Home » , » Lirik-Lirik Menyeramkan dari Lagu Animals Maroon 5

Lirik-Lirik Menyeramkan dari Lagu Animals Maroon 5

Posted by Catatan Ngocol on Monday 18 May 2015

Pada tahu lagu Maroon 5 yang judulnya Animals kan? Lagu yang pertama kali rilis di bulan Agustus tahun 2014 lalu adalah single kedua dari album mereka "V" yang ditulis salah satunya oleh Adam Levine vokalis utama grup musik ini. Lagu ini sempat bertahan di urutan ketiga Billboard Hot 100 dan menjadi salaha satu dari 10 single paling ngetop di Amerika saat itu. Lagu ini masih selalu terdengar dan diputar di stasiun radio karena lagu ini enak didengar dan disukai orang termasuk di Indonesia.

Animals
Potongan foto dari video klip animals (credit for www.directlyrics.com)

Lagu ini menuai kontroversi dan kecaman

Mungkin banyak diantara kita tidak tahu lagu animals yang dilantukan Adam Levine dan kawan-kawan itu bercerita tentang apa. Lagu ini menuai banyak kecaman di negara asalnya, yaitu di Amerika karena banyak bercerita tentang keganasan fantasi seorang penguntit wanita. Lagu ini dianggap merendahkan wanita dengan menyamakannya sebagai mangsa, atau seperti hewan yang dibantai di tempat jagal. Seperti sepotong daging yang tergantung di tempat penjagalan hewan. Ditambah lagi dengan video klip resminya yang menampilkan suasana penjagalan hewan. Dalam video klip ini diceritakan Adam Levine yang berprofesi sebagai tukang jagal selalu membuntuti seorang perempuan yang diperankan istrinya sendiri model Behati Prinsloo. Levine sengaja membuntuti wanita, masuk ke rumahnya secara diam-diam, berdiri dekat ranjangnya, dan memotretnya secara diam-diam, kemudian berfantasi bercinta di latar belakangi darah dan penjagalan hewan di rumah jagal.
Video aslinya dapat di lihat di Youtube ( saya tidak menampilkan di sini karena tidak suka saja...)

Saya tampilkan video lirik saja, ini dia.


Lagu ini bercerita tentang apa?

  • Lagu ini bercerita tentang rasa cinta seorang lelaki kepada seorang wanita secara diam-diam. Dia mengibaratkan dirinya sebagai hewan pemburu dan menganggap wanita sebagai mangsanya yang siap dia makan hidup-hidup, seperti halnya binatang memperlakukan mangsanya. " Baby I'm preying on you tonight, hunt you down, eat you alive, just like animals, animals, like animals." Lirik ganas ini terdengar di bait pertama lagu Animals, yang artinya begini Sayang saya memangsamu malam ini, memburu dan memakanmu hidup-hidup, seperti binatang....
  • Lagu ini mengatakan bahwa wanita tidak bisa bersembunyi darinya, karena dia pasti menemukannya. " Maybe you think that you can hide, I can smell your scent from miles just like animals, animals, Baby.. Lirik yang tak kalah menyeramkan ditemukan pada bait kedua yang artinya " Mungkin kamu pikir dapat sembunyi dariku tapi aku bisa mencium baumu dari kejauhan seperti binatang sayang... Di sini terlihat obsesi lelaki ini untuk selalu berada di dekat wanita yang diklaim sebagai mangsanya itu. Kenyataannya hal seperti ini memang ada. Lelaki yang terobsesi dengan seorang wanita dan menguntitnya kemana-mana sampai akhirnya menjadikan wanita tersebut korbannya (memperkosa ataupun membunuh).
  • Lagu ini penggambarannya sangat brutal. Lirik "So what you trying to do to me, It's like we can't stop we're enemies, but we get along when I'm inside you, You like a drugs that killing me, I cut you out entirely, but I get so high when I'm inside you." Lirik ini mengatakan bahwa mereka (lelaki dan wanita buruannya) sebagai musuh (sehingga sah-sah saja jika ada yang terbunuh). Saat binatang pemburu membunuh buruannya mereka jadi menyatu, menyerupai obat yang mempengaruhi pembunuhnya, sehingga si pembunuh memotong buruannya tanpa ampun dan dia merasa sangat puas karenanya. Ngeri bingit kan maknanya....
  • Meski wanita itu telah menemukan pria idamannya tak ada kata berhenti untuk memburunya. " You can start over, you can run free. You can find another fish in the sea, you can pretend it's meant to be, but you can't stay away from me. I can still hear you making that sound. Taking me down, rolling in the ground. You can pretend that it was me, but no." Lirik ini intinya mengatakan bahwa meski wanita buruannya telah menemukan pria lain, ia tak akan berhenti memburunya, mendengar semua suaranya yang bergulat dengan penuh gairah..dan berpura-pura seolah-olah itu si pemburu.. Fantasi lelaki ini yang berbicara.
  • Lelaki memburu wanita itu sah-sah saja. " Don't tell no lie.....lie,lie, lie. You can't deny, ny, ny, ny.. the beast inside side side side side... yeah yea yea... Lirik ini seolah mengesahkan bahwa sah-sah saja bagi lelaki ini untuk memburu wanita buruannya karena ia memiliki naluri binatang buas (beast) dalam dirinya yang mengharuskan dia memangsa.. Dan wanita harus mengakui itu dan tidak boleh mengelak.
Itulah petikan menyeramkan dari lirik lagu Animals Maroon 5. Wajar saja jika menuai banyak kecaman dimana-mana karena penggambaran yang sangat merendahkan wanita di lagu ini. Mungkin sengaja lagu ini dibuat agar menjadi kontroversi untuk meningkatkan nilai jualnya. Ada bisnis yang berbicara di sini. Dan terbukti terlepas dari liriknya yang menuai kontroversi lagu ini menjadi hits dan memasukkan banyak pundi-pundi ke dalam kocek Adam Levine dkk dan produsernya Shellback.

Lagu-lagu saat ini memang banyak yang liriknya aneh-aneh, entah orang sudah kehabisan ide, menciptakan lirik yang indah-indah, atau sengaja mencari jalan lain untuk mendongkrak penjualan, mengingat persaingan industri musik yang begitu ketatnya.

Kita sebagai penikmat musik, mendengar lagu yang enak di telinga itu sah-sah saja. Tapi ada baiknya mencoba mencek makna dari lagu yang enak di telinga tersebut. Lagu yang baik adalah yang enak di kuping dan memberi semangat serta motivasi bagi pendengarnya. Terserah anda para penikmat musik, karena semua itu masalah selera.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}