Home » » Lo Harus Ngapain Biar 2016 Bisa Lebih Baik Dibanding 2015?

Lo Harus Ngapain Biar 2016 Bisa Lebih Baik Dibanding 2015?

Posted by Catatan Ngocol on Monday 4 January 2016

Happy New Year 2016 buat para pembaca blog catatanngocol.blogspot.com. Sebenarnya admin gak pengen buat resolusi-resolusi-an sih, soalnya kebanyakan gak ditepatin  he ..he.., cuma kayaknya awal taon harus ada perubahan deh, apa yang bisa  bedain taon ini ama taon kemarin? Yang berlalu udah berlalu, tapi kondisi harus ada perbaikan dong, minimal perbaikan di dalam otak alias pikiran lo. (baca : Resolusi Tahun Baru 2016)


2016


Kira-kira lo harus ngapain aja di taon 2016 ini, biar lebih baik di banding taon kemaren?

1. Terima diri lo apa adanya.
  • Suka ato kagak itulah diri lo. Mo gendut, ceking, jerawatan, suka kentut, doyan ngupil, hidung mancung ke dalam, rambut krinyol (kriting konyol), itulah diri lo, itulah bodi lo. Bodi itu yang bakalan nenemin lo seumur hidup. Kepribadian lo yang aneh, unik bin ajaib plus kadang-kadang njelimet itu yang bakalan ngelengkapi hidup lo sampe lo mati.
  • Jadi kalo selama taon 2015 lo khilap melulu, gak sanggup dan gak rela nerima diri lo apa adanya, taon 2016 ini lo mesti kembali ke jalan yang benar. Terimalah diri lo yang jelek, gendut, kere, sial melulu dan jomblo menahun apa adanya. Lo protes sama Tuhan juga kondisi lo gak bakalan berubah kalo lo emang gak niat buat perbaiki diri. 
  • Tahap awal buat perbaikin diri, ya... lo mesti terima diri lo dulu dan cintai bodi dan tubuh lo yang penuh kekurangan itu. Lebih baek lo khilap kalo lo itu punya banyak kelebihan ketimbang lo galau terus menerus karena mikirin kok Tuhan nyiptain lo yang serba kurang ini ya? Lo mesti tau kalo Tuhan nyiptain lo pasti ada tujuannya, minimal biar ada bahan celaan dari orang-orang kece di luar sana. Kalo semua pada cakep siapa yang mo di cela?
  • Eh jangan salah, orang kece yang menawan hati juga punya banyak ketidakpuasan lho atas dirinya (baca : apa gak enaknya punya wajah cantik ato baca artikel ini untung ruginya punya wajah menarik).

2. Hidup itu belajar.
  • Lo pernah denger gak ada yang bilang pengalaman adalah guru terbaik? Selama lo idup emang lo belajar di sekolah kehidupan, lo kecewa, lo senang, lo bahagia, lo sedih itu semua proses belajar. Kalo sesuatu gak sesuai mau lo emang mungkin itu yang terbaik. Jadi lo gak perlu nganggap hidup gak berpihak ke lo. Karena pada dasarnya Tuhan lagi ngajarin lo, ngajarin buat survive alias bertahan hidup
  • Kalo di tahun 2015 lo galau melulu, cobalah buat nyante di tahun 2016 ini. Anggap yang lo alamin semua adalah proses pembelajaran dan pendewasaan diri lo.

3. Gak ada yang namanya kesalahan, tapi pelajaran.
  • Poin nomor 2 udah jelas banget. Orang tumbuh mesti ada perubahan, dan buat berubah harus ada trial and error, alias nyoba-salah trus gagal. Tapi kalo lo mikir semua kesalahan yang pernah lo lakuin tanpa mikir apa yang bisa lo pelajari dari kesalahan itu, lo gak bakalan maju-maju deh.. 
  • Emang watak manusia idup itu buat bikin salah. Kalo lo mo sempurna dan brenti bikin salah lo harus jadi penghuni kuburan alias mati. Tapi yang terpenting bukan kesalahannya, tapi lo bisa belajar gak dari kesalahan lo?
  • Kalo sepanjang taon 2015 lo kebanyakan buat salah dan putus asa, taon ini lo mesti bangkit dan memperbaiki kesalahan lo sedikit demi sedikit.

4. Pelajaran itu baru dipahami kalo sering berulang.
  • Mungkin lo suka nanya kok gue ngelakuin kesalahan berulang-ulang? Kecuali kalo lo emang goblok, lo mesti paham dulu yang namanya pelajaran baru bisa dipahami kalo sering diulangi kan? Begitu juga kesalahan yang sering banget lo lakuin, hari demi hari, sampe lo nyadar ndiri dan dapet pelajaran dari sana.
  • Kalo sepanjang taon 2015 lo sempat putus asa kok gue salah melulu, apa aja yang gue lakuin pasti salah, mungkin Tuhan pengen lo belajar dari kesalahan itu. Kalo lo sering jatoh di lubang yang sama, masak lo gali lobang makin dalam? (kecuali kalo gali sumur ya?). Kalo lo waras lo pasti ngindarin lobang yang sama biar lo gak jatuh lagi. Kalo lo jatoh melulu di lobang yang sama minimal lo belajar kalo jatoh di lobang itu gak enak (yang enak kalo jatuh di pelukan pacar..). Kalo lo jatoh lagi di lobang itu, artinya lo belom belajar. Kalo udah belajar kan udah paham. Makanya lo jatoh terus sampe lo ngerti. Kalo lo gak ngerti-ngerti juga... nyerah deh gue!


5. Belajar itu seumur idup.
  • Gak ada bagian dalam idup yang gak berisi pelajaran. Selama lo masih idup selalu ada yang bisa lo pelajari. Kalo lo udah paham pelajaran yang satu maka pelajaran lain udah menunggu. Begitu seterusnya.
  • Kalo sepanjang 2015 lo banyak ngeluhnya, taon ini stop ngeluh deh. Coba belajar bersyukur dan nerima hidup lo sebagai sebuah anugerah.

6. Jangan liat rumput tetangga.
  • Yee... ngapain juga ngintip rumput tetangga, mending liat cewek tetangga yang kece dan seksi. Ada pepatah yang bilang rumput tetangga selalu lebih ijo dari rumput di halaman sendiri. Itu maknanya lo banyak liat kelebihan orang dan ngiri sama mereka tanpa nyadar mungkin lo punya lebih banyak kelebihan dibanding dia tapi waktu yang lo punya, lo habisin buat ngiri tanpa ada usaha buat ngembangin diri. Wajar aja lo tertinggal. Lo hanya jadi pengamat orang lain tanpa berusaha ngamatin diri lo lebih seksama.
  • Kalo tahun 2015 lo ngabisin buat ngiri sama orang lain, tahun 2016 lo mesti lebih banyak bersyukur dan ngembangin diri lo.

7. Orang lain itu cerminan diri lo.
  • Lo pernah mandangin diri lo di cermin gak? (pasti sering kan? Apalagi kalo lo jomblo, pasti lo sering protes ke cermin, kalo dia nampilin bayangan yang salah..ups!). Kalo lo senyum, bayangan di cermin pasti senyum balik ke lo, kalo lo nunjuk bayangan lo, maka bayangan di cermin itu bakalan nunjuk balik ke elo. 
  • Sikap orang lain ke lo tuh ibarat cermin. Kalo lo baek sama orang, mereka juga bakalan baek sama lo. Kalo lo suka nyari masalah, dijamin diri lo juga gak bakalan terlepas dari masalah. Kalo sepanjang taon 2015 kemarin lo banyak ganggu orang, lo sering nyari masalah, lo sering ngerugiin orang lain ato minimal gosipin dan ngebully orang, di tahun 2016 ini brenti deh! Lo mesti jadi orang baek. Gak perlu jadi uztad ato nyembunyiin diri lo di biara jadi biksu. Kalo gak bisa nolong dan buat baek sama orang, minimal lo gak ngerugiin ato nambah-nambahin masalah mereka.

8. Apa yang lo lakuin itu terserah lo.
  • Lo mo sukses ato mo jadi pecundang, pilihan sepenuhnya ada di tangan lo. Sumber daya dan alat-alat yang lo perlukan buat sukses semua tersedia, masalahnya lo bisa manfaatin itu ato kagak? Sekolah bukannya rajin, malah suka bolos. Les bukannya serius malah nyari masalah dengan guru ato temen les. 
  • Setahun telah berlalu. Sepanjang 2015 lo milih jadi pecundang, maka itulah diri lo. Kalo lo mo ngilangin atribut pecundang dalam diri lo, maka lo mesti ngebenahin diri di tahun 2016. Yang butuh keseriusan lo seriusin deh. Hobi lo tekunin, mana tau hobi itu yang nganterin lo sukses?

9. Jawabannya ada dalam diri lo.
  • Jawaban dari semua pertanyaan kehidupan ada dalam diri lo. Yang perlu lo lakuin adalah ngelongok dalam diri lo, dengerin suara hati  dan percaya sama diri lo sendiri. 
  • Kok berat badan gue gak turun ya? Lo liat pola makan lo, diet lo, olahraga yang lo lakuin udah bener ato ngasal? Gak perlu nyari di luar jawabannya, ato gak perlu sibuk nyalahin orang ato pola diet yang lo lakuin. Tanya diri lo, dan jawab dengan jujur. Mulai taon 2016 lo mesti jujur sama diri lo sendiri.
Itu dia yang mesti lo usahain di tahun 2016. Mudah-mudahan bermanfaat, setidaknya buat saya yang nulis ini juga. Semoga taon ini lebih baik dari taon kemaren ya..!


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}