Home » , » Tips Menghentikan Keluhan !

Tips Menghentikan Keluhan !

Posted by Catatan Ngocol on Thursday 17 March 2016

Pernah denger orang lain ngomong begini gak, ato malah kamu?


"Ohhh... I Hate Monday... 
Sumpah, gue benci banget hari Senin, kok cepet banget sih weekend berlalu.
Padahal belum puas liburan?"

Atau mungkin kamu gak asing dengan keluhan ini.

"Gila, ni masalah susah banget, gak mungkin ada jalan keluar!"

Keluhan ini udah jadi hal yang biasa dalam keseharian kita. Jadi kita udah nganggap semua itu biasa aja dan gak penting buat dibahas! Padahal itu penting lho. Kebiasaan ngeluh kebanyakan dari kita bisa bikin hidup jadi merana. Keluhan jangan dipiara ntar hidup bakal dihancurkannya pelan-pelan. Sumpah.. ini gak main-main.. !!


Tau gak kalo keluhan itu menular. Ada orang yang ngeluh soal hujan yang turun dan bikin macet gak sadar kita ikutan mengiyakan dan ikutan ngeluh. Kita ngeluh sama kawan yang lainnya mereka setuju jadilah kita ngeluh berjamaah! Gimana perasaan kamu saat ngeluh, pasti gak enak, gak nyaman dan sedikit kesal. Suasana hati alias mood kamu langsung berubah jadi jelek.

Kalo tiap hari kamu begini, jadi ratu ato raja ngeluh, dijamin hidupmu gak bahagia. Orang bahagia gak ngeluh kan?

Tips ngatasin keluhan

(1) Sekali kamu ngeluh, kena denda.
  • Coba deh janjian ama temen kamu, kalo ada diantara kalian yang ngeluh harus kena denda, 10 ribu ato 20 ribu bahkan 50 ribu juga gak apa-apa buat bayar mereka yang denger keluhanmu. Semakin banyak yang dengerin kamu ngeluh makin banyak duit yang harus kamu keluarin. Akhirnya lo mesti tahan keluhan daripada bangkrut !

(2) Kenali sumber keluhanmu.
  • Kamu perlu ngenalin apa aja yang jadi sumber keluhanmu. Kondisi kemacetan, cuaca yang bersahabat, pekerjaan yang gak kelar-kelar, PR yang njelimet, temen yang mulutnya suka ember, duit yang gampang habis. Supaya kamu tau kondisi apa yang bikin kamu otomatis ngeluh ! Biar siap-siap maksudnya.
  • Kamu udah terbiasa ngeluh saat hujan. Kalo udah mendung kamu mesti siap-siap nih, siap nahan diri buat nggak ngeluh. "Wah bakalan hujan nih, dimana-mana pasti banjir, belum lagi jalanan macet, mana gak bawa payung lagi." 
  • Tahan keluhan itu hanya ada dalam dada, lihat sisi positifnya. Hujan turun itu rahmat bagi bumi. Tanaman bisa tumbuh dengan baik lagi..bunga-bunga yang indah bakalan bermekaran, buah-buahan yang ranum bakalan bermunculan.

(3) Cari solusi dari semua keluhanmu.
  • Gue benci Senin, solusinya buat hari Senin jadi nyenengin. Gimana kek caranya. Kumpul bareng temen pas jam makan siang, nostalgia. Lakuin apa aja yang intinya bikin hari Senin itu menyenangkan.
  • Gue benci temen yang suka ember. Solusinya hati-hati memilih teman, jangan asal ngomong masalahmu ke siapa aja. kelilingi dirimu dengan teman-teman yang bisa dipercaya, gak papa temen dikit tapi semua bisa dipercaya, daripada temen bejibun tapi ember semua...
  • Ujiannya susah banget. Solusinya belajar lebih giat dan lebih tekun jauh-jauh hari sebelumnya, jangan pake SKS (sistem kebut semalam). Biar otakmu super encer tapi gak bakalan bisa dipaksa ngapalin semua pelajaran ato textbook dalam semalam.
  • Gue benci terjebak macet. Solusinya berangkat lebih awal agar gak ikutan tumpuk-tumpukan bareng kendaraan lain dalam kemacetan. Ato kenali titik-titik rawan kemacetan di jalanan yang biasa kamu lewatin. Kalo ada alternatif jalan yang lain meski lebih muter agak jauh gak papa, ketimbang kamu harus terjebak macet berjam-jam.
  • Gue awal bulan udah kehabisan duit. Solusinya atur keuanganmu dengan baik, jangan-jangan kamu lebih besar pasak dari tiang, uang yang keluar lebih banyak dari yang masuk. Kalo kamu gak bisa irit, cari sumber pemasukan lain. Kerja paruh waktu kek, jualan kek, apa aja yang penting halal, jangan nipu ya? 
  • Intinya sih, semua keluhan itu bersumber dari diri kamu sendiri. Kalo kamu bisa ngatur hidupmu lebih baik, pasti gak ada keluhan wong semua udah beres kok !
Jangan ngeluh lagi ya...!!!


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}