Home » , » 10 Orang ini Bisul Dalam Hidup Lo !

10 Orang ini Bisul Dalam Hidup Lo !

Posted by Catatan Ngocol on Thursday 28 July 2016

Hidup lo gak bahagia?

Kesian deh lo! Gue turut prihatin atas masib lo. Tapi prihatin saja gak bakal ngerubah kehidupan lo ke arah lebih baik. Lo mesti berbuat sesuatu untuk memperbaikinya, salah satunya adalah lanjut ngebaca tulisan ini.. :). Lo mesti cari tau apa yang bikin lo gak bahagia. Jangan-jangan lo sendiri yang ngundang masalah datang dalam hidup lo. Kok bisa sih..?? Ya.. karena lo bergaul dengan orang yang salah, alias salah pergaulan.

Katanya manusia mahluk sosial dan kudu gaul sama manusia lainnya? Bener, tapi manusia kan dikasi otak, dikasi akal buat ngontrol hidupnya, termasuk nyortir orang yang bakalan jadi temannya. Otak itu bukan aksesoris kepala, jadi kudu dipake ya..gan!!


Orang yang mesti lo enyahkan dari hidup lo.

Gan, gak pake kriminal di sini ya.. enyahkan itu cukup ngindarin dia, hapus dari kontak, gak hang out bareng lagi, gak ada urusan lagi..gitu! Gak ada pelibatan benda tajam kek di film detektif-detektifan.

Lanjut.. manusia yang mesti lo jauhin adalah :

(1) Gossiper.
  • Mereka ini manusia bermulut ember, apa aja bocor. Gak ada rahasia baginya. Semua kisah cerita orang lain pantas untuk disebarluasin dan menjadi konsumsi publik. Semakin banyak koleksi ceritanya, semakin ngerasa penting dia.
  • Jadi kalo lo dikelilingi manusia ember begini, mending segera lo singkirkan. Karena kalo dia bisa nyeritain kejelekan orang lain depan lo, bukan gak mungkin cerita hidup lo akan dia ceritain secara lengkap sampe titik komanya ke orang lain. Plus bumbu-bumbu yang bikin cerita hidup lo layak diangkat jadi cerita sinetron..
  • Gossiper gak ngasi pengaruh positif, hanya pengaruh negatif aja. Jadi mending lo kembalikan dia ke habitatnya, ke lingkungan di mana seharusnya dia berada, dimana ada orang yang mau nerima dia. Yang jelas dia bukan temenmu dan gak akan pernah jadi temenmu. Temen gak akan makan temen, gak akan nyeritain kejelekan temennya, justru dia yang harus ngejaga nama baik temennya itu.

(2) Pecundang sejati.
  • Mereka yang selalu minta apa-apa ke lo dan gak pernah ngasi lo apa-apa, mereka inilah pecundang sejati. Selalu merasa kalah dalam hidup, karenanya selalu datang saat dia butuh bantuan dan habis itu ilang. Sekalian aja lo ilangin dia ke negara antah berantah (Neverland) yang hanya Peter pan dan Tinker bell yang bisa nemuin dia..
  • Bukannya lo mau dikasi apa-apa sama temen tapi kalo lo terus yang bantu sementara dia cuma nerima dan gak punya itikad baik buat sekedar ngebalas kebaikan lo, mending ni orang di daur ulang aja. Sampah plastik yang merusak lingkungan kan di daur ulang biar bisa berguna.

(3) Pengungkit kesalahan.
  • Kalo lo kebetulan punya masa lalu yang kelam dan sering bikin salah, tapi sekarang ini lo udah tobat, itu melegakan. Tapi tau gak ada orang yang gak ikhlas liat lo kembali ke jalan yang benar. Setan ya? Ya.. temennya setan.
  • Mereka ini bakal ngasi penjelasan panjang lebar mengapa lo gak pantas jadi manusia baik. Mengapa lo gak pantas dapat pengampunan Tuhan. Mengapa tobat lo gak berguna. Mereka mengungkit semua salahmu sekedar biar lo tau betapa buruknya diri lo.. Setan aja ogah temenan ama lo, katanya! (padahal sih setannya dia..ogak kesaing kali')
  • Temen kek gini ibarat bisul yang bikin hidup lo gak nyaman. Kalo lo pengen hidup tenang, bisulnya jangan dipiara sambil dielus-elus pula, tapi kudu segera dipencet dan diratakan, meskipun lo mesti mengerang-ngerang kesakitan. Itu harga yang harus lo bayar buat ngilangin penyakit, gan..!

(4) Jadiin lo lelucon.
  • Kalo ada orang yang gak pernah nganggap lo sebagai manusia dan sering banget ngejadiin lo bahan lelucon, perlu lo waspadain. Temen bakal ngehargain temennya dengan ngejaga perasaannya. Sesekali bercanda sih boleh, tapi kalo keseringan..itu udah pelecehan. Seolah gak ada yang menarik dalam diri lo selain buat jadi bahan tertawaan.
  • Dia mungkin bisa jadi komedian yang terkenal nantinya, tapi kalo dia menapak sukses dengan nginjak-nginjak lo..mending lo segera pamit dan bilang good bye padanya. Biar dia kesulitan nyari bahan lelucon ato nyari korban baru lagi.
  • Lo mesti punya harga diri. Jangan mau dijadiin bahan tertawaan, bahan guyonan orang lain, karena lo punya banyak kelebihan daripada sekedar bahan lucu-lucuan.

(5) Tukang bohong.
  • Kepercayaan itu mutlak dalam sebuah hubungan apapun. Kalo lo kebetulan punya temen yang kerjanya bohong melulu, mending menghindar. Lo gak akan pernah tau kalo yang dia omongin itu benar ato bohong dan dalam relasi apapun pembohong selalu berpengaruh negatif.
  • Sebenarnya mereka ini orang kreatif, mampu mengarang cerita, mampu menjungkir balikkan fakta sebenarnya dengan fakta yang jauh lebih dramatis...(tapi bohong).
  • Lo bakalan menderita deket-deket dengan tukang bohong. Meskipun dia berkata jujur tapi tetap pasti ada bumbu bohong di sana.

(7) Tukang janji-janji.
  • Selain tukang bohong, lo mesti jauhin mereka yang suka janji-janji palsu. Ngutangnya baek-baek dan ngomong bakal mulangin duit lo, ternyata 3 purnama tlah berlalu, utangnya tetap gak terbayar.
  • Gak berapa lama dia datang, nangis-nangis dan pasang wajah memelas depan lo, seolah dia menderitaaaaa banget. Udah gitu dia minta duit lagi, kali ini dia janji bakal bayar beneran plus bunga. Udah gitu dia ngilang lagi..
  • Gan, manusia kayak gini nih lintah, benalu apapun namanya yang kerjanya ngisap darah dan kehidupan orang lain demi kelangsungan hidupnya. Lo dapetin duit gak gratis, tapi kerja keras, banting tulang, peras keringat dan hidup hemat demi menuhin kebutuhan lo sendiri. Eh..dia datang main embat duit lo dengan sejuta alasan basi ala pecundang tangguh. Dengan pertimbangan kemanusiaan lo kasi pinjamlah duit hasil kerja keras lo ke dia, tapi sadar gak kalo lo dimanfaatin??? Jauhin manusia lintah yang kerjanya morotin dan janji-janji palsu ini dari hidup lo! Lo pantas dapet temen yang jauh lebih ngehargain lo.

(8) Tukang maksa.
  • Lo pasti pernah liat orang yang kesannya pinter, punya nilai-nilai hidup yang baik dan dia maksain nilai-nilai itu buat diikutin orang lain, termasuk lo. Tiap orang memang punya nilai-nilai yang berbeda, itu fakta. Tapi gak mesti ngecekokin orang lain buat ngikut. Itu gak respek namanya!
  • Dia benci sama Presiden Jokowi, that's fine. Dia jadi haters Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting, okey..Tapi mbok ya jangan ngajak-ngajak orang buat benciin mereka juga. Dia punya pilihan, lo juga punya pilihan. Lo mesti sepakat buat GAK SEPAKAT. Jangan mau dipaksa-paksa ngikutin orang lain punya mau. Anak kecil aja kalo dipaksa berontak, pake nangis dan ngamuk-ngamuk jungkir balik,  lo yang udah gede harusya jauh lebih pinter dong..!!

(9) Suka makan temen.
  • Ada meme yang tulisannya kek gini, "Serakus-rakusnya Sumanto dia cuma makan daging mayat gak pernah makan temen." Pemakan temen tuh gak segan-segan bukan ngorbanin temen demi tujuannya. Gan, sadar...Lo bukan domba persembahan yang mesti dikorbankan demi kenyamanan dan kesenangan hidup mereka. 
  • Yang namanya temen tuh saling ngedukung, saling bermanfaat satu sama lain, kalo di biologi sih dibilangnya simbiosis mutualisme, sama-sama untung. Kalo dia terus yang untung sementara lo buntung, kan gak asik? Temen itu yang ngesuport lo jadi lebih baik dari sebelumnya, bukan yang makan lo agar dia bisa lebih baik. Meski lo nampak lezat, tapi lo hidup bukan buat dimakan, emang lo kambing..?? Lo layak bersaing, berkompetisi dan menang, sama seperti yang lain. Jadi kalo ada yang mau makan lo, bilang aja lo beracun..

(10) Suka seenaknya.
  • Kalo liat orang yang ngedeketin lo saat ada perlunya abis itu ngilang. Lo liat ada orang yang suka ngambil barang-barang lo tanpa pernah bilang minjam udah gitu gak pernah ngebalikin. Lo liat ada manusia yang ngerusak barang-barang lo dan gak pernah ngerasa bersalah dan minta maaf. Lo nemu orang yang suka ngarang cerita bohong tentang lo tapi kalo ketauan suka gak ngaku. Mereka inilah manusia yang suka seenaknya..
  • Lo diperlakukan kayak mesin. Waktu lapar di bikin lo jadi vending machine, itu lho mesin yang isinya minuman yang berjejer rapi, dan lo kudu masukin duit biar keluar minumannya. Waktu miskin, dia jadiin lo mesin ATM, tinggal pencet tombol, dapat duit dan segera berlalu. Waktu dia mo ujian, dia jadiin lo mesin fotokopi, nyontek semua kerjaan lo. Saat dia bikin salah dia jadiin lo mesin jahit, buat menambal dan menutupi semua kebohongan dan kesalahannya.
  • Lo gak suka ama mereka, enyahkan..!! Jangan pasrah dan mau diperlakukan seenaknya. Lo itu manusia bukan upil, udah cape-cape dikerok sampe sedalam-dalam udah gitu dibuang. Lo pantas diperlakukan lebih baik.
Itulah 10 orang yang bakal jadi bisul dalam hidup lo. Kalo lo mo nyaman, bisul-bisul ini kudu diselesaikan secara jantan. Hindari kontak dengan mereka, biarin mereka dengan hidupnya dan lo dengan hidupmu. Yang ngatur hidup lo adalah diri lo sendiri dan bukan para "bisul" itu. Lo layak dan pantas untuk dihargai, Okey...!!

Salam...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}