Home » » Gimana Caranya Dapetin Respek Orang Lain?

Gimana Caranya Dapetin Respek Orang Lain?

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 28 June 2016

Gila hormat.

Pernah denger kata yang di atas gak, gan? Gila hormat adalah perilaku orang yang bakal ngelakuin apa aja asal dirinya dihormati dan dihargai orang lain. Kalo perlu ngelakuin hal yang menggelikan dan aneh gak pa pa yang penting orang jadi respek dan hormat sama dia. Banyak lho pejabat, politikus, artis papan atas bahkan pecundang gak jelas yang kena penyakit gila hormat ini. Gampang banget ngenali mereka, soalnya mereka haus penghormatan orang lain dan kalo gak dapetin respek yang diinginkannya dia bisa marah besar. Dia sih gak peduli apa orang bener-bener respek ato cuma pura-pura, yang penting lo hormat sama gue, titik!


Banyak yang sampe ngebunuh demi mempertahankan yang namanya kehormatan. Kalo ada yang merasa tersinggung harga dirinya apalagi kalo dia orang yang berkuasa, berpangkat, punya banyak kaki tangan, punya banyak duit, bukan hal yang susah baginya buat "melenyapkan" orang kurang ajar yang gak ngormatin dia..

Orang yang begini harusnya dikasihani, kebutuhan utamanya adalah penghormatan dari orang lain dan dia ngerasa gak cukup berharga kalo gak ada yang ngasi respek sama dia. Demi dapetin respek itu dia mesti ngeluarin duit ato ngancem orang. Padahal kehormatan yang dia dapetin itu palsu. Siapa juga yang respek sama orang yang angkuh dan kasar? Sepanjang dia masih berkuasa mungkin orang-orang masih respek karena takut ato karena butuh, bukan karena dia memang pantas dihormati. Begitu kekuasaannya berakhir gak ada lagi yang respek sama dia, bagaikan macan ompong yang gak mematikan lagi.

Dihormati, dihargai adalah kebutuhan manusia. Tapi respek itu mesti didapetin secara jujur, bukan yang palsu kayak dia atas.  Gimana caranya..?

Tips dapetin respek orang lain.

(1) Pakaian.
  • Pakaian bisa bikin orang lain respek dan menghargai kamu. Coba deh cewek-cewek yang berpakaian terbuka, belahan dada rendah, rok super mini lewat depan sekumpulan cowok, gimana reaksi mereka? Pasti cowok-cowok matanya langsung jelalatan, suit-suitin si cewek, malah ada yang langsung ngedeketin dan mungkin mulai meraba-raba bagian tubuh yang emang terekspose dengan jelas.

  • Beda kalo ada cewek yang cantiknya sama dan lewat depan sekumpulan cowok, tapi bajunya tertutup, jalan dengan penuh percaya diri dan nunjuin kalo dirinya terpelajar, kira-kira sikap cowok, gimana? Mungkin masih ada siulan (resiko orang cantik...) tapi ada rasa respek dan penghargaan dari cowok yang memandangnya dan tentu saja mereka mikir buat meraba-rabanya..

  • Begitu juga saat wawancara kerja di suatu perusahaan, kalo kamu datang dengan dandanan lusuh, slenge'an, baju gak dikancing, pasti kesan pertama pewawancara kamu gak profesional dan mereka udah gak respek duluan liat dandanan kamu. Beda kalo kamu datang pake jas, rambut tersisir rapi, mereka dengan senang hati wawancarain kamu..
  • Tips nomor satu biar orang lain deketin kamu dengan respek..PERBAIKI CARAMU BERPAKAIAN. Gak perlu mahal dan glamour tapi berpakaianlah yang pantas sesuai target audience kamu.
baca : dear cewek, ini dia 15 tips agar cowok selalu respek sama kamu.

(2) Suara/isi pembicaraan.
  • Kalo pengen orang lain respek sama kamu perbaiki cara kamu bicara. Orang yang bicaranya jelas, penuh percaya diri tanpa ada kesan sombong, menatap mata lawan bicara cenderung menerima respek yang lebih baik dibanding mereka yang ngomongnya ceplas ceplos, kecepatan ato kelambatan, suaranya gak jelas, ato malah terlalu bising.

  • Orang yang bisa nyambung dengan topik pembicaraan apa aja dan isi pembicaraannya berkualitas, lebih dihargai dibanding mereka yang ngomongnya asal, isinya gosip melulu dan pembicaraan yang gak berkualitas lainnya.

(3) Perlakukan orang lain dengan respek.
  • Kalo kamu pengen orang lain respek sama kamu perlakukan mereka terlebih dahulu dengan respek. Menghargai orang lain bukan sekedar kata-kata, "ya, aku respek sama kamu," tapi sebuah proses aktif yang menunjukkan sikap penghargaan yang tulus pada orang lain, yang ngelibatin elemen di bawah ini :
    • Jujur, kejujuran adalah elemen paling penting kalo kamu mau dihargai orang. kamu mesti punya integitas agar orang lain respek sama kamu. Kamu tampil sebagaimana adanya kamu, dan bukan pura-pura tampil sebagai orang lain yang kamu pikir bakal disukai. Pura-pura artinya kamu gak respek sama orang lain.
    • Dapat dipercaya, siapapun juga gak suka sama pembohong. Kalo kamu nunjukin kalo dirimu bisa dipercaya, maka dengan sendirinya orang bakalan respek sama kamu. Bohong tandanya kamugak respek, karena kamu gak percaya orang lain untuk denger kejujuranmu.
    • Sopan, biar orang lain respek, kamu kudu paham tata krama, etika, bertingkah laku yang pantas di depan orang lain. Kesopanan bukan semata ucapan, "silakan" atau "terima kasih" tapi juga menerima orang lain apa adanya termasuk nilai-nilai yang dianutnya. Kebanyakan kita gak respek sama orang karena terlalu sering menilai (nge-judge) orang lain dengan sesuatu yang belum tentu benar.

(4) Bahasa tubuh.
  • Biar orang lain respek, kamu mesti tunjukin bahwa kamu pantas untuk dihargai, bukan dengan cara gila hormat kayak di atas tadi tapi lewat bahasa tubuhmu. Berjalanlah tegap, jangan membungkuk, ambil langkah pasti gak pake ragu-ragu, dan jabat tangan orang lain dengan hangat.
  • Salah satu cara buat nunjukin kalo kamu pantas ngedapetin respek orang lain adalah dengan berprestasi dan nunjukin kemampuan kamu. Orang bakal respek sama mereka yang sudah ngebuktiin dirinya mampu berbuat sesuatu. 
Yang paling penting diingat adalah yang bikin orang lain respek sama kamu mostly karena kelakuan atau sikapmu. Bukan dari apa yang kamu pake, apa yang kamu omongin, asalmu dari mana, jabatanmu apa, berapa duit di kantongmu. Jadi perbaiki sikap dan tunjukin kalo kamu pantas dihargai..dan diberi respek orang lain.

Salam...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}