Home » » Apa Ikan Butuh Minum?

Apa Ikan Butuh Minum?

Posted by Catatan Ngocol on Saturday 23 July 2016

Ikan hidup di air.

Sebelumnya kita udah bahas kenapa ikan bersisik? Sekarang admin pengen cerita apa bener ikan itu haus, kek kita manusia? Dia kan hidup di air tuh, apa bener ikan juga minum, kek kita? Kalo  kita kan minumnya pake gelas trus ditaro di mulut dan glek aja langsung...haus jadi ilang. Tubuh kita 80 % terdiri dari cairan. Ya..biar tubuh gak dehidrasi alias kekurangan cairan ya kudu disuplai cairan dari luar. Mekanismenya adalah rasa haus. Jadi kalo lo kehausan itu tanda tubuhmu lagi dehidrasi alias butuh duit eh....cairan. Kalo anak kosan sih..pas tanggal tua memang suka dehidrasi juga...kalo haus nyari aer, kalo laper juga nyari aer..minum sampe kembung (demi menenangkan cacing-cacing perut yang udah demonstrasi menuntut haknya sampe bertindak anarkis dalam perut...). Ini sekaligus juga menjawab teka teki kenapa kalo lo laper, perut lo dangdutan? Ah ngaco...!! 

Back to topic!

Ikan hidup di air, karena itu memang habitat alias tempat hidupnya. Kalo ikan dikeluarkan dari air pasti dia istirahat dalam damai, jadi ikan goreng, ikan bakar, ikan pepes sampe tak berbentuk sebangsa pempek ato pun otak-otak. Ah ngaco lagi !


Apa ikan butuh minum?

Mungkin lo mikir ya...pastilah, wong hidupnya di air. Tiap kali haus tinggal buka mulut, air masuk dengan suksesnya...gitu kan? Bener, baik ikan air tawar maupun ikan laut butuh minum kek kita manusia. Tapi jumlah air yang mereka minum tergantung lingkungannya sih. 

Habitat ikan air tawar itu kurang kadar garamnya alias salinitasnya lebih rendah di banding tubuhnya. Sehingga air masuk ke tubuh ikan bukan lewat gelas kek kita tapi lewat proses osmosis. Kok pake mengerutkan dahi? Pasti pada gak tau kan apa tuh osmosis..taunya juga OMSOSIS..om-om yang suka jualan sosis alias tukang sosis keliling.. Sosisnya beneran lho ya..dari daging bukan "daging jadi-jadi-an" (apalagi harga daging sapi sekarang buset..mahal coy..!!).

Buka deh buku IPA Biologi biar ngerti osmosis itu apa. Intinya osmosis itu molekul air yang tadinya ada di lingkungannya berpindah masuk ke jaringan tubuh ikan atau sebaliknya molekul air dalam tubuh ikan dikeluarin ke lingkungannya, lewat membran alias selaput yang bisa dilaluinya. Perpindahan ini bisa terjadi karena konsentrasi garam di luar tubuh ikan air tawar dan di dalam tubuhnya beda. Maka terjadilah proses omsosis eh osmosis itu tadi..
Ikan air tawar hanya minum air sedikit saja, sesuai dengan kebutuhannya.

Ikan air laut beda lagi. Konsentrasi garam di lingkungannya jauh lebih besar di dibanding dalam tubuhnya. Makanya air lebih banyak keluar dari dalam tubuh ke lingkungannya. Itu sebabnya ikan air laut harus minum lebih banyak air agar cairannya seimbang. Inti osmosis kan gitu....keseimbangan gan!!

Jadi selain masukin air ikan juga ngeluarin air dari dalam tubuhnya lewat insang yang kerja terus menerus, kek manusia ngeluarin cairan lewat keringat atau urine. Tujuannya buat mempertahankan salinitas alias kadar garam dalam tubuh si ikan. 

Jadi kalo lo merhatiin ikan piaraanmu buka mulut komat kamit, selain makan dia juga minum gan..emang lo aja yang habis makan, minum? Ikan juga...bedanya, dia dapet minum gak susah, jadi gak pernah tersedak! 

Jadi gak penasaran lagi kan...??(ato mungkin cuma admin aja yang suka penasaran sama apa aja..hehe).

Salam..


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}