Home » » Tips Berhenti Ngasarin Orang.

Tips Berhenti Ngasarin Orang.

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 20 April 2016

Kamu bermental preman?

Kalo kamu masuk dalam golongan orang yang suka ngasarin orang lain, demen liat orang lain menderita, demen maksain keinginan, suka ngebully, suka banget liat orang menangis menghiba gak diragukan lagi kalo kamu bermental preman.


tips

Pernah merhatiin preman gak sih? Mereka ini mahluk yang nyelesein masalah dengan kekerasan. Bukannya mereka ini gak punya sisi lembut tapi emang yang dia tau hanya kekerasan semata. Mungkin dia dibesarin dalam lingkungan yang keras, pernah mengalami kekerasan saat kecil ato dia kurang perhatian dan perlu ngasarin orang agar diperhatikan

Tapi mereka yang bermental preman banyak juga lho yang pengen tobat dan brenti ngasarin orang, hanya saja dia gak tau gimana caranya. Nah, kalo kebetulan kamu punya sisi gelap alias ada kepribadian preman dalam jiwamu, nih dia tips gimana caranya brenti ngasarin orang.


Tips brenti ngasarin orang.

1. Tutup mulut rapat-rapat
  • Kasar biasanya dimulai dari mulut. Jadi penting banget ngatur mulut agar ngomong yang baek-baek saja. Setiap kali ada keinginan buat ngeluarin kata-kata kasar, langsung ambil tangan dan tutup mulutmu rapat-rapat. Kalo perlu tampar tu bibir, biar sopan dikit.

2. Kasi sanksi dirimu.
  • Kamu mesti komit buat berubah. Kalo perlu kasi sanksi yang keras sama dirimu sendiri. Gigit lidahmu (tapi jangan sampe putus ya.. ) atau cubit dirimu sekeras mungkin kalo kamu udah kelanjur ngomong kasar. Paling bagus sih kalo ada bekas biru-biru bekas cubitan biar jadi momen pengingat kalo kamu pernah kasar. Sekaligus kamu juga bisa ngerasain gimana sakitnya kalo dikasarin orang. Kamu jadi preman terhadap diri sendiri.

3. Ucapin maaf.
  • Kalo kamu ketemu para bekas korbanmu, cobalah minta maaf pada mereka. Mungkin mereka maafin kamu, mungkin juga gak. Tapi itu resiko yang mesti kamu terima untuk berubah lebih baik.
  • Kalo kamu belom berani ngomong langsung, cari nomor ponsel mereka dan minta maaf atas kesalahan kamu dan katakan bahwa kamu pengen dibantu buat berubah.

4. Cari perhatian dengan cara positif.
  • Kalo sebelumnya kamu caper dengan bogem, dengan tinju, dengan ledekan, dengan intimidasi, coba deh caper dengan cara yang lain. Kasi bunga ke cewek yang pernah kamu gangguin. Kasi permen ke mereka yang biasanya kamu bully. Kasi senyum manis dan tegur sapa yang sopan sama mereka yang biasanya kamu ledekin.
  • Kalo mereka bingung dengan sikapmu, kasi penjelasan kalo kamu lagi dalam proses perbaikan dan kamu minta dukungan mereka, agar kamu jadi orang yang lebih baik.

5. Berpikir positif.
  • Setiap kali kamu berpikir negatif dan berprasangka terhadap orang lain, putar pikiranmu kembali ke pikiran positif. Ibarat kamu mutar radiom begitu denger siaran yang kamu gak suka, ganti chanel dengan siaran yang kamu sukai. Katakan kalo semua orang pantas untuk dihargai dan diterima apa adanya. Sama seperti kamu yang pengen dihargai dan diterima apa adanya. Pikir bahwa kamu pengen dikenang sebagai seseorang yang baik, bukan sebaliknya.

6. Bergaul yang bener.
  • Kalo sebelumnya teman hang outmu para preman, para manusia kasar yang mulutnya gak pernah sopan, yang tangannya selalu gatal buat mukul orang, sekarang kamu musti rela ninggalin mereka.
  • Temen bikin pengaruh yang sangat besar pada diri seseorang. Kalo kamu pengen sukses jadi orang baek, carilah temen yang baek dan yang bisa ngedukung kamu untuk terus berbuat baek.

7. Jangan nyalahin dirimu.
  • Yang paling penting sih bukan menyalahkan masa lalumu dan nyalahin dirimu yang berkepribadian buruk, tapi gimana kamu menata masa sekarang dan masa depanmu dengan memperbaiki diri.
  • Katakanlah kamu udah buat salah, itu kenyataan. Maafin dirimu dan tutup itu sebagai masa lalu. Buka lembaran baru dengan dirimu yang baru, diri yang lebih baik.

8. Tebar kebaikan.
  • Kalo sebelumnya kamu suka menebar kejahatan dan jadi manusia paling keji sekarang ganti dengan nebar kebaikan. Yang kecil-kecil aja, kaya' kamu liat sampah di jalanan, gak ada salahnya kamu pungut dan buang di tong sampah. Kalo sebelumnya kamu sering maksain orang nraktir kamu, coba gantian kamu yang nraktir orang lain. Kalo liat anak kucing jatuh di selokan gak ada salahnya nyelamatin dia..
  • Buat kebaikan itu gak perlu yang spektakuler, sampe panggil wartawan biar diliput. Kebaikan kecil aja udah cukup berharga kok. Gimana kamu bisa jadi lebih bermanfaat bagi diri dan orang lain. Orang lain bisa selamat dari gangguan kamu, malah mereka nerima kebaikan dan kasih sayangmu itu bakal lebih berbekas di hati mereka.
Well, good luck guys !..


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}