Home » , » Kenapa Kita Bisa Lupa Sesuatu?

Kenapa Kita Bisa Lupa Sesuatu?

Posted by Catatan Ngocol on Friday 1 July 2016

Suka lupa?

Apa kamu termasuk orang yang gampang lupa? Baru keluar bentar aja langsung balik lagi karena kamu lupa kalo rumah belom dikunci, TV belom dimatiin, kompor masih nyala dan si Bleki kucing kesayangan kamu belom dikasi makan. Kok kita bisa lupa sih? Hal-hal penting jadi kelewat begitu aja karena lupa.

Sebaliknya ada hal yang pengen banget kita lupain, tapi malah gak bisa. Mantan yang bikin sakit hati, senyum sinis kolega, kata-kata penghinaan bos sama kamu. Pokoknya ni kejadian gak banget dan gak enak untuk dikenang. Tapi kenyataannya kenangan itu tetap ada di sana bertengger dengan manisnya, meski kamu sudah ngancem-ngancem agar dia keluar...

Ada apa di kepala kita? Kok ada sesuatu yang pengen kita ingat malah lupa, eh yang pengen di buang malah keinget mulu?


Kenapa kita lupa?

Penyebab orang lupa itu bisa beberapa hal di bawah ini :

(1) Perhatian.
  • Kenapa bisa lupa? Karena kita kurang merhatiin detailnya. Ada undangan reuni, kita sekedar tau aja, gak merhatiin tanggal, jam, gak liat baek-baek lokasinya di mana. Undangan itu ditaro seadanya aja di meja, gak disimpan di suatu tempat khusus.
  • Begitu kamu udah mulai sibuk dengan hal-hal lainnya, terlupakanlah acara reuni itu dan temen-temen kamu udah posting di medsos acara reunian yang seru.. Hal itu bikin kamu ternganga.. kok bisa lupa sih?
  • Ya.. iya, kamu gak ngasi perhatian sama acara itu. Kamu gak merhatiin detailnya, gak nyatat di agenda dan undangannya kamu taro serampangan bahkan gak terlihat.
  • Otak manusia punya kemampuan mengingat yang terbatas. Otak hanya mengingat sesuatu yang kita perlukan buat ngerjain sesuatu saat itu juga.

(2) Representasi visual.
  • Kita bisa lebih mudah mengingat gambar dibanding untaian kata. Itu sebabnya iklan lebih didominasi dengan gambar dibanding kata-kata. Itu juga bisa ngejelasin kenapa kita bisa dengan mudah ingat berita di TV dibanding berita yang sama yang kita baca di koran.
  • Saat ngeliat sesuatu otak kita merekam. Kalo gak ada gambaran yang tertangkap dengan jelas di otak, maka biasanya kita bakal lupa.

(3) Prioritas.
  • Otak punya kemampuan buat mengingat apa yang paling prioritas buat kita dan ingatan yang gak penting akan ditekan dalam-dalam. Biasanya kita akan lebih mudah mengingat kejadian yang baru terjadi dibanding kejadian yang udah lama. Karena ingatan akan kejadian yang udah lama dengan sendirinya terganti dengan ingatan yang baru.
  • Otak punya mekanisme sendiri agar kita gak perlu mengingat semua kejadian dalam hidup kita. Bayangin kalo kamu umur 20 tahun dan harus ngingat semua kejadian yang telah terjadi dalam hidup kamu, wah bisa gila tuh.. overloaded..alias kelebihan beban!!

(4) Penggunaan.
  • Ingatan yang kamu gak pernah ulang-ulang dianggap sesuatu yang gak penting dan berguna lagi dan itu tanda bagi otak buat ngalihin ingatan itu dari short term memory ke long term memory.
  • Kalo ingatan itu masih sering kamu ingat, kamu ulang-ulang maka otak akan nempatin memori sebagai sesuatu yang penting, sesuatu yang masih berguna, sehingga kamu gak bisa lupa.
  • Itu sebabnya pelajaran yang gak pernah diulang-ulang bakalan lupa karena otak udah menganggapnya gak berguna dan harus digantikan dengan memori lain yang lebih baru dan lebih berguna buat kamu.

(5) Jenis memori.
  • Kadang kita sendiri yang menekan sebuah kenangan biar gak diingat lagi. Kita punya motivasi buat melupakan kejadian itu, mungkin kejadian pahit yang tergantikan dengan kejadian manis. Kita cenderung termotivasi buat ngelupaian kejadian yang gak enak. Dan kita juga cenderung mengingat kejadian manis dan membahagiakan. Itu sebabnya cinta pertama susah untuk dilupakan.
  • Kalo kamu kebanyakan lupa mungkin karena kebanyakan kejadian gak enak yang kamu alami daripada kejadian enak dan menyenangkan..hehe..

(6) Penyakit.
  • Keseringan lupa bisa juga disebabkan oleh penyakit yang terkait dengan kemampuan mengingat yang ada di otak, seperti Alzheimer, penyakit yang menimpa mendiang petinju Muhammad Ali. Juga bisa disebabkan oleh menderita penyakit dementia atau yang lebih sering kita kenal sebagai pikun. Ini biasanya banyak terjadi pada oma dan opa yang seiring pertambahan umurnya kemampuan otaknya pun menurun juga.

(7) Makanan dan istirahat.
  • Makanan yang bergizi bakal ngegaja kemampuan mengingat otak kamu. Begitu juga dengan kondisi tubuh yang cukup istirahat akan lebih mudah mengingat dibanding yang suka begadang, kurang tidur, kurang istirahat dan makanannya gak teratur.
  • Kalo akhir-akhir ini kamu sering lupa mungkin karena kebanyakan makan junk food ato kebanyakan begadang nonton Piala Eropa?

(8) Bikin nyaman.
  • Otak kita bukan hanya punya kemampuan mengingat tapi juga kemampuan buat melupakan. Beberapa hal kita ingat dan sebagian yang lain kita lupakan. Kamu gak mungkin ingat semuanya dan kamu pasti juga ogah menuh-menuhin otakmu dengan semua ingatan itu, kan? 
  • Kenapa kita bisa lupa sesuatu? Karena memori di otak kita selektif. Faktor utama yang membuatnya menyeleksi mana yang mesti diingat dan mana yang mesti dilupakan terkait dengan faktor emosional. Kita memilih buat melupakan sesuatu karena melupakannya bikin kita nyaman.

(9) Revisiting.
  • Maksudnya seberapa sering kita ngingat-ngingat kejadian itu berpengaruh pada daya ingat kita. Semakin kamu pengen ngelupain sesuatu, semakin kamu maksain otak buat menghapus kenangan itu, malah justru semakin kuat. Kenapa? Keseringan ngingat..jadinya bukan lupa malah tambah kuat melekat di kepala.
  • Kalo kamu pengen ngelupain sesuatu, buat dirimu sibuk hingga gak ada waktu buat mikirin hal itu, hingga lama kelamaan hal itu akan hilang dengan sendirinya.

(10). Fokus.
  • Kalo kamu ketemu seseorang dan fokus pada hal-hal unik dari dirinya seperti tahi lalat, rambut botak, tato bunga mawar dan mengaitkan gambaran itu dengan namanya, kamu pasti mudah ngingat nama orang itu. Saat ketemu di lain waktu dengan orang itu, otak kamu begitu ngeliat dia akan segera mengasosiasikan dengan gambaran yang tersimpan, apa itu tahi lalat, rambut botak ataupun tato bunga mawar.
  • Kalo kamu gak pengen lupa yang kudu banyak-banyakin fokus ya...

Itulah 10 hal yang berpengaruh pada ingatan seseorang. Jadi kalo kamu keseringan lupa, coba deh liat hal-hal di atas, mungkin aja kamu memang kurang perhatian, kurang memperhatiin gambaran, gak nganggap sesuatu itu prioritas, ga pernah ngulang-ngulang, kebanyakan kenangan jelek, punya penyakit otak, kebanyakan makan junk food, kurang istirahat dan kurang fokus...
Kalo kamu gak ngerasa ada hal di atas yang berpengaruh sama sifat pelupamu, coba deh periksa jangan-jangan kamu gak punya otak..!!! hehe...joking..!!


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}