Home » , , » FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG KENTUT

FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG KENTUT

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 3 February 2015

Kentut alias buang gas adalah aktivitas rutin sehari-hari. Aktivitas yang satu ini sama halnya dengan ngupil , jika dilakukan di depan umum dianggap tidak sopan. Kalau ngupil hasil produksinya dapat dilihat berupa upil yang berbentuk abstrak tapi kentut hasil produksinya tak berwujud nyata, tapi bisa dirasakan dari bau yang menampar hidung.

Tapi tahukan anda ada sesuatu dibalik gas berbau, produksi manusia ini yang perlu diketahui, yaitu :

kentut bau
  • Kentut asalnya sudah pasti dari orang yang kentut baik secara sembunyi-sembunyi ataupun terang-terangan. Tapi sumber utamanya dari dalam usus yang memproduksi gas sebagai reaksi kimia dengan bakteri yang ada dalam perut.
  • Kentut ternyata terdiri dari berbagai macam gas nitrogen, oksigen, karbondioksida, udara yang campur aduk menjadi satu menghasilkan bau yang "aduhai".
  • Kebanyakan makan soto, rendang, empal gepuk, dendeng atau yang sumbernya daging dan telur yang berprotein tinggi akan berdampak pada busuknya kentut karena bakteri dalam perut akan mengubahnya menjadi hidrogen sulfida dan merkaptan yang mengandung sulfur alias belerang. Pernah berdiri dekat kawah gunung yang penuh belerang? Baunya menyengat bukan? 
  • Bunyi kentut nadanya bervariasi, ada yang meliuk-liuk, ada yang menggelegar juga ada yang putus nyambung. Kentut bisa berbunyi karena adanya vibrasi lubang anus saat kentut diproduksi. Kekuatan bunyi tergantung dari kecepatan gas dan diameter lobang anus anda.
  • Kentut yang tidak bersuara tapi baunya mematikan dihasilkan karena fermentasi bakteri dan proses pencernaan memproduksi panas yang hasil sampingnya gas busuk dengan ukuran gelembung kecil, hangat dan jenuh dengan produksi metabolisme berbau busuk. Itu juga kenapa kentut terasa hangat menggoda.
  • Kentut keluar melalui lubang belakang karena adanya gerakan peristaltik usus yang mendorong isi usus beserta gelembung-gelembung yang menyertainya ke bagian anus yang bertekanan lebih rendah. Untung gak keluar lewat lobang hidung..
  • Waktu yang diperlukan oleh kentut sampe terdeteksi oleh hidung orang lain tergantung dari kecepatan dan arah angin, lokasi kentut (di lift atau lapangan bola) dan jarak dari pelaku kentut ke hidung korban. Jadi kalo mau kentut secara misterius periksa faktor-faktor di atas terlebih dahulu, kalo arah angin kencang trus di lift yang dempet-dempet mendingan jangan deh, sebelum disumpahin orang...!!!
  • Kentut tidak ada hubungannya dengan gender. Jadi tidak menjamin kentut mana yang lebih bau, cewek ataupun cowok, tergantung makanannya. Kalau urusan nahan kentut ceweklah pemenangnya karena faktor rasa malu yang lebih tinggi dibanding para cowok yang cuek dan malu-maluin.
  • Saat kentut yang paling ideal adalah saat bangun di pagi hari, lebih sopan, tidak mengganggu penciuman orang lain dan terhindar dari fitnah keji tertuduh sebagai pelaku kentut.
  • Bakteri di usus akan segera berpesta pora memproduksi gas besar-besaran yang super bau dalam jumlah besar jika kita makan kacang-kacangan, jagung, paprika, kubis, kembang kol, nangka, susu, minuman bersoda, makan terburu-buru.
  • Secara teori kentut bisa jadi bahan bakar karena mengandung metana dalam jumlah besar yang bisa diubah ke energi listrik untuk menjalankan mesin. Siapa mau coba proyek mengumpulkan kentut orang-orang dalam satu tabung untuk dikonversi jadi energi listrik? Andakah?
  • Jangan suka menahan kentut karena udara yang tidak keluar dari perut akan meningkatkan resiko penyakit jantung juga berbahaya bagi kelangsungan usus besar. Jadi bagi anda yang membaca tulisan ini dan kebelet kentut, silakan!!
Semoga bermanfaat..

gambar dari sini


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}