Home » , » 8 Hal Yang Sebenarnya Gak Penting Banget Dalam Hidup

8 Hal Yang Sebenarnya Gak Penting Banget Dalam Hidup

Posted by Catatan Ngocol on Friday 29 January 2016

Banyak yang salah mengira bahwa hal-hal di bawah ini bisa bikin bahagia, padahal gak penting banget dalam hidup. Cuma lo nya aja yang ikut-ikutan dan ngerasa kalo inilah hidup yang harus lo pertahanin, lo fokusin, lo kejar sampe lo sendiri begitu tenggelam karenanya.


penting

Apa aja itu?

1) Berapa banyak teman fb lo.
  • Hampir semua orang punya akun fb alias facebook dan semua saling saingan buat dapetin sebanyak-banyaknya temen. Ada yang ribuan bahkan sampe jutaan. Sekarang tanya diri lo deh, kalo lo punya banyak temen fb apa faedahnya buat lo, emang lo bisa menyapa semua temen lo yang jumlahnya banyak itu setiap hari? Apa semua temen fb lo betul-betul lo kenal baik, ato hanya sembarang orang yang kebetulan lo add atau approve?
  • Temen online sebenernya gak nyata.. jauh lebih penting buat banyakin temen di dunia nyata dan ngelakuin aktivitas sama-sama. Temen di dunia maya secukupnya aja, yang bener-bener lo kenal dan emang terpisah jarak yang jauh yang bikin lo hanya bisa komunikasi via online. Kalo tetangga sebelah rumah yang cuma berbatas tembok, mending lo ngobrol langsung kali' ye.. ngapain juga diskusian via facebook kalo lo bisa ngomong langsung?

2) Berapa banyak "like" yang lo dapat dari postingan fb lo.
  • Banyak orang yang tiap hari bikin status heboh dengan harapan banyak yang nge"like" dan dia jadi happy. Apa bener kebahagiaan lo ditentuin oleh seberapa banyak like yang lo dapetin? 
  • Yang paling penting tuh seberapa banyak orang yang "like" lo di dunia nyata. Kalo nyatanya hanya sedikit orang yang suka sama lo artinya lo mungkin nyebelin, gak peka, pelit dan punya segudang keburukan yang bikin orang alergi buat deket-deket lo.
  • Ini yang perlu lo perbaikin. Kesuksesan seseorang gak ditentuin oleh dirinya sendiri tapi juga oleh kemampuannya berinteraksi dengan orang lain.

3) Seberapa sedikit "like" yang lo dapet di fb.
  • Hari ini lo galau bukan main, karena hanya sedikit like yang lo dapetin dari postingan lo di fb. Padahal lo udah mikir kalo postingan lo yang super heboh bakal di "like" banyak orang.
  • Emang kenapa kalo "like" yang lo dapetin sedikit? Yang paling penting bukan ngedapetin banyak "like" di medsos, tapi ngedapetin banyak like di dunia nyata. Lo bener-bener disenengin banyak orang karena karakter lo yang supel, enak diajak gaul, gak segan-segan menolong serta enak diajak ngomong.

4) Berapa banyak yang komen atas foto selfie lo.
  • Di mana aja lo sempatin buat selfie dan upload ke fb dengan segala macam pose dan gaya. Yang lo harepin temen fb lo bakal kasi komen yang lo harepin. Ternyata harapan lo gak terwujud yang akhirnya bikin hati lo jadi kusut masai.
  • Kenapa lo mesti tergantung sama komen orang (di medsos lagi!)? Lo berbuat aja yang terbaik dan gak peduli apa orang lain mo komen ato kagak. Itu hak asasi orang buat komentarin lo ato gak. Ngapain lo mesti selfie hanya buat dapet komen? Selfie lah karena selfie itu bikin hati lo seneng, karena selfie bisa mengabadiin momen-momen tertentu dalam hidup lo yang mungkin gak akan berulang. Jadi banyak sedikit komen yang lo dapet gak penting, karena hati lo akan selalu seneng.

5) Seberapa "sibuk" (tapi gak produktif) lo keliatan.
  • Lo selalu sibuk dan kesibukan itu menyita semua waktu lo. Lo ngasi kesan ke semua orang, ke keluarga, ke temen, ke tetangga kalo lo itu orang tersibuk di dunia, punya banyak kerjaan, punya banya tugas, padahal tanya diri lo, apa betul kesibukan yang ngabisin waktu itu ngasilin sesuatu alias produktif?
  • Kenapa produktivitas itu perlu? Karena harusnya dari waktu yang lo manfaatin sesuatu lo juga ngasilin dan dapet sesuatu dari hal tersebut. Seperti misalnya nulis blog, emang waktu habis buat nyiapin tulisan, nulis sedikit demi sedikit, tapi waktu yang dipake itu ada hasilnya berupa postingan tulisan yang mudah-mudahan bermanfaat buat orang yang kebetulan mampir di blog catatanngocol.blogspot.com ini, misalnya. Yang sekolah juga gitu, apa tiap hari belajar lo beneran dapet ilmu, ato sekedar "ada" doang di sekolah? Yang kerja, apa bener tiap hari ke kantor lo ngasilin sesuatu buat kantor, ato lo malah ngabisin sumberdaya kantor buat kepentingan pribadi lo, kayak parasit? Yang bisnis, apa tiap hari lo nemuin ide buat ngembangin bisnis lo, ato hanya nyari untung dengan menghalalkan segala macam cara?
  • Lo gimana, apa waktu lo udah produktif ato sekedar "sibuk" doang tapi gak ngasilin apa-apa yang berguna, minimal buat diri lo?

6) Seberapa gede dan seberapa penuh lemari lo.
  • Lemari adalah penyimpan harta lo di rumah yang tiap hari lo buka. Lo ngabisin banyak duit buat ngisi lemari lo, entah dengan baju, sepatu, tas, pernak pernik aksesoris, alat-alat hobi, perangkat olahraga kesukaan lo ato apa aja deh yang lo anggap sebagai harta lo.
  • Trus kalo lo udah penuh-penuhin lemari ampe rame dan tumplek blek dengan segala macem barang bikin lo jadi lebih hebat dari orang lain, gitu? Gak juga tuh! Barang alias benda itu lebih bermakna kalo bermanfaat. Baju lo sampe 200 biji tapi yang lo pake hanya 1 biji setiap harinya, trus yang 199 lo apain, masa' semuanya mo dipake buat ganti? Punya sepatu 100 pasang padahal yang lo butuhin 5 pasang juga cukup?
  • Apa gak lebih manfaat kalo barang-barang yang lo gak perluin lagi, misalnya udah tua, udah gak muat di badan lo, udah ketinggalan jaman, udah gak lo suka, lo sumbangin ke orang-orang yang butuh, yang gak sanggup buat beli karena keterbatasan ekonomi?
  • Karena yang lebih penting bukan seberapa penuh isi lemari lo tapi seberapa banyak manfaat dari isi lemari itu buat lo dan orang lain.

7) Merek apa yang lo pake'.
  • Banyak orang yang sampe rela bermalam di depan toko yang ngejual I-phone 6, supaya jadi orang pertama yang beli. Banyak orang yang ngabisin duit buat beli barang bermerek. Sampe tunggangan alias mobil ato motor harus dari merek ternama. 
  • Kenapa semua orang suka beli barang "brand", kalo perlu ngutang ato nyicil, belom lagi yang ekstrim sampe nyuri ato nyempetin korupsi? Buat pamer dong! Kenapa orang suka pamer? Untuk ngejawab ini lo bisa baca lagi tulisan kenapa sih orang suka pamer?
  • Padahal yang nentuin kualitas lo bukan seberapa banyak barang bermerk yang lo punya tapi seberapa bermanfaat barang itu buat lo. Kalo ponsel biasa aja cukup, kenapa mesti beli yang mahal? Kalo motor bekas aja cukup buat lo kenapa harus bela-belain mo pake moge kalo perlu jadi begal (karena kere, gak mampu beli!).
  • Kualitas diri lo yang penting, bukan kualitas barang yang lo punya yang nentuin diri lo. Seberapa manfaat lo dalam hidup ini?

8) Lo punya segalanya yang bisa dibeli dengan duit !
  • Apa orang kaya itu bahagia? Gak ! Liat aja para bintang tenar Hollywood, mereka punya duit banyak, bisa beli apa aja denga duit itu, tapi kenapa angka bunuh diri di kalangan selebriti ini tinggi, belum lagi yang ngobat, kecanduan miras, kecanduan seks, kecanduan bikin onar, keseringan berurusan dengan aparat? 
  • Jawabannya gampang banget karena duit itu bukan tujuan tapi alat buat mencapai tujuan. Kalo tujuan hidupnya bahagia, ya.. pake dong uang itu buat mencapai kebahagiaan. And you know what.. yang bikin orang bahagia itu bukan karena lo pake semua duit itu buat beli dunia tapi lo pake tuh duit buat ngebahagiain orang lain. Dengan ngebahagiain orang lain otomatis akan ngebahagiain diri lo juga. Gak percaya? Coba aja!

Kalo lo fokus pada 8 hal di atas dalam hidup lo, gak heran lo gak bahagia, lo selalu galau dan selalu menderita. Karena lo ngabisin hidup lo ngurusin hal yang gak penting. (baca : 4 rahasia agar hati selalu seneng)

Salam...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}