Home » , » INILAH ALASANNYA MENGAPA ORANG INDONESIA TERGILA-GILA PADA SAMBEL ?

INILAH ALASANNYA MENGAPA ORANG INDONESIA TERGILA-GILA PADA SAMBEL ?

Posted by Catatan Ngocol on Monday 9 February 2015

Sambel adalah makanan favorit orang Indonesia. Hampir semua jenis makanan harus ada sambel sebagai pelngkapnya. Gorengan, soto-sotoan, bakar-bakaran (kecuali bakar ban kali ya?) bahkan yang dikukus dan dipepes pun harus selalu disertai dengan sambel sebagai pelengkapnya. Meski cabe konon bukan tumbuhan asli Indonesia tapi di bawa oleh penjajah dari benua Amerika sana tapi cabe sudah menjadi bagian dari hidup orang Indonesia.

Cabe bisa diulek jadi sambel atau dimakan begitu saja sebagai pelengkap gorengan. Sambel pun jenisnya bisa macam-macam dan namanya beda di setiap daerah. Ada sambel bajak, sambel matah, sambel dabu-dabu, sambel petis, sambel pecel, sambel terasi. Semuanya enak, yang gak enak ya makan sambel tidur.... (sambil itu ya..he he)
Saking tergila-gilanya dengan sambel, versi botolan pun sekarang sudah tersedia buat yang malas ngulek. Yang versi ekonomis pun ada dalam bentuk sachet. Saat tinggal di Jepang beberapa waktu lalu saya bela-belain untuk bawa sambel sachet ini untuk mengantisipasi susahnya nemu sambel yang pas di Jepang, karena orang Jepang gak suka makan pedas. Tapi tetap saja saya rasanya beda dengan sambel  hasil goyangan tangan di ulekan.

Kira-kira mengapa orang Indonesia tergila-gila pada sambel? Ini beberapa hal yang melintas di kepala saya :

suka sama sambel
  1. Sambel sudah menjadi bagian dari hidupnya. Menu makanan Indonesia sehari-hari adalah menu yang sambel friendly, maksudnya komposisinya adalah  nasi, lauk-pauk, sayuran, buah plus sambel. Atau yang minimalis nasi, lauk, sambel, atau yang super irit nasi sama sambel (ini menu anak kost yang belum dapat kiriman ortu)
  2. Sensasi pedas dari sambel membuat makan terasa nikmat apalagi kalo keringat dan air mata keluar. Coba deh perhatikan orang yang makan sambel. tampak nikmat, syahdu, air mata haru keluar, kalo makan jadi lupa sama penderitaan akan pedesnya sambel.
  3. Sambel menjadi penambah rasa untuk makanan yang tidak berbumbu seperti menu yang digoreng atau dibakar. Coba deh makan gorengan tanpa sambel pasti rasanya hambar dan kurang syahdu. Ikan bakar jadi terasa  kering tanpa sambel. Apalagi kalau makan ikan asin tanpa sambel wadduh kurang enak !
  4. Kesukaan makan pakai tangan membuat lebih mudah makan sambil mencocol sambel. Coba kalo pake pisau atau garpu pasti kurang pas. Makan sampai titik sambel penghabisan.
  5. Menu makanan asli Indonesia banyak yang memang sepaket dengan sambel, seperti pecel lele, ayam lalapan, beragam soto, sambel goreng ati, ikan bakar rica-rica belum lagi makanan pedas yang dominan cabe seperti rendang padang, ayam taliwang dan sebagainya.
  6. Cabe sebagai bahan utama sambel harganya murah (itu dulu - tapi meski sekarang harga naik tetap dicari), mudah di dapat karena selalu tersedia, tidak musiman. Bahkan banyak orang yang menanam cabe di halaman karena tergolong tanaman yang cepat tumbuh. Nenek saya bahkan punya kebiasaan melempar biji cabe di halaman biar tumbuh katanya.
  7. Piranti dapur yang wajib  untuk membuat sambel ada di setiap rumah tangga Indonesia yang disebut ulekan. Jauh sebelum ditemukan food processor ato blender nenek kita sudah punya ulekan atau cobekan untuk menghaluskan bahan makanan.
So guys... itulah 7 alasan mengapa kita tergila-gila pada sambel versi saya. Selamat mencocol sambel anda, jangan lupa cuci tangan sebelum makan dan cuci piring setelah makan ya!


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}