Home » , » Apa Wajah Menarik Lebih Mudah Diterima Kerja?

Apa Wajah Menarik Lebih Mudah Diterima Kerja?

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 3 August 2016

Wajah jelek itu musibah.

Wajah lo jelek, bikin eneg, lo juga paling malas ngeliat cermin karena bayangan yang muncul disana kek horor, pokoke gak enak diliatlah. Lo aja putus asa dengan penampakan diri lo yang diliat dari sisi mana aja gak ada bagus-bagusnya. Belum lagi kesan dan komentar orang lain yang sering ngebully lo semakin mempertegas kalo wajah lo memang gak ada harapan untuk dipuji. Gak perlu dipertegas kali', lo juga udah tau kalo lo jelek.. (baca : gimana reaksi lo kalo ada yang bilangin lo jelek.)


Lo pun sering disangka benci sama mereka yang cantik / ganteng, padahal gak gitu juga... (baca : apa cewek jelek benci sama cewek cantik). Meski kadang lo iri dengan kesempurnaan fisik mereka, tapi benci hanya karena dia lebih menarik, gak lah!

Lo dipandang sebelah mata sama lawan jenis, boro-boro diliat, dilirik aja kagak..Ya, lo sering gagal dalam urusan asmara (baca : apa mungkin cowok jelek menarik di mata cewek cantik?) dan lo harus nerima kenyataan karena tampilan lo yang gak enak diliat itu juga bikin lo susah dapat kerja.

Benarkah pekerjaan hanya untuk mereka yang berwajah menarik?

A. Jawabannya iya..(jangan sakit hati ya..para pemilik wajah jelek!). Kenapa? karena ada kualitas yang hanya dimiliki orang para pemilik wajah menarik ini, yaitu :


(1) Percaya diri.
  • Orang cantik/ganteng biasanya lebih pede dibanding lo yang jelek. Pekerjaan apapun butuh orang yang pede, yakin akan diri dan kemampuannya. Sementara lo yang jelek butuh diyakinin bahwa diri lo gak sejelek penampakan muka lo. Jadi jangan salahin kalo yang menarik lebih banyak yang keterima kerja, karena perusahaan lebih yakin ke mereka yang yakin atas diri dan kemampuannya ketimbang yang gagu dan gak yakin.

(2) Bahagia.
  • Orang bakalan senang bicara dan betah ngobrol lama-lama sama mereka yang menarik. Secara tidak langsung mereka jadi bahagia dan bikin orang lain bahagia juga. Mereka bikin orang lain tertarik untuk ngobrol dan kenal lebih jauh. Inilah salah satu keuntungan dan anugerah bagi mereka yang berwajah menarik, meski banyak juga yang ngerasa punya wajah menarik itu musibah.

B. Beberapa industri sangat butuh penampakan yang elok.
  • Gak perlu dijelasin lagi para pramugari/pramugara di pesawat, resepsionis hotel, customer service adalah para profesional yang terlatih dan butuh wajah elok. Lo pasti merhatiin betapa eloknya para SPG bisa ngejual sebuah produk hanya dengan mejeng dan pasang pose sexy. Para artis/aktor, model serta pragawati/pragawan, umumnya punya bodi bagus dan wajah yang elok.
  • Tapi ada juga industri dan profesi yang butuh keterampilan dan keelokan wajah gak terlalu penting, seperti dokter, arsitek, bahkan dosen / guru besar.

C. Orang lebih senang dilayani mereka yang menarik.
  • Adalah naluri manusia buat senang yang indah-indah. Begitu para konsumen yang punya duit, mereka rela membuang duit buat beli layanan yang nyenengin hati. Termasuk diantaranya dilayani oleh mereka yang berwajah menawan. Bayangin aja kalo lo jadi pelanggan sebuah produk dan mau komplen, pas lo datang dengan wajah yang membara, terbakar emosi, tiba di depan customer service lo diterima sama seseorang yang mukanya amburadul, gak sopan, giginya nongol dan kasar pula. 
  • Konsumen adalah raja dan mereka cenderung memilih yang menarik..sehingga perusahaan menyediakan apa yang mereka butuhin. Wajah cantik dan ganteng, sopan, ramah, punya senyum manis siap melayani keluhan anda, siap melayani permintaan anda.

D. Bisnis itu nyari untung, guys..
  • Kerja di bidang produksi atau jasa sama-sama tujuannya buat cari untung. Para manajer SDM tau banget lebih baik menerima mereka yang punya otak gak encer tapi tampilannya wow dan diharap bisa bawa untung banyak buat perusahaan daripada nerima mereka yang jenius tapi mukanya jelek dan gak bisa diajak kerjasama buat nyari keuntungan...
  • Mereka yang punya wajah pas-pasan bakal jadi perhatian kalo punya kemampuan dan keterampilan ekstra yang diakui. Mereka mungkin harus berusaha dua kali lebih kuat buat yakinin perusahaan kalo mereka layak buat diterima...


Kesimpulan :

  • Memiliki wajah jelek dan gak menarik bisa jadi anugerah tapi bisa juga jadi musibah, tergantung gimana lo menggunakannya. Wajah jelek memang bikin frustasi, tapi gak berarti lo gak bisa berkarya. Bahkan lo bisa berkarya lebih baik dibanding mereka yang berwajah elok, masalahnya lo mau gak! Kalo yang elok bisa jadi bintang utama di film dan jadi pahlawan lo bisa jadi penjahatnya, jadi monster, jadi hantu ato jadi kru di belakang layar. Para sutradara jarang lho yang berwajah elok...
  • Lo mungkin gak bisa jadi penyanyi ato model/pragawan tapi lo bisa jadi komedian yang bikin orang ketawa dan terhibur atau jadi tukang sulap yang hebat. Dunia entertainment gak ketutup buat orang jelek, kok!
  • Mo kerja di sektor industri, carilah profesi yang gak butuh wajah menawan, mungkin jadi peneliti, dokter, arsitek, bahkan tukang bengkel pinggir jalan yang dibutuhin pengendara yang kendaraannya mogok..
  • Kalo lo bisa terima tampilan lo apa adanya dan manfaatin kemampuan lo itu, maka wajah jelek jadi anugerah, karena harusnya gak mempengaruhi nasib dan masa depan lo. Sebaliknya kalo lo gak terima dengan tampilan alamiah lo dan protes sama Tuhan dengan jadi sampah masyarakat (berbuat onar, meresahkan dan jahat, gak pa pa deh, udah kadung jelek kan?) maka wajah jelek benar-benar musibah buat lo. Wajah jelek gak berarti kepribadian lo juga harus jelek. Lo mesti buktiin bahwa lo bisa dan lebih baik dari yang orang kira. Don't judge the book by its cover, kata orang pinter..jangan menilai buku dari sampulnya. Karena banyak yang bisa ditawarin sebuah buku dari sekedar tampilan sampulnya.. Manusia juga gitu gan..
  • Jangan nyari sesuatu yang gak cocok sama diri lo. Udah tau jelek, pendek, kulit kasar, gigi jarang-jarang dan kuning, bibir item, tapi masih cita-cita pengen jadi model...OMG..itu beneran ngimpi deh! Ada tempat dimana lo harusnya berada dan ada tempat dimana lo gak boleh ada di situ, meskipun nyasar...!!! (baca : tips ngatasin perasaan jelek)
  • Terima ato gak, begitulah dunia ini bekerja...Gan !
Salam...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}