Home » , , » MENGAPA IKAN BERSISIK?

MENGAPA IKAN BERSISIK?

Posted by Catatan Ngocol on Monday 23 February 2015

Pagi ini saya sibuk banget dengan urusan makanan kami sekeluarga, berhubung orang yang biasanya membantu saya di dapur lagi pulang kampung. Karena suami suka sekali makan ikan, mulailah saya berjibaku dengan beberapa ekor ikan bandeng dan ikan merah. Tahu sendiri dong kedua jenis ikan ini adalah ikan yang banyak sisiknya. Mulailah perjuangan membuka sisik ikan dengan pisau dapur. Terbersit dalam pikiran saya jika tidak punya sisik akan lebih mudah dan cepat menyelesaikan ikan ini kali ya?

scale on the fish

Mengapa ikan harus punya sisik? Apa fungsi sisik pada ikan? Ternyata sisik ikan itu penting banget buat ikan, diantaranya :
  1. Sebagai pelindung. Sisik yang ada di bagian kulit luar ikan fungsinya untuk melindungi  ikan dari lingkungan yang membahayakan seperti dari serangan penyakit dan dari perubahan cuaca drastis dalam air.
  2. Mempermudah pergerakan. Dengan adanya sisik di badannya bekerjasama dengan sirip maka ikan akan lebih mudah bergerak di dalam air.
  3. Mempermudah dinamika ikan dalam air juga untuk mempertahankan kecepatan dan kegesitan ikan dalam air.
  4. Menjaga suhu ikan
  5. Mengetahui tekanan air.
  6. Identitas ikan. Melalui sisik yang berbeda-beda pada setiap ikan baik bentuk dan warnanya akan menjadi pembeda ikan yang satu dengan lainnya. Umumnya tipe ikan perenang cepat atau secara terus menerus bergerak pada perairan yang berarus deras memiliki sisik yang lembut. Sementara ikan-ikan yang hidup di perairan yang tenang dan tidak berenang dengan kecepatan tinggi secara terus menerus umumnya memiliki tipe sisik yang kasar.
  7. Penentu umur ikan pada sisik cycloid dan ctenoid.
  8. Sebagai system ekskresi alias sistem pengeluaran.
Ternyata tidak ada ciptaan Tuhan yang sia-sia, semua pasti ada fungsinya. Wallahu alam


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}