Home » , » Kenapa Keringat Rasanya Asin?

Kenapa Keringat Rasanya Asin?

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 28 June 2016

Gerah karena panas?

Hari ini panas banget gan, tapi kamu tetap semangat buat olahraga ringan di lapangan. Gak terasa waktu berlalu, kamu keasikan olahraga, gak jelas sih kamu olahraga apaan. Senam aerobik bukan, yoga bukan, atletik bukan, yang penting niatmu memang mo cari keringat aja (ye.. keringat dicari, bukannya duit?). Kamu ngerasa keringat beneran bercucuran dari dahimu, keringat itu mengalir mencoba mencari jalan yang benar tapi tetap aja ada keringat bandel yang coba-coba masuk mulut kamu. Apa yang kamu rasa? Asin kan?
baca : fakta terunik tentang keringat

Kenapa sih kita keringatan?

Keringatan adalah reaksi alami tubuh buat mendinginkannya. Jadi keringat itu ibarat kulkas alami kita. Saat olahraga utamanya di luar rumah suhu tubuhmu naik. Saat itu otak ngirim pesan ke kelenjar keringat, nyuruh mereka buat produksi keringat ang dikeluarin lewat pori-pori yang ada di tubuhmu. Rata-rata manusia punya lebih dari 2,5 juta kelenjar keringat (banyak banget ya...gan, pantas bisa banjir keringat..)

Waktu keringat sampe di permukaan kulit kita, keringat itu menguap, ayo yang belajar IPA pasti udah ngeh kan, kalo menguap itu air berubah wujud jadi gas. Dan itu ngasi efek dingin ke tubuh yang tujuannya biar suhu tubuhmu bisa diturunin. Makin lama olahraga maka makin banyak keringat yang dihasilkan.

Saat cuaca dingin jumlah maksimum keringat yang dihasilkan seseorang bisa sampe seliter per jam, gan. Waktu cuaca panas tubuh beradaptasi dan bisa ngasilin keringat 2 sampe 3 liter per jam.

Komposisi keringat paling banyak ya..air. Ada juga sih campuran beberapa senyawa kimia, seperti amonia dan urea, yang dihasilin tubuh saat pemecahan protein dari makanan yang kamu makan. Ada juga gula, garam, seperti sodium, klorida dan potasium. Ini yang ngejelasin kenapa keringatmu terasa asin.

Banyak orang yang gak suka keringetan, kerasa gerah, baju basah bikin gak nyaman dan baunya itu lho..gak nahan..Padahal aslinya keringat itu gak berbau lho. Yang bikin keringatmu bau karena udah tercampur dengan bakteri yang ada di kulit.

Meski kamu gak suka kalo keringatan harusnya kamu bersyukur badan punya mekanisme pendinginan sendiri. Bayangkan kalo badanmu suhunya naik terus bisa bikin sakit bahkan bisa mati lho gan..Kalo kamu gak suka efek samping yang dihasilkan keringat, jangan lupa kemana-mana bawa handuk (kalo tisu wah, boros...), baju ganti biar nyaman dan yang paling penting nih, deodorant..biar orang-orang di sekitarmu gak pada pingsan keracunan bau ketekmu yang aduhai...

Saat selesai olahraga jangan lupa minum yang banyak. Karena cairan yang keluar lewat keringat kudu diganti, biar kamu gak dehidrasi.
baca : mengapa dehidrasi bisa bikin gendut dan bikin sakit?
Selamat berkeringat, gan.. jangan lupa minum yang banyak ya.. tapi pake air putih, jangan soda, hehe..

Salam..


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}