Home » , » Kenapa Sih Orang Suka Gak Konsisten?

Kenapa Sih Orang Suka Gak Konsisten?

Posted by Catatan Ngocol on Friday 29 July 2016

Lain di mulut lain kelakuan..

Konsisten, sebuah kata yang kalo diucapin bikin lidah belibet. Dalam kenyataannya juga suka bikin belibet hidup seseorang. Hari ini dia bilang A, besoknya bilang B, tapi kelakuannya bilang C, gak konsisten banget sih?

Konsisten itu kalo diterjemahin bakal sama terus, gak pernah berubah. Hari ini ngomong A, besok tetap A dan kelakuannya bilang A. Hari ini bilang cinta, esok tetap cinta dan selamanya cinta, itu konsisten. Tapi kalo hari ini bilang cinta, besok masih juga bilang cinta, tapi kelakuannya nunjukin kalo dia udah gak cinta, kan gak konsisten... Orang-orang begini mah udah jamak sekarang...nyari orang yang konsisten tuh susah, karena manusia cenderung berubah.


Kenapa sih orang suka gak konsisten?

(1) Manusia berubah..
  • Kita semua ini berubah, bukan hanya fisik tapi juga pemikiran. Tadinya lo mikir kalo cinta sama si A asik kali ya, lo nembak dia, kalian jadian, ternyata dalam perjalanan cinta itu si A dan lo berubah. Hubungan kalian jadi gak asik lagi. Akhirnya lo gak konsisten, tadinya bilang cinta sama si A tapi kelakuan lo malah selingkuh sama si B.
  • Perubahan adalah sesuatu yang alamiah, gan...Tapi itu gak ngebenarin tindakan selingkuh lo. Kalo lo udah gak cinta sama si A, bilang terus terang, putusin dia baek-baek baru nata hidup lo lagi. Jangan langsung kalap macarin si B. 
  • Manusia gak akan pernah bisa konsisten kalo belum nemu yang dia cari.
  • Kasi contoh Ahok deh.. dia pengen jadi gubernur Jakarta tahun depan, nyari dukungan dari KTP sih udah, tapi itu gak otomatis bikin dia lolos buat jadi kandidat dari jalur independen, boleh dong dia merubah kendaraan dari KTP ke jalur partai. Nyari dukungan partai nih dia sekarang, karena jalan ini keknya lebih pas buat ngelolosin dia, gitu!

2) Manipulatif.
  • Manipulatif ini bukan sepupunya pak Latif, tapi tindakan yang kalo dibahasain secara sederhana sih, tindakan yang cenderung NIPU ! Setiap orang punya keinginan dan prioritas dalam hidup. Supaya bisa nyampe ke situ banyak jalan gan, salah satunya lewat jalan kenangan...eh jalan pintas, nah jalan inilah yang manipulatif.
  • Pengennya sukses, ngejar puncak karir, udah semangat tuh, belajar, berkarya berprestasi tapi gak diperhatiin ama bos...kesel dong! Ternyata saingan lo banyak dan sama bagusnya bahkan lebih top dari lo. Karena lo pengen banget jabatan itu, lo korupsi, nyuap, bahkan kampanye hitam ngejatuhin saingan lo. Lo gak konsisten buat jujur karena kejujuran itu gak bawa lo ke tujuan..
  • Kita udah belajar manipulatif dari kecil. Lo kudu jadi anak baik, konsisten dari kecil ampe gede biar ortu bangga ama lo. Tapi kalo lo pengen permen dan ortu gak ngasi soalnya gigimu udah bolong sana sini, lo tau kan harus gimana? Nangis guling-gulingan..Ini juga tindakan manipulatif gan..
  • Lo pengen lulus ujian, tapi lo gak sanggup belajar siang malam sampe otak lo bengkak, jalan tercepat adalah nyontek. Lo gak konsisten jadi anak baek, karena butuh usaha ekstra keras buat mencapai tujuan (menurut otak lo).
  • Manusia gak akan pernah bisa konsisten kalo itu menyangkut tujuan dan cita-citanya.. 
  • Contoh Ahok lagi nih...Lihat aja Ahok yang tadinya ngotot pengen pake jalur independen buat ikut bertarung di pilkada Gubernur Jakarta tahun depan, gak konsisten. Karena sekarang dia memilih jalur partai. Ahok mah cerdas, dia tau kalo tujuannya adalah jadi gubernur Jakarta tahun depan, lewat jalur manapun gak masalah, yang penting tujuannya tercapai.

3) Nyari yang termudah.
  • Sebagian udah diceritain di poin 2 di atas. Semua orang udah tahu mana jalan yang benar, tapi orang cenderung buat nyari jalan termudah. Lo bilang pengen jadi orang kaya yang berhasil, tapi lo malah kerja di kantor pemerintah. Lo tau gak bakalan kaya dengan jadi PNS, harus jadi wirausahawan yang punya usaha dan dikelola secara profesional. Tapi jalan ke sana susah, butuh modal, butuh kerja keras, butuh kegigihan. Jalan jadi PNS lebih mudah, mana kerjaanya nyante lagi, tiap tanggal 1 gajian...asiik! Di sinilah akar korupsi di kalangan aparat bermula. Pengen kaya dengan cara termudah..korupsi, kolusi, nepotisme, gratifikasi..
  • Orang gak mau susah, pengen selalu nyari jalan yang mudah.
  • Manusia gak akan pernah bisa konsisten kalo akal bulusnya masih jalan..
  • Kasi contoh Ahok lagi nih (biar konsisten)...pindah dari jalur independen ke jalur partai karena jalur ini lebih memudahkan dia buat lolos bursa pemilihan gubernur Jakarta tahun depan.

(4) Cari aman dan nyaman..
  • Adalah sifat manusia buat selalu cari aman. Itulah mengapa di negara kita "kebijakan" tuh banyak banget. Mau lulus masuk sekolah favorit ya..kudu belajar dan nilai harus bagus. Sekolah udah konsisten nerapin aturan dan persyaratan, siapa aja yang bisa lolos, di luar aturan itu gak lolos. Tapi ada yang namanya "dibijaksanai". Gak memenuhi persyaratan tapi tetep dilolosin karena dia anak bos, titipan pejabat anu, bisa bayar uang masuk yang lebih banyak dan sebagainya.
  • Manusia gak akan pernah bisa konsisten dengan aturan karena lebih suka melanggarnya.

(5) Pencitraan.
  • Semua orang pengen tampak baik, sopan, santun, berhasil, sukses, berharga di mata orang lain. Apapun akan dia lakuin agar dinilai seperti itu. Dari sinilah ketidak konsistenan itu muncul. Seperti para kandidat yang bertarung di pilkada. Mulutnya akan selalu bicara yang baik-baik, kelakuannya diusahakan keliatan baik, di depan publik. Tapi di belakangnya dia lakukan apapun buat mendongkrak citranya itu, politik uang, memanipulasi suara, gunakan pengaruhnya buat mempengarui opini publik.
  • Kita pengen tampil lebih baik dari diri kita yang sebenarnya. Itu sebabnya kita bisa gak konsisten demi pencitraan diri itu.
Itulah 5 alasan kenapa orang suka gak konsisten dalam hidup.

Salam..

DISCLAIMER : Saya bukan pendukung Gubernur Ahok dan saya juga bukan haters yang benci beliau. Saya gak kenal beliau secara pribadi. Saya hanya penulis blog biasa yang kebetulan ngambil contoh dari berita yang lagi up to date sekarang ini, yang kebetulan cocok dengan tema tulisan ini.. Jadi buat para fans Ahok, gak perlu murka dan buat para haters Ahok gak perlu bahagia..
Mari kita ciptakan Indonesia damai tanpa perlu ada kebencian dan kemurkaan..


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}