Home » » Trik Toko Yang Memancing Kamu Untuk Belanja Lebih Banyak.

Trik Toko Yang Memancing Kamu Untuk Belanja Lebih Banyak.

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 14 June 2016

Trik toko yang gak kamu sadari bikin kamu ngeluarin duit lebih banyak.

Ternyata selama ini, toko atau tempat belanja manfaatin kamu tanpa kamu sadari buat ngeluarin duit lebih banyak saat berbelanja di tokonya.



(1) Koma 99
  • Pernah merhatiin harga di toko? Kadang terpampang papan gede-gede "cuma Rp.99,900". Ini trik psikologis yang dilakukan toko buat memancing kamu tuk belanja. Kamu bakalan mikir kalo harga barang itu 90an ribu rupiah tapi nyatanya barang itu hampir 100 ribu. Kenapa? Karena orang lebih cenderun merhatiin angka awalnya yang berada di sebelah kiri. Nilai 99,900 dan 100,000 adalah dua nilai yang berbeda di mata pembeli, karena angka 9 dan angka 10 itu beda. Padahal sebenarnya harga itu hampir sama, cuma selisih sedikit (100 perak) yang boleh dianggap gak ada. Karena gak ada lagi barang sekarang ini yang seharga seratus perak.

(2) Mancing dengan harga murah/diskon.
  • Pernah merhatiin toko yang memasang item murah di depan, seperti kaos kaki, syal yang murah meriah? Atau memasang barang obralan di depan, memajang barang yang diskon gede-gedean? Tujuannya agar kamu mampir dan berpikir wah ni toko lagi ngejual barang murah ni.
  • Belum lagi diskon 50% + 20 % yang diterapkan salah satu departemen store ternama di Indonesia. Kita orang awam bakal mengira bahwa toko ini menjual barang diskon 70 %. Jadi kalo barangnya harga 100, dapat potongan 70, jadi yang dibayar hanya 30 saja. Tapi kenyataannya gak gitu. Barang harga 100 didiskon 50 % = 50. Nah yang 50 ini baru didiskon 20 %. Jadi nilai 50 x 20 % = 10. Total yang kita bayar adalah 50-10 = 40. Beda kan? Kita mengira membayar 30 ternyata perhitungan toko adalah 40. Pinter kan?

(3) Mancing dengan bau makanan.
  • Pernah gak kamu lewat toko roti dan kamu mencium bau wangi roti yang baru dibakar? Ternyata bau itu dikeluarkan dari alat penyemprot bau dan sengaja disebarkan buat bikin orang ngiler. Karena konon orang yang ngiler itu belanja lebih banyak dibanding orang yang gak ngiler. Lha iyyalah, pas lagi laper ada bau roti yang menggoda, pasti mampir. Apalagi penampakan roti sekarang ini cantik-cantik dan menggoda minta dimakan.
  • Jadi kalo kamu gak pengen terjerat.. lewat depan toko roti kamu pake masker ato tutup idung rapat-rapat dan haram hukumnya menoleh ke counter roti yang berjejer dengan manisnya..

(4) Mereka ngelambatin kamu dengan musik.
  • Kenapa swalayan gede suka mutar musik slow yang mendayu dayu dan enak di telinga. Karena menurut penelitian kamu bakalan betah dalam toko, memilah-milah barang dengan tenang saat mendengar alunan musik slow. Kalo dia mutar musik metal wah kamu bakal jingkrak-jingkrak dan gak jadi belanja. Belum lagi orang yang sudah uzur, pasti langsung jangtungan.
  • Mereka juga suka mutar lagu yang lagi hits, biar pengunjung betah belanja sambil ikutan nyanyi (dalam hati tapinya...).

(5) Mereka ngebiarin kamu menyentuh barang yang dipajang.
  • Menurut survey yang dilakukan di Amrik sono, konsumen yang dikasi kesempatan megang barang pajangan, 40 sampai 60 % cenderung membeli barang itu, dibanding kalo mereka hanya ngeliat barang ato tulisan saja. Itu sebabnya di toko ponsel... hape berjejer dengan manisnya, boleh disentuh, boleh dicoba, bola diliat-liat, dielus-elus dan dipegang sambil nelen ludah. Itu juga alasan kenapa para sales mobil ato motor ngebolehin kamu ngelakuin test drive. Mereka pengen kamu membangun ikatan emosional dengan barang jualan mereka. Biasanya kalo secara emosional kamu udah suka, kamu juga cenderung belanja secara emosional..gak mikir!
  • Jadi kalo kamu masuk toko dan gak pengen beli, mending jangan nyentuh apapun... biar isi kantongmu selamat..!

(6) Mereka nyembunyiin tanda rupiah.
  • Pernah gak kamu masuk restoran dan tertulis di menu, ayam goreng 75, hot cappucino 45, gak ada tanda rupiah dan gak angka nol yang banyak. Itu trik supaya kamu mikir kalo ni makanan murah amat. Padahal waktu kamu bayar ayam gorengnya 75 ribu dan cappucino 45 ribu.

(7) Mereka nyediain keranjang dan troli ukuran gede.
  • Kira-kira kenapa toko baik hati banget ya, nyediain keranjang belanja? Karena mereka udah tahu kamu bakalan berusaha menuhin keranjang belanjamu secara impulsive. Artinya kamu liat troli yang gede dan lowong cenderung gak sadar berusaha buat menuhin troli itu, bahkan dengan barang yang kamu gak perlu.
  • Kamu juga jadi anteng aja beli barang ukuran gede, yang otomatis lebih mahal karena yakin keranjangmu pasti muat. Biar selamat ni dari pemborosan, apalagi sekarang kantong plastik dikenain biaya 200 perak, mending kemana-mana kamu sediain tas belanja lipat yang ukuran secukupnya. Gak usah segede karung juga, ntar sama aja...

(8) Mancing dengan potongan harga.
  • Pernah liat tulisan gede-gede dia atas produk " 200.000" diganti jadi "sisa 100.000". Itu bikin kamu mikir wah nih barang diskon 50 % padahal belum tentu juga sih. Bisa saja barang itu emang harganya segitu tapi kamu gak pernah merhatiin. Taunya kamu barangnya setengah harga, bikin kamu kalap buat belanja.

(9) Mereka kasi kamu "kartu kesetiaan".
  • Coba buka dompet kamu, ada berapa banyak "kartu kesetiaan" yang disediaan toko buat kamu. Menurut mereka kamu diistemewain, dikasi kartu, namamu terukir dengan indahnya di sana, kamu dapat poin, dapat potongan harga kalo belanja A, bisa tebus lebih murah barang B, karena kamu customer paling setia sejagad. 
  • Tau gak sih kalo poin, potongan harga dan tebus murah bikin kamu belanja lebih banyak? Bahkan barang yang kamu gak butuhin sama sekali, kamu beli hanya karena dapat keistimewaan yang diberi khusus buat pemilik kartu kesetiaan toko. Apa kamu pernah punya pengalaman bawa pulang piring ato pisau 1 set yang kamu tebus murah padahal gak perlu pisau lagi? Ya.. kamu kena deh !
  • Adanya kartu bikin kamu ngerasa penting dan jadi bagian dari toko dan akan terus kembali menghabiskan isi dompetmu.

(10) Mereka mancing kamu dengan warna.
  • Kenapa tulisan diskon, sale, potong harga, beli 1 gratis 1, ditulis dengan tulisan gede-gede dan warna mencolok, seperti merah atau kuning, misalnya? Karena warna terang menurut penelitian sih, bikin aktivitas otak kamu meningkat, yang tadinya cuek jadi merhatiin. Tadinya gak pengen belanja, begitu ngeliat tulisan 'banting harga", langsung kamu banting stir masuk toko dengan bahagia.
  • Coba aja kamu eksperimen, lewat di depan toko yang berjejer rapi. Kalo ada tulisan gede berwarna terang pasti kamu noleh dan merhatiin. Karena manusia tuh dasarnya kepo dan kekepoan kamu tuh dimanfaatin toko buat nguras isi kantongmu.

(11) Mereka manfaatin keramaian.
  • Kenapa diskon gede-gedean sering dilakukan toko pada akhir pekan, sabtu ato minggu? Karena pada saat itulah pengunjung toko meningkat. Dan mereka manfaatin keramaian itu buat bikin tokonya penuh sesak. 
  • Toko yang penuh sesak cenderung memancing orang di luar toko buat masuk, karena mereka pengen menjadi bagian dari kumpulan orang tersebut, dan satu lagi mereka pengen memuasin kekepoannya...

(12) Mancing dengan kupon.
  • Mereka mancing kamu dengan statement yang ramah dan manis dari customer service atau kasirnya kalo kamu belanja produk tertentu kamu bakalan dapat kupon bisa beli produk tertentu setengah harga, tapi hanya bisa dipake saat itu juga, kalo besok udah hangus...
  • Itu secara gak sadar memancing kamu buat beli barang pake kupon itu, dengan pikiran "mumpung diskon setengah harga, kapan lagi bisa beli semurah ini?" Padahal itu sudah di luar rencana, niatan kamu hanya pengen beli 1 baju kantor, eh pulang bawa 3 kantong belanjaan.
  • Terutama kalo kupon diskon berlaku buat barang-barang mahal seperti hape ato arloji mahal, ternyata pembelian meningkat, meski kupon cuma ngasi diskon 2,5 %????

(13) Ngasi tester.
  • Pernah lewat depan toko dan kamu ditawarin buat tester alias mencoba produk mereka, entah itu vacuum cleaner, parfum, lipstik bahkan coklat ato wafer. Karena kalo kamu udah coba dan kadung seneng, kamu bakalan beli dengan senang hati dan tanpa merasa dipaksa.

(14) Mereka menyihirmu dengan sales yang oke, ramah dan penolong.
  • Orang cenderung belanja lebih banyak kalo dibantu oleh sales yang cantik, ganteng, bahenol, sexy, murah senyum, penuh perhatian dan sangat penolong. Apa aja yang kamu inginin mereka bisa siapin segera dan kamu dibuat sebagai manusia paling penting di toko itu. Kamu pasti belanja karena gak pengen membuat orang yang begitu baik, begitu enak diliat dan begitu penolong kecewa karena kamu gak menghargai usahanya..
  • Ini bisa ngejawab pertanyaan kamu kenapa para sales itu enak-enak diliat?
Itulah 14 trik toko yang bikin kamu belanja lebih banyak, nguras dompet untuk barang yang kamu gak perlukan dan bikin kamu susah akhirnya.

Cara ngatasinnya ya.. kamu kudu jadi pembelanja pinter yang tahan godaan dan beli sesuai kebutuhan, bukan pembelanja emosional yang belanja gak pake mikir tapi memperturutkan hati dan keinginan saja.

Salam...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}