktualisasi diri hanya sekedar buat nyari duit. Kalo gak kerja gak bisa nikmatin kemalasan..karena gak ada duit buat beli kesenangan.
Itulah 12 alasan kenapa orang sampe benci senin dengan bilang " I Hate Monday!" Padahal sih sebenarnya gak perlu hate monday karena biarpun lo hate, monday tetep dateng. Jadi dinikmatin aja kali'...

Salam..


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}