Home » , , , » FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG NGUPIL

FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG NGUPIL

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 3 February 2015

ngupil

Semua orang pasti tahu aktivitas menyenangkan, korek-korek hidung alias ngupil, kalo korek telinga namanya nguping halah... ngaco! Kalau sudah ngupil kadang-kadang kita suka meram merem sendiri, menikmati jari-jari (biasanya telunjuk, kalo jempol pasti gak muat - apalagi pake
jempol kaki..) menari-nari mencari gumpalan-gumpalan kecil dalam rongga hidung. Ada kepuasan sendiri saat berhasil menarik gumpalan pengganggu itu keluar dan memelintirnya dengan penuh dendam kesumat.

Tapi, ada sesuatu dibalik kebiasaan ngupil yang harus kita korek-korek biar paham, yaitu :
  • Ngupil terlalu kejam sampe sedalam-dalamnya bisa merontokkan silia (bukan si Lia tetangga sebelah) tapi nama keren dari rambut kecil yang ada di dalam rongga hidung. Nah mbak lia eh silia ini punya fungsi menangkap dan mengeluarkan debu atau benda kecil yang masuk hidung tanpa permisi. Ibaratnya silia ini polwan yang menjaga hidung dari serbuan kuman, virus atau bakteri yang masuk lewat hidung.
  • Jangan langsung comot pisang goreng sehabis ngupil karena tangan yang habis dipake eksekusi upil itu penuh dengan kuman. Segeralah mencuci tangan sebelum kumannya plus sisa-sisa remahan upil ikut masuk ke dalam badan.
  • Lakukan proses mengupil se elegan mungkin. Hindari mengupil sambil tarik tambang dengan upil yang keras karena bisa merusak rongga dalam hidung dan bisa menimbulkan lecet yang memudahkan infeksi kuman.
  • Jangan sekali-kali ngupil pake kuku yang panjang, tajam plus kotor karena di dalam rongga hidung ada pembuluh darah yang kalau kena kuku bisa menyebabkan luka dan berakhir dengan mimisan.
  • Jangan sekali-sekali ngupil dengan penuh nafsu apalagi pake pensil, pulpen, sendok, garpu atau jolokan mangga supaya bisa menjangkau upil bandel yang jauh di dalam rongga hidung. Karena bisa menyentuh sinus (temen cowoknya si Lia nih). Sinus adalah bagian dalam rongga hidung yang berdekatan dengan otak, jika pecah bisa menyebabkan meningitis. Sekedar info meningitis adalah penyakit radang selaput otak dan sumsum tulang belakang yang bisa menyebabkan anda menyandang gelar baru : almarhum !!
  • Jika hdung terasa terlalu kering kita bisa menggunakan spray khusus yang namanya keren saline nasal spray untuk melembabkan rongga hidung agar lendir tidak mengering. Asal jangan pakai hair spray atau semprotan nyamuk, dijamin pingsan.
Jadi perlakukanlah hidung anda dengan penuh hormat, jika penuh upil pun sebaiknya dihargai, artinya tubuh sedang melakukan fungsinya menjaga badan kita yang berharga agar terhindar dari penyakit. 

Salam.... semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}