Home » , » Kebiasaan Yang Gak Kamu Sadari Ngurasin Energi

Kebiasaan Yang Gak Kamu Sadari Ngurasin Energi

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 18 May 2016

Kenapa energimu terkuras?

Kamu kebanyakan ngelakuin hal-hal yang menguras energi, dan sialnya kamu gak sadari kalo kamu melakukannya. Kamu jadi megap-megap kehabisan nafas seolah waktu 24 jam gak cukup buatmu.

Kamu selalu pusing nanya, kok waktu berjalan begitu cepat? Padahal waktu sama aja setiap hari kamu aja yang gak fokus dan menyibukkan diri dengan hal-hal gak penting sampe gak nyadar kalo waktu terus berlalu, ninggalin kamu yang cuma bengong. 


kebiasaan


Apa aja kelakuan yang bikin energimu terkuras?


(1) Gak bisa lepas dari gadget.
  • Ponsel dan gadget itu bagai 2 sisi mata uang. Kalo kamu pakenya bener maka ponsel dan gadget itu kasi manfaat yang banyak buat kamu. Tapi kalo kamu udah gak bisa lepas darinya, seolah tanganmu jadi kudisan dan langsung panik saat ponsel gak ada di dekatmu.
  • Tau gak kebiasaan gak bisa lepas dari gadget termasuk ponsel, tablet, laptop, kamera (buat selfie tentu saja), bakal bikin energimu terkuras. Kenapa? Karena hidupmu hanya seputar gadget dan lupa kalo dunia itu lebih luas dari layar gadgetmu.
  • Cek isi ponselmu terus menerus, setiap ada notifikasi kamu buru-buru ngecek dan sibuk dengan apa yang tertulis di situ. Ada email, chat, wa, twitter, komen, pasti langsung dibalas, seolah hidupmu hanya fokus di situ. Yang lain bisa menunggu. Wow..!!

(2) Diet membabi buta.
  • Kamu terobsesi buat punya penampakan bak model di majalah. Kamu tau gendut itu gak menarik, karenanya kamu ngelakuin apa aja biar kurus. Kamu mulailah ikut program diet yang gak terarah alias membabi buta.
  • Kamu sengaja gak makan, nahan diri biar gak rakus karena kamu percaya gak makan bikin kamu bakal keliatan lebih langsing dan lebih menarik, meski lemes dikit dan keluar keringet dingin karena nahan lapar anggap aja itu pengorbanan coy..!
  • Kamu terlalu fokus pada tampilan daripada memperbaiki kepribadian dan mencoba jadi orang yang nyenengin. Diet gak sehat bisa bikin kamu sakit dan bukannya menarik tapi bisa kurang gizi.

(3) Suka menunda.
  • Kamu punya banyak hal penting dalam hidupmu yang akan kamu raih demi masa depan dan cita-citamu. Tapi kamu terlalu asik buat ngerjain hal-hal gak penting. Bisa ngabisin waktu berjam-jam buat main game tapi gak ada waktu buat kursus dan ngembangin diri. Selalu punya waktu buat selfie tapi gak pernah punya waktu buat ke toko buku nyari buku yang bermanfaat.
  • Kamu nunggu waktu yang tepat buat ngelakuin apa yang menjadi tugasmu. Fokusmu ke hal-hal lain dulu, sehingga saat ngerjain apa yang menjadi tugasmu waktunya tinggal sedikit dan kamu jadi ngerjain tugas itu gak maksimal karena udah gak keburu.

(4) Kebanyakan Ngeluh.
  • Gak ada yang bagus, sempurna, ideal dan memuaskan hatimu. Semua hal ada salahnya. Kamu habisin waktumu hanya buat ngeluh, hanya buat mencari cacat dan kekurangan ketimbang bersyukur dan melihat sisi positif dari segala hal.
  • Kamu ngabisin waktu buat ngeluh, itu sebabnya energi negatif mengalir di kepalamu dan kamu jadi lelah tiada tara. Lelah ngomentarin orang sementara hidup sendiri gak keurus dan jauh dari ideal.

(5) Menunggu waktu tepat untuk olahraga
  • Kamu tau kalo kesehatan itu penting dan olahraga adalah salah satu upaya buat sehat. Tapi kamu selalu nunggu waktu yang tepat untuk olahraga. Nanti adalah kata favoritmu, akhirnya kamu gak jadi olahraga lagi.
  • Energi yang banyak itu kamu habisin untuk hal-hal yang malah merusak kesehatan, ngerokok, makan junk food, minum soda, gorengan dan keranjingan begadang.

(6) Menghitung untung rugi dari setiap sesuatu.
  • Perhitungan itu perlu sebelum melangkah melakukan sesuatu yang baru, agar gak salah langkah dan kemungkinan sukses jauh lebih besar. Tapi kebanyakan perhitungan dan kalkulasi bikin energimu habis dan kamu gak jadi melangkah karena terlalu banyak pertimbangan.
  • Kamu jadi gak percaya diri buat melangkah dan mulai dihantui ketakutan akan kegagalan.

(7) Cemas dan panikan.
  • Cemas dan panik adalah mekanisme normal yang dirasakan oleh tubuh saat ada bahaya mengancam agar kita nyiapin diri buat ngadapin bahaya tersebut. Tapi saat panik dan cemas menjadi bagian dari keseharian kamu seolah-oleh segala sesuatu perlu diwaspadai, akhirnya energimu habis buat mencemaskan sesuatu yang belum terjadi.
  • Kamu mulai mikirin macam-macam hal yang bisa bikin kamu tambah cemas dan takut. Energimu habis terkuras buat menenangkan diri dari kecemasan yang kamu ciptain sendiri.

(8) Mimpi di siang bolong.
  • Kamu kebanyakan ngayal, ngimpi ketimbang action. Kamu pengen sukses, pengen kaya, pengen berhasil, pengen menang tapi kamu gak ngelakuin apa-apa untuk mengejar keberhasilan itu. Itu namanya kamu mimpi di siang bolong. Keberhasilan didapat dari usaha dan kerja keras bukan dari malas-malasan dan ngayal gak jelas.
  • Kamu gak pernah bisa action karena energimu udah habis terkuras buat ngayal dan ngimpi. Bermimpi itu boleh tapi jangan kebablasan sampe gak bangun-bangun...hehe..
Salam...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}