Home » » Lo Penakut? Ini Dia 10 Tips Ningkatin Keberanian.

Lo Penakut? Ini Dia 10 Tips Ningkatin Keberanian.

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 23 February 2016

Lo Penakut?

  • Apa lo sudah bosan jadi penakut dan pengen ningkatin keberanian? Keberanian sebenarnya sesuatu yang gak kita bawa dari lahir (semua bayi lahir pasti nangis kan? Tapi didapetin lewat pengalaman hidup. Lo bisa belajar berani dengan ngelakuin apa yang ingin lo lakuin meski sebenarnya dalam hati kecil lo diliputi ketakutan. Memang sih butuh waktu buat ngeyakinin diri kalo lo tuh bisa berani, tapi dengan kesabaran dan sikap yang postif lama-lama lo akan berani dengan sendirinya. 
  • Sebenarnya ketakutan itu dari pikiran. Kenapa Tuhan kasi kita rasa takut? Supaya kita bisa waspada ngadepin segala bahaya yang kemungkinan bisa ngancam jiwa kita. Tapi gak berarti kita harus dikontrol oleh rasa takut?
  • Silakan dibaca tips berani berikut ini :
berani

Tips berani ala catatanngocol.blogspot.com

(1). Terima kenyataan kalo lo takut.
  • Berani bukan berarti gak pernah takut tapi lo bisa ngatur ketakutan lo dengan baik sehingga lo tetap maju. Lo akuin kalo lo takut, lo jujur pada diri sendiri hingga lo bisa berdamai dengan perasaan itu.
2. Ucapin keras-keras.
  • Kalo lo ngucapin keras-keras apa yang bikin lo takut, itu bakalan bikin ketakutan lo gak sebatas di pikiran tapi udah keliatan nyata dan lama-lama lo jadi biasa dengan ketakutan itu dan gak terlalu ngaruh lagi. Lo gak perlu ngucapin depan orang, cukup untuk diri lo sendiri saja.
3. Tulis
  • Kalo lo ogah teriak keras-keras, lo bisa ngambil catatan dan tuliskan ketakutan lo di sana. Jangan sampe lo ngatain diri "gue emang pengecut!" Fokus pada apa yang lo rasain tanpa menilai ketakutan lo, "gue takut deh sama operasi yang bakalan di lakuin besok, emang dari dulu gua bakat penakut dan mungkin gue bakalan lari dari meja operasi." Ini salah besar. Ngakuin kalo lo takut gak berarti lo nuduh diri sendiri pengecut dsb.
4. Validasi perasaan lo.
  • Lo mesti paham kalo rasa takut lo normal karena gak ada orang yang gak pernah takut, bahkan mereka yang terliat paling berani sekalipun punya ketakutan yang bersemayam dalam dirinya. 
  • Takut bersumber dari amygdala sebuah area di otak yang kadang disebut sebagai "otak kadal" dan terkait dengan emosi primer yang dirasain semua orang ini. Nuduh dan bilangin diri lo pengecut gak akan bikin lo jadi berani.
5. Belajar dari pengalaman orang.
  • Lo perlu baca, nonton ato denger gimana orang lain ngerasa takut tapi berhasil ngatasin ketakutannya. Dari situ lo bisa tau kalo bukan lo aja yang penakut, masih banyak orang lain di luar sana yang sama dengan lo dan ketakutan itu bisa ditepis dan bisa diatasin seperti mereka berhasil ngatasin ketakutannya.
6. Ketahui alasan lo takut.
  • Kadang kita gak ngerti apa yang bikin kita takut dan kenapa kita takut,  itu bisa ningkatin rasa cemas, yang ujung-ujungnya bisa bikin rasa takut makin gede. Sediain waktu buat identifikasi alias ngenalin kenapa lo mesti takut. Lo bisa bilang" gue takut, gue ngerasain ketakutan yang menjalar dalam tubuh gue, perasaan gue gak enak banget waktu dokter bicara soal penyakit yang gue idap, sungguh, gue takut mati, gue belom siap".
7. Bicara dengan dokter jiwa / psikiater.
  • Mungkin lo mikir yang nemuin dokter jiwa itu orang hanya orang gila, sakit jiwa yang parah, padahal gak juga. Kalo lo ngerasa rasa takut lo udah gak bisa lo kontrol, bicara dengan seseorang yang paham kondisi jiwa lo kayak psikiater ini bakalan ngebantu lo, gimana ngatasin perasaan itu.
8. Kenali apa yang bikin lo takut.
  • Penakut ngeposisiin sebuah objek yang dia pikir bakal nyakitin dan bikin dia gak nyaman. Coba deh kenalin apa yang bikin lo takut. Misalnya lo takut skydiving karena lo gak pernah ngerasain pengalaman skydiving, ya rasa takut itu wajar. Lo gak pernah latihan khusus dan punya keterampilan buat skydiving, lo takut jatuh dan takut terluka.
  • Contoh lain lo takut nyelesein buku yang lo tulis. Lo takut dinilai sebagai asal nulis, tulisan lo gak mutu dan sebagainya. Kalo udah ngenal sumber ketakutan lo, mulailah belajar buat ngontrol rasa takut itu. Penting buat tau apa yang bikin lo takut, gimana mo ngontrol sesuatu yang lo gak tau itu apa?
9. Kontrol rasa takut lo.
  • Caranya, cari tahu gimana lo bisa tanganin perasaan itu. Misalnya lo takut buat travel sendirian, satu-satunya cara buat ngontrol rasa takut itu lakukan penelitian lebih dulu tentang tempat yang bakalan lo kunjungin, sampe lo ngenal tempat itu dan ngerasa nyaman. Takut jadi korban kejahatan, lo bisa belajar bela diri sederhana dan ningkatin kewaspadaan tanpa perlu jadi paranoid, itu bakal bikin lo ngerasa lebih kuat.
10. Pahami kalo semua pilihan itu ada resikonya.
  • Semua aktivitas mulai dari bangun tidur, makan, sekolah ato kerja sampe tidur lagi ada resikonya dengan level yang beda-beda. Bisa saja lo bangun trus  kejedot pintu. Bisa saja lo salah makan sampe sakit perut. Bisa saja nilai ujian lo jelek, dan lain-lain tapi itu gak ngehentiin lo buat ngejalanin hidup. Kejedot gak bikin lo brenti buat bangun tidur, salah makan gak bikin lo brenti makan, gagal dalam ujian gak bikin lo brenti belajar ato sekolah kan? Begitu juga rasa takut gak mesti ngehentiin lo buat hidup ato buat melangkah.
Masih takut juga? Baca tulisan ini singkirkan ketakutan dengan 6 tips ini!


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}