Home » , » 5 Hobi Yang Bikin Otak Encer

5 Hobi Yang Bikin Otak Encer

Posted by Catatan Ngocol on Thursday 21 April 2016

Pengen  punya otak encer?

Ya kudu usaha dong. Emang kamu pikir Opa Einstein bisa tiba-tiba jenius kalo dia molor melulu, gak ada usaha sama sekali. Orang suka malas sih kalo pintar harus ditempuh dengan cara-cara yang kurang nyenengin. Kaya' ikut kursus yang ngebosenin, dengerin dosen / guru yang ngomong berbusa-busa tapi gak ada yang masuk di kepala, semua cuma numpang lewat doang. Padahal kamu tau kalo kamu tuh sebenarnya gak bego-bego amat dan punya potensi buat pinter. Cuma belum ketemu formulanya saja.

hobi

Salah satu cara yang nyenengin biar otak encer adalah lewat hobi. Hobi adalah kegiatan yang kamu sukai, yang kamu lakukan berulang-ulang tanpa disuruh apalagi dipaksa. 

Hobi apa aja yang bikin otak encer?

1) Catur.
  • Catur bukan hanya nyenengin tapi bisa bikin otak kamu encer karena catur melatih kedua belah otak kamu secara seimbang. Menurut hasil penelitian di Amrik sono, catur bisa ningkatin IQ, merangsang kreativitas, meningkatkan memori/daya ingat, memperkuat konsentrasi, bahkan mencegah penyait Alzheimer (tau kan penyakit yang menyerang mantan petinju Muhammad Ali?).

2) Baca.
  • Buat kamu yang hobi baca, lanjutin deh kebiasaan itu. Karena hobimu ini bisa bikin otakmu tambah encer. Karena banyak baca bikin kemampuan kognitifmu meningkat, merangsang kreativitas dan bikin otak tetap muda. Membaca tidak hanya mengurangi stres tapi juga menambah kaya perbendaharaan katamu, kemampuan verbal dan daya ingat juga jadi lebih bagus.

3) Nulis/blogging.
  • Ini salah satu favorit saya (hehe.. kenapa saya suka update tulisan di blog ini.. biar otak gak beku). Nulis bisa ningkatin kemampuan buat fokus dan mengekspresikan ide-ide secara terstruktur. Agar bisa nulis tulisan bermutu dan banyak dibaca orang ya.. kudu balik ke hobi nomor 2, yaitu banyak-banyak baca, agar dapat inspirasi, ngelakuin riset tentang topik tertentu dan menuangkannya dalam tulisan yang mudah-mudahan bisa ngebantu banyak orang.
  • Nulis juga bisa ningkatin kemampuan mengingat dan kemudahan belajar sesuatu yang baru. Itu bakal jadiin kamu bisa nyambung dalam setiap topik pembicaraan.

4) Olahraga.
  • Para ilmuwan di seluruh dunia udah sepakat kalo olahraga bagus buat otak. Olahraga nurunin tingkat stres dan ngelancarin sirkulasi darah ke otak. Bahkan peneliti dari Universitas British Colombia, menemukan kalo olahraga aerobik ringan sekalipun bisa ningkatin ukuran hippocampus- sebuah bagian dari otak yang terlibat dalam memfungsikan memori verbal dan kemampuan belajar. 
  • Gak perlu olahraga yang mahal atau jadi member gym, cukup lari di sekeliling rumah kamu, atau praktekin jalan cepat. Sebaiknya olahraganya di waktu pagi sebelum ngantor ato masuk sekolah. Kamu bakal ngerasain hasilnya, pikiran lebih jernih dan lebih berenergi sepanjang hari.

5). Main musik
  • Saat dengerin musik mengalun, banyak area dalam otak ikut terlibat dan jadi aktif. Tapi saat kamu yang main musik, aktivitas itu bikin seluruh bagian otak kamu bekerja. Tau gak, hampir semua orang pintar, jenius dan orang terkenal bisa memainkan alat musik. Einstein bisa main piano, Charles Dickens bisa main akordion, Steven Spielberg bisa main klarinet. Kamu bisa main alat musik? Kalo gak, belajar gih.. biar tambah pinter..
Salam...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}