Home » , » 6 Alasan Kenapa Lo Menyanyi Gak Sebagus Orang Lain

6 Alasan Kenapa Lo Menyanyi Gak Sebagus Orang Lain

Posted by Catatan Ngocol on Friday 29 January 2016

Kalo liat kompetisi nyanyi kayak Indonesian Idol, X factor ato The Voice pasti kita bakal kagum banyak orang yang suaranya bagus tapi banyak juga yang bikin sakit kuping karena suaranya lebih buruk dari ember pecah....Atau kalo lo karaokean bareng temen, ada yang suaranya emang mengesankan dan ada yang enaknya dilempar pake sendal aja biar brenti nyanyi, sebelom kuping lo jadi sobek karenanya.
Kok kemampuan nyanyi tiap-tiap orang beda ya? Bukan salah bunda mengandung tapi emang ada alasan kenapa kemampuan nyanyi tiap orang beda.

nyanyi

Dari mulai bayi kita udah ngeluarin suara-suara buat niruin suara yang kita denger. Semua orang bisa ngeluarin suara, tapi kok gak semua jago nyanyi? Seorang peneliti Kanada yang namanya Sean Hutchins mencoba meneliti tentang hal ini. 
Ini dia alasannya... 

1) Bakat alami.
  • Ada orang yang emang dari sononya udah punya bakat buat alami buat jadi penyanyi yang bagus. Denger musik bisa langsung ngikutin dan suaranya ngepas, enak didenger, karena emang udah pembawaannya gitu. Dia bisa tau kalo nadanya pas ato gak secara alami. 

2) Gen.
  • Anak-anak yang berasal dari ortu yang penyanyi biasanya juga bisa nyanyi dengan baik. Karena selain diturunin dari ibunya juga udah terbiasa dengerin ibunya nyayi dan otomatis dia pasti ngikutin (bukankah anak-anak itu plagiator alias peniru yang baik?). 
  • Setelah gede mereka terbiasa nyanyiin lagu kesayangannya, ngikutin nada dan boleh dibilang itu praktek nyanyi yang gak semua orang sering ngelakuinnya.

3) Sejak dini udah paham nada
  • Sejak masih dalam perut ibunya janin udah punya kemampuan mendengar. Dan kalo ibunya sering nyayi buat dia, kasi denger musik klasik, atau nada-nada, maka kemampuan buat ngenalin nada akan tersimpan dalam memorinya. Dan itu otomatis itu ngembangin kemampuan bermusik di otaknya setelah dia lahir dan gede.

4) Kondisi fisik
  • Kondisi rongga mulut, tenggorokan, bahkan rongga hidung yang mempengaruhi produksi suara yang keluar juga turut berpengaruh. Dengan kondisi fisik tertentu seseorang bisa ngeluarin suara nyayian yang jauh lebih enak didenger dibanding orang lain.

5) Latihan vokal.
  • Ada orang yang secara alami punya timbre suara yang bagus dan sering ikut latihan vokal sehingga suaranya jadi terlatih dan bisa ngikutin nada dengan baik. Ada juga orang yang sebenarnya punya suara yang bagus hanya gak bisa berkembang dengan baik karena gak dilatih.
  • Latihan vokal fungsinya ngajarin lo yang kemampuan nyanyinya pas-pasan agar bisa mencapai kondisi potensil. Dicariin genre yang cocok dengan karakter suaranya, diajarin pernafasan, diajarin naik turun tangga nada dan sebagainya.

6) Pikiran
  • Kalo lo mikir lo gak bisa nyanyi, suara lo kayak keledai, pasti suara jelek yang akan keluar karena itu yang lo percayai. Lo jadi takut-takut ngeluarin suara karena lo gak yakin kalo suara lo memukau. Hal ini yang bikin banyak orang yang secara alami punya bakat nyanyi tapi pikirannya ngebatasin dia buat ngembangin kemampuan bernyanyinya, akhirnya jadi penyanyi yang buruk.
  • Nyanyi itu hanya sebagian yang berurusan dengan teknik alias kemampuan vokal tapi sebagian besarnya adalah kepercayaan diri. Kalo lo percaya diri lo adalah penyanyi yang bagus, suara lo enak dan lo lepas aja nyanyinya, gak pake beban, dijamin suara lo pasti beneran enak didenger.

Sekarang lo semua udah paham kan, kenapa suara lo lebih jelek dibanding orang lain. Tapi anak muda yang tergabung dalam grup Anthem Lights ini emang luar biasa. Bayangin mereka bisa nyanyi sambil pake treadmill, lo bisa gak ya.?? Ini videonya..



0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}