Home » , » Kenapa Ada Orang, Ngutangnya Suka, Bayarnya Ogah?

Kenapa Ada Orang, Ngutangnya Suka, Bayarnya Ogah?

Posted by Catatan Ngocol on Sunday 7 February 2016

Dilema gak sih minjemin duit ke temen?

  • Buat lo yang dermawan alias murah hati alias gak tegaan aja ngeliat teman susah pasti hal ini jadi masalah buat lo. Mereka rame-rame pada datangin lo saat butuh duit, pasang wajah memelas dengan ekspresi manusia termiskin di dunia, dibumbui segala macam keluh kesah dan cerita yang meyakinkan, hingga bikin hati lo trenyuh dan langsung buka dompet tanpa berpikir kalo tuh duit buat bayar kontrakan lo. Lo bangga bisa nulungin mereka yang butuh, meski lo tekankan kalo ini murni utang piutang, bukan sumbangan sukarela. Biasanya mereka pada ngangguk dan ngelontarin seribu janji buat bayar kalo udah punya duit.
  • Tapi waktu berlalu, teman yang ngutang itu malah raib gak jelas rimbanya. Kalo pun ada yang berani nongolin batang idungnya di depan lo pasti punya sejuta alasan buat ngeles, ato malah ada yang pura-pura amnesia... "eh emang gue punya utang sama lo, seingat gue udah gue lunasin tuh !" Bikin lo mangkel dan bete abis..
ngutang

Kok ada orang yang ngutangnya doyan, bayarnya ogah?

Alasannya sih gampang banget :

(1) Beda sudut pandang.
  • Si pemberi pinjaman karena mau beramal, mau berbuat baik dan prioritas utamanya adalah duitnya bermanfaat buat orang lain dan bakal kembali pada waktu yang dijanjiin. Dia punya dana dan ada kepuasan tersendiri kalo bantuin orang yang lagi butuh, ato karena memang pengen dapet keutungan dari bunga pinjaman (alias tengkulak gitu).
  • Si peminjam fokusnya adalah dapet duit dan kebutuhannya terpenuhi, persoalan bayar itu gak penting. 

(2) Semua orang doyan terima duit.
  • Siapapun pasti seneng dong kalo ada duit di tangan, mo tuh duit dapat dari kerja, nemu, ngutang ato nyuri sekalipun. Ada kepuasan tersendiri, karena dengan duit bisa beli apa aja yang senilai dengan duit itu. Persoalan tanggung jawab dibalik duit yang diterima itu urusan ntar...!
  • Ini juga ngejawab pertanyaan kok mau-maunya ada orang yang korupsi, nyuri, nyopet dan ngambil duit yang bukan hak. Karena yang diliat itu kesenangan saat terima duitnya, bukan konsekuensinya.

(3) Gak ada perjanjian yang jelas.
  • Biasanya sih kalo antar temen, gak ada itu tulisan hitam di atas putih yang nunjukin kalo temen lo minjem duit sama lo, jumlahnya berapa, trus kapan dia harus kembaliin tuh duit. Biasanya sistem kepercayaan aja. Jadi kepercayaan ini yang sering dimanfaatin temen-temen lo yag gak bertanggung jawab.

(4) Karena ngeluarin duit tuh gak enak.
  • Semua orang seneng terima duit tapi gak suka keluar duit, meski itu buat bayar tagihan ato bayar utangan yang memang udah jadi kewajibannya. Orang sih pengen keluar duit kalo ada pertukarannya. Kayak keluar duit dapet hp (jual beli) yang sifatnya konsumtif gitu. Karena keliatan dengan jelas kalo duitnya itu gak terbang begitu aja tapi ada barang sebagai gantinya. Nah kalo bayar tagihan ato utang??? Gak keliatan kan? Uang terbang gak jelas apa imbal baliknya (begitu pikiran pengutang nakal ini).

(5) Mental peminta
  • Lo liat deh di sekeliling lo banyak banget orang yang suka ngemis, minta ditraktir, minta dijajanin, ato liat pengemis yang sudha dijadiin profesi sama orang-orang tertentu yang malas buat cari kerja halal. Karena di kepalanya udah terbentu mindset peminta-minta. Mereka yang doyan ngutang dan lupa bayar itu juga sama. Mereka ini maunya ngambil, maunya minta dan gak ngerasa perlu buat balikin duit yang diambil atau dipinjamnya.

(6) Gak ngerasa perlu buat bayar.
  • Orang yang ngerasa kalo lo gak perlu duit, secara lo terliat makmur sejahtera dan duit lo kembali ato kagak gak ngaruh. Mereka ini yang suka asal dan ngerasa kalo duit yang dia pinjam dari lo itu harusnya lo ikhlasin karena dia miskin dan lo kaya. Itu sebabnya mereka anteng-anteng aja dan seolah lupa kalo punya utang yang harus dia bayar.
Itu dia 6 alasan kenapa ada orang yang seolah amnesia sama utangnya. Pesan buat lo orang yang baek hati dan tidak sombong....., gak usah minjemin duit kalo lo gak siap buat nerima kenyataan duit itu bakalan ilang ditelan bumi. Lo harus belajar ikhlas daripada makan hati mikirin tuh duit. Lebih baik lo fokus sama diri lo dan gak usah minjemin duit yang lo gak siap buat kehilangannya.. itu aja! Cari alasan kek biar gak jadi lembaga pemberi pinjaman orang-orang yang suka lupa bayar. Karena kebaikan lo bisa dimanfaatin banyak orang..

Salam...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}