Home » , » AKIBAT KESERINGAN MAKAN CABE

AKIBAT KESERINGAN MAKAN CABE

Posted by Catatan Ngocol on Saturday 7 March 2015

Cabe sudah menjadi keseharian kita. Bahkan ada yang merasa kurang sedap makan tanpa adanya cabe atau sambel. Tapi sebenarnya segala sesuatu yang terlalu itu tidak bagus buat tubuh. Kebanyakan makan gorengan, kebanyakan makan makanan cepat saji, kebanyakan makan cabe pun bisa mengkibatkankan hal-hal berikut :

akibat keseringan makan cabe
  1. Iritasi pada lidah. Sama halnya seperti pada makanan panas, kebanyakan makan pedas akan membuat lidah kebal dan tidak dapat merasakan jenis rasa yang lain, menyebabkan kepekaan lidah jadi berkurang. Wah kalo begini bisa mengganggu kenikmatan makan. Apa enaknya makan makanan yang semua rasanya sama.
  2. Mengurangi lapisan pelindung pada lambung sehingga mudah kena infeksi. Keseringan makan cabe menyebabkan permukaan lambung jadi rapuh sehingga mudah luka. Penyakit inilah yang banyak dikenal dengan maag atau gastritis. Jika sudah parah bisa menyebabkan tukak lambung, refluks asam dan sakit kepala.
  3. Mengganggu produksi asam lambung sehingga membuat perut jadi tidak enak. Meskipun tidak sama pada setiap orang, beberapa diantara kita asam lambungnya sangat sensitif pada makanan pedas.
  4. Mempengaruhi kualitas tidur. Keseringan makan cabe dapat menyebabkan insomnia. Makanan pedas meningkatkan temperatur tubuh, membuatnya tidak nyaman. Jika ingin tidur nyenyak jangan makan cabe di malam hari.
  5. Kehilangan nafsu makan. Biasanya adanya sambel bisa meningkatkan nafsu makan tapi kalau kebanyakan makan sambel justru akan membuat nafsu makan menurun karena rasa hambar pada lidah yang terititasi.
  6. Diare. Setiap orang memiliki ketahanan tubuh yang berbeda. Beberapa diantaranya memiliki kepekaan terhadap makanan pedas. Iritasi pada organ pencernaan mengakibatkan diare, meskipun tidak berbahaya tapi diare yang tidak segera diobati akan menyebabkan dehidrasi pada tubuh yang ujungnya bisa mengancam nyawa.
Makanlah sesuatu dengan ukuran yang proporsional. Ketahuilah tanda-tanda yang diperlihatkan oleh tubuh jika makan sudah melebihi kapasitasnya. Jika lidah sudah terasa terbakar, panas dan perut mules itu tandanya sudah melebihi kapasitas tubuh. Segera hentikan sebelum menjadi bahaya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}