Home » , » Kenapa Membaca Bikin Ngantuk?

Kenapa Membaca Bikin Ngantuk?

Posted by Catatan Ngocol on Friday 24 June 2016

Ngantuk mulu kalo baca..

  • Apa ini sering kejadian sama kamu? Kamu nemu buku yang menarik dan kamu udah gak sabar buat bacanya. Tapi masih banyak yang mesti kamu lakuin dulu. Mungkin harus nyupir alias nyuci piring bekas makanmu, ngerjain PR matematika Pak Guru Killer ato malah perbaikin genteng yang bocor sebelum mami ngomel lagi. 
  • Akhirnya setelah nyelesein apa yang jadi kewajibanmu, segera deh kamu pake piyamamu, sikat gigi dan siap-siap menuju pulau kapuk yang nyaman. Gak lupa kamu ambil buku yang siap-siap mau kamu tamatin riwayatnya malam ini juga. Tapi apa yang terjadi? Kamu sekonyong konyong denger suara alarm dan kamu terbangun di waktu pagi...yeeee... kamu ketiduran. Buku masih tergeletak dekat kasurmu dan gak berpindah dari "Kata Pengantar" (hehe..apa ada yang baca kata pengantar ya kalo beli buku..ato cuma admin..?) itupun dilengkapi dengan iler kamu di atasnya..(ih jorok..)


Apa sebenarnya yang terjadi?

  • Bukan kamu aja kali, kebanyakan kita semua ngantuk saat baca buku dalam waktu lama. Admin juga gitu gan.. apalagi di bulan puasa ini gak bisa ngaji dengan benar (hadeuh..sok salehah..). Karena bawaan mata pengen merem melulu. Untung saat nulis blog ngantuknya gak parah, bisa bisa gak ada artikel yang akan kalian baca, karena admin ngorok mulu depan laptop hehehe...Mudah-mudahan yang baca blog catatanngocol.blogspot.com ini gak pada ngantuk ya... (amin..doa di bulan puasa konon makbul..gan)
  • Udah deh gak usah banyak bacot, ini dia alasannya :

(1) Aktivitas mata meningkat.
  • Kata pakar nih, kalo baca, buku ya.. (baca mantra gak masuk kategori ini..gan) butuh pergerakan mata secara teratur seiring kamu baca paragraf demi paragraf dalam buku itu. Juga butuh kekuatan otak buat ngertiin huruf-huruf yang tersusun rapi agar ngebentuk sebuah kalimat yang kamu bisa paham. Saat otak kamu kerja keras sementara otot mata capek, adalah mekanisme alami tubuh kasi peringatan kalo kamu butuh istirahat. Yang bikin mata kamu pelan-pelan terpejam dan tertidur pules..

(2) Kerja keras.
  • Membaca sebenarnya gak bikin mata lelah sepanjang gak dipaksain kerja keras. Kamu membaca di tempat gelap ato terlalu terang, ato kamu yang biasanya pake kacamata saat baca trus dilepas bikin mata kerja keras dari biasanya. Mata yang kerja keras pasti capek dong.. ya..wajar kalo merem melulu.

(3) Kondisi nyaman.
  • Pernah gak sih kamu baca dalam kondisi nangkring di dahan pohon? Nggak kan? Biasanya kamu nyari posisi baca yang paling nyaman buat kamu, kebanyakan sih di tempat tidur, ato di kursi favorit yang bisa buat selonjorin kaki. Kala mayoritas tubuh kamu berada dalam kondisi istirahat dan kamu berada dalam posisi nyaman, sebagian otot di tubuh kamu, termasuk otot mata biasanya ngikutin dan gampang banget jatuh tertidur. Wong tubuh udah kasi sinyal.. gue lagi dalam kondisi nyaman dan pengen istirahat..buku hanya ngebantu kamu lebih cepat molor.

(4) Jam tidur.
  • Kalo kamu nunggu buat baca novel misteri yang baru kamu bajak dari toko buku sesaat sebelum jam tidurmu, sepertinya kondisi pikiran dan badan kamu lelah dan sudah siap-siap bobo. Kalo begini kondisinya, gak akan lama matamu bakal ngikutin keinginan tubuh dan pikiran yang memang pengen bobo..meski di tanganmu ada sebuah buku yang siap dibaca.

(5) Bukunya ngebosenin.
  • Kamu perhatiin gimana kamu terkantuk-kantuk kalo disuru baca buku pelajaran sampe tamat, sementara saat baca komik lucu kamu sanggup gak tutup mata dan pengen segera melumatnya. Bahkan kalo masih ada sambungannya, mata kamu masih sanggup membacanya. Itu karena otakmu pengen tau gimana kelanjutan ceritanya. Ada minat pada buku tersebut yang bikin otakmu terjaga.

(6) Kondisi tenang dan adem.
  • Suasana tenang dan adem juga bisa memicu ngantuk. Kalo mo baca pasti cari kondisi tempat yang adem dan tenang kan (kek kuburan..???). Coba deh kamu baca buku di tengah-tengah penonton bola Piala Eropa, pasti gak jadi ngantuk kan? Mereka kan pada sibuk ngomentarin, nyela, kesal dan marah-marahin pemainnya dengan suara komentator sok tau. Belum lagi kalo di atas meja ada cemilan, dijamin kamu gak jadi baca buku.. malah ikutan makan dan ikutan komen.
Itulah 6 alasan kenapa baca buku itu gampang banget bikin ngantuk. Kalo kamu pengen baca buku favoritmu tanpa harus terganggu karena mata yang bawaannya selalu merem ya.. kudu persiapannya harus bener.
  • Nyari tempat yang nyaman sih boleh tapi jangan yang terlalu nyaman (ranjang, sofa, kursi malas masuk kategori nyaman, gan). Kamu bisa duduk di kursi taman di mana orang lalu lalang di depanmu (kan lumayan, bisa ngecengin mahluk kece yang lewat, itung-itung ngistirahatin mata). Kamu juga bisa duduk di bangku yang gak punya sandaran, jadi kamu gak bakalan ngantuk karena bisa jatoh. Ato bisa juga duduk dekat gerobak tukang bakso langganan, dijamin kamu gak baca, malah pesan bakso hehehe..
  • Pake pencahayaan yang cukup biar jelas liat huruf-hurufnya, yang paling afdhol sih pake lampu baca yang memang dikhususin buat baca. Jangan pake lilin apalagi obor ya..gan..(ntar idung dan mukanya pada item..) Itu cuma dipake kalo pas lampu mati dan lampu charge ngumpet gak tau di mana.
  • Pastikan udara gak terlalu panas dan gak terlalu dingin gan. Kalo terlalu panas kamu jadinya gak baca malah ngibasin buku buat kipas-kipas..hehehe.  Kalo kedinginan kamu gak sanggup baca buku (bukunya goyang-goyang gan.. efek gemeteran nahan dingin).
  • Lakukan peregangan ringan. Biar gak ngantuk olahraga dikit sebelum baca, bisa bikin badan kamu terjaga, tau kalo sekarang belum waktunya bobo. Ini tahap ngebangunin tubuh. Tapi lakukan peregangan ringan aja ya, gan,  jangan push up ato angkat barbel..apalagi thai boxing..
  • Minum kopi. Kamu perlu kafein dalam kopi atau teh biar kamu bisa nikmatin membaca tanpa diganggu ngantuk. Jangan soda apalagi es krim ntar gendut... Kafein dalam kopi lumayan ampuh bisa bikin otak kamu terjaga.

  • Mandi air dingin. Brrrrr... yang dingin ya, gan... bukan air hangat apalagi air panas, ntar melepuh..Air dingin bisa bikin tubuh terjaga sementara air hangat bisa bikin tubuh dalam kondisi relaks sehingga siap-siap bobo. Orang Jepang umumnya mandinya bukan pagi hari lho gan kek kita di Indonesia. Mandinya entar malam hari menjelang tidur pake air hangat, dijamin tidurnya lelap, pules dan mimpi indah.
Udah deh.. ntar pada ngantuk beneran bacanya.. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya...

Zalam...zzzzzzzzzz


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}