Home » , , , » 5 PESAN MENDALAM DARI LAGU "TRY" BUAT PARA WANITA

5 PESAN MENDALAM DARI LAGU "TRY" BUAT PARA WANITA

Posted by Catatan Ngocol on Thursday 5 March 2015

PESAN LAGU "TRY" OLEH COLBIE CAILLAT 

Lagu Try  yang ditulis dan dinyanyikan oleh seorang gitaris dan penyanyi kelahiran Malibu Amerika Serikat bernama Colbie Calliat memiliki pesan yang sangat dalam. Pesan ini ditujukan pada wanita di seluruh dunia dan sangat mengena dengan kondisi keseharian wanita modern. Lagu ini sempat merajai tangga lagu Billboard akhir tahun lalu. Colbie bukan orang baru di dunia musik, sebelumnya dia mendapatkan Grammy setelah berduet dengan Jason Mraz menyanyikan lagu "Lucky".

Mari kita dengar dan lihat liriknya terlebih dahulu.


HARUSKAH BERUSAHA TAMPIL SEMPURNA AGAR DISUKAI?


Put your make up on - Get your nail done - Curl your hair - Run the extra mail - Keep it slim so they like you - do they like you? Terjemahan bebasnya : Wanita pakai make up mu, lakukan perawatan kuku, gelung rambutmu, olahraga ekstra keras biar tetap kurus, supaya semua orang menyukaimu, apakah mereka memang menyukaimu?
Saudaraku para wanita,
Memang lumrah jika kita ingin disukai, populer, disenangi banyak orang bahkan jadi role model bagi orang lain. Karena itu hampir semua wanita berusaha untuk tampil sesempurna mungkin agar semua orang menyukainya, memanggilnya dengan panggilan cantik dan membuat para pria tergila-gila padanya. Para wanita konon memikirkan penampilan 9 kali dalam sehari, gila bukan?
Kita merasa sangat tidak PD bila keluar tanpa make up atau punya bodi gendut. Karena ukuran kesempurnaan yang ditentukan dan dipahami oleh dunia adalah yang cantik dan kurus. Makanya para artis / selebriti mati-matian berdandan cantik dan ganteng kalo perlu dengan make up dan dandanan berlebihan, serta diet ekstra keras agar tetap senantiasa kelihatan cantik, langsing di mata fansnya dan tetap disukai produser.
Padahal tidak ada manusia yang sempurna. Sepandai apapun muka kita ditutup dengan kemahiran ahli tata rias, tampilan tubuh langsing semampai jika tidak didukung dengan kecantikan hati, karakter yang baik, memiliki empati dan percaya kemampuan diri adalah sia-sia belaka. Wanita baik yang buruk rupa jauh lebih berarti dari wanita kasar yang cantik dengan kepalsuannya.

HARUSKAH BERDANDAN SEXY AGAR DISUKAI?


Get your sexy on - don't be shy girl - take it off - this is what you want to belong - so they like you - do you like you. Bait pada lagu ini menekankan bahwa jangan malu berpakaian seminim mungkin agar kesexianmu terpancar dan semua orang menjulukimu "si sexy". Betulkah kita harus menanggalkan pakaian hanya untuk sekedar dibilang sexy? Untuk apa? Untuk memuaskan mata para pria agar menyukai dan mengejar kita? 
Saudaraku para wanita
Berdasarkan survei ternyata para pria lebih menyukai wanita yang berpenampilan kasual dan berbusana sopan. Kasual memperlihatkan diri apa adanya sedangkan busana sopan menandakan kalau dia menghargai diri dan tubuhnya. Hal ini dapat menjaga diri dari pandangan mata pria yang tidak pantas, menghindari pelecehan seksual dan pemerkosaan.

HARUSKAH BANYAK BELANJA AGAR DISUKAI?


pesan mendalam lagu try
Get your shopping on at the mall - max your credit card - you don't have to choose - buy it all - so they like you. Bait pada lagu ini menekankan kesukaan belanja apa saja untuk memperbaiki penampilan agar disukai semua orang. Betulkah kita harus boros belanja untuk disukai, sering-sering mentraktir, royal memberi hadiah? Itu sama saja kita membeli teman. Bagaimana saat kita tidak memiliki uang lagi apakah masih ada yang suka?
Saudaraku para wanita,
Iklan telah mendorong kita untuk membeli lebih banyak barang yang tidak kita butuhkan, memoles diri dengan penampilan yang bukan diri kita, menuntun kita menjadi materialistis dan melihat segala sesuatu dari pandangan materialis. Kembalilah merenung, apa yang saya cari dalam hidup? Lakukan hal-hal yang disukai. Jadilah diri sendiri, hiduplah sesuai kemampuan dan berteman karena memang kita sepaham dan mereka menerima kita apa adanya dengan segala kelebihan dan kekurangan.

HARUSKAH SELALU MEMIKIRKAN APA KATA ORANG TENTANG KITA?


Why you should care - what they think of you - when you're alone by yourself - do you like you. Bait lagu ini menekankan tidak penting apa pendapat orang tentang kita tapi apa pendapat kita tentang diri sendiri. Apakah kita menyukai diri kita? 
Saudaraku para wanita,
Pandanglah cermin dan ucapkan berkali-kali bahwa anda mencintai bayangan di cermin itu. Anda berharga dari apapun dan tidak ada seorangpun yang berhak untuk meremehkan anda. Sebelum mencintai orang lain, cintailah diri anda terlebih dahulu.

KESIMPULAN : TAK PERLU BERUSAHA KERAS UNTUK DISUKAI


You don't have to try so hard - you don't have to give it all the way - you just  have to get up, get up get up - you don't have to change a single thing. Setiap orang boleh memilih untuk menyukai kita atau tidak. Tapi kita harus memilih untuk menyukai diri sendiri. Tidak perlu berusaha terlalu keras untuk disukai. Jadilah diri sendiri dan tampilkan diri apa adanya. Kualitas seorang wanita tidak terletak pada tampilannya tapi jauh lebih dalam di lubuk hatinya. Bangunlah para wanita, tidak ada yang perlu dirubah dari penampilanmu, jadilah wanita yang bermartabat, mandiri, menghargai diri sendiri, memiliki kebaikan hati dan bermanfaat bagi sesama. Hidup untuk mengekspresikan diri bukan untuk mengesankan orang lain.

Semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}