Home » , » Kenapa Orang Indonesia Doyan Mudik?

Kenapa Orang Indonesia Doyan Mudik?

Posted by Catatan Ngocol on Sunday 3 July 2016

Bentar lagi lebaran cihuy...

Ya bener..bentar lagi lebaran, kamu yang ngerayainnya udah punya baju baru belom? Kalo belum...ya gak pa pa juga, emang kalo kamu gak punya baju baru lebarannya batal... gak lah! Nanti lebarannya batal kalo kamu gak pake baju pergi lebaran..karena kamu bakal bikin jemaah shalat Ied pada kabur ato malah asik nonton kamu...hehe..

Bagi kamu yang ngerayain lebaran dan nyari sesuap nasi diluar kampung halaman, maka yang wajib hukumnya setiap tahun adalah mudik lebaran. Meski harga tiket mahal luar biasa, harga karcis bis naik gila-gilaan, belom lagi harus bermacet-macet dia sepanjang jalan, tak bikin semangat mudik lo hilang. Kenapa bisa begitu. Kenapa lo, gue dan sebagian besar masyarakat Indonesia doyan mudik? Sementara ni tradisi hanya ada di sini dan gak ditemuin di negara lain...?

Kenapa orang Indonesia doyan mudik?

(1) Udah tradisi..
  • Yang namanya tradisi mau gak mau pasti dilaksanain. Kalo gak dikerjain jadi ada yang kurang gitu loh..Udah tau kalo lebaran tuh tanggal merah alias libur, ya..kudu dimanfaatin. Kalo gak mudik, mo ngapain coba? Tempat-tempat hiburan pada tutup, tempat-tempat ngeceng pada sepi karena yang dikecengin pada mudik, udah gitu duit THR kalo gak dimanfaatin kan mubazir..
  • Namanya juga tradisi..semua orang melakukannya, jadi latah ikut berpartisipasi meramaikan tradisi ini setiap tahun. Tradisi kumpul keluarga, nengok kampung halaman sampe bagi-bagi THR kudu dilaksanain. Meski baru pulang bulan kemaren, saat lebaran, ya tetap harus pulang..namanya juga tradisi..!!

(2) Wajib hukumnya.
  • Lo tau kan hukumnya wajib? Kalo gak dilaksanain ya..dosa. Dosa ama siapa? Dosa sama ortu (apalagi kalo ortumu masih hidup). Inilah saat kamu berbakti dan gak boleh PHP sama mereka. Meski lo selalu nyempatin pulang di waktu selain lebaran, gak akan sama rasanya kalo lo nengok mereka pas lebaran. Kenapa? Karena sia-sia dong nyokap masak makanan enak kalo gak ada yang ngabisin? Selain itu nyokap gak bisa nyombongin elo ke sanak saudara, " ini lho anakku yang kuliah ato kerja di kota"
  • Selesai puasa kan anak kudu sungkem, mohon maaf kalo-kalo ada dosa (wah itu sih udah pasti), utamanya sama ortu, nah momen lebaran inilah waktu yang tepat. Minta maaf sama ortu. Hari-hari lain mungkin lo cuma datang dan pergi sesuka hatimu..wo wo wo..(kok jadi nyanyi..??), gak pernah nyiapin waktu khusus buat sungkem. Nah lebaran inilah waktu untuk sungkem-sungkeman sama ortu dan keluarga lainnya. Kalo bukan lebaran lo sungkem-sungkeman dianggap aneh..

(3) Libur panjang.
  • Kalo lebaran pasti tanggal merah ditambah cuti bersama buat yang kerja dan libur buat anak sekolahan. Karena liburnya agak lama, inilah saat yang paling ideal buat mudik. Sebelomnya kan susah tuh nyari waktu buat mudik, karena libur jatahnya cuma dikit. Pas lebaran pemerintah tau banget isi hati rakyatnya, diberilah jatah hari libur yang banyak, biar bisa agak lamaan kumpul ama keluarga.

(4) Pamer kesuksesan.
  • Buat lo yang hidup merantau demi mencari sesuap nasi segenggam berlian, saat mudik adalah waktu yang tepat buat pamer. Lo yang biasanya jarang pulang (karena ngumpulin bekal buat pameran lebaran nanti), saat lebaran adalah saat yang tepat buat pamer kesuksesan lo..bawa mobil (meski rentalan...), bagi-bagi THR (meski mesti nguras tabungan), lempar senyum ke tetangga kanan kiri yang keliatannya ngagumin lo (alo malah kesian..liat lo pengen banget diakui sukses).

(5) Nostalgia.
  • Lebaranlah momen yang tepat buat orang Indonesia bernostalgila sama temen-temen lama. Nostalgila = Nostalgia gila-gilaan. Temen-temen sekolah, temen gaul mungkin masih ada di kampung, ato yang merantau kan pada mudik.. Lebaran inilah momen lo buat bernostalgila. Kalo gak lebaran kan gak bisa ketemu sama mereka, gak bisa cerita-cerita kegilaan masa lalu..
  • Lebaran = nostalgila = reunian bahkan bisa ketemu ama mantan..(ya..mantan guru, mantan pelatih, mantan teman tapi mesra..) trus gila gilaan bersama deh.

(6) Banyak makanan enak.
  • Lebaran identik dengan festival makanan enak dan lo boleh makan sepuasnya tanpa ada yang protes. Bagi yang penyakitan, lebaran adalah masa buat amnesia, alias ngelupain tekanan darah, kolesterol, gula darah dan asam urat  (semua itu hanya ada di laboratorium, bukan di atas meja).
  • Lebaran adalah waktu buat makan dengan kalap tanpa ngerasa bersalah...wong sekali setahun kok. Kalo bobot naik 5 kilo abis lebaran, itu urusan ntar deh. Makanya kudu mudik, kapan lagi bisa nemu makanan enak yang dipajang sedemikian cantik dan dimakan tanpa rasa bersalah, kecuali saat lebaran di kampung?
Masih ada yang mo ditambahin? Silakan komen di bawah ya...

Salam..



0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}