Home » , , » 10 Alasan Mengapa Banyak Artis yang Make Narkoba?

10 Alasan Mengapa Banyak Artis yang Make Narkoba?

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 5 August 2015

Baru-baru ini kita dikejutkan berita penangkapan artis sinetron Eza Gionino karena kedapatan konsumsi shabu-shabu di rumahnya. Belum lagi beberapa waktu lalu model majah dewasa Vitalia Shesa juga kesandung masalah yang sama. Kok artis-artis pada doyan narkobaan sih? Mereka pasti tau kalo deket-deket barang haram ini bakalan urusan sama polisi atau ngerusak tubuh bahkan karir yang sudah susah payah dibangunnya. Tapi banyak artis yang gak belajar dari kesalahan rekan-rekannya.

Eza
Pesinetron Eza Gionino ditangkap karena narkoba

Kenapa artis suka kecanduan narkoba?

Banyaknya artis yang kecanduan narkoba baik artis dalam negeri maupun artis luar yang kecanduan narkoba bikin kita yang orang biasa ini kepo juga. Kenapa kok banyak dari mereka yang terjerumus pada barang haram ini? Berikut ini alasan yang bisa jadi penyebabnya :

1. Tekanan industri hiburan yang begitu keras

Dunia hiburan itu dunia yang penuh persaingan. Masing-masing artis harus bisa nampilin kondisi yang prima setiap saat dan gak boleh lelah sama sekali, meski tuntutan pekerjaan yang gak  berenti sampe dini hari membuat badan lemah, lunglai, loyo. Mereka harus lakuin apa aja agar bisa bertahan dalam industri ini dan dipake produser. Salah satu yang bikin mereka selalu fresh adalah halusinasi yang ditimbulkan narkoba atau obat-obatan yang mereka konsumsi.

2. Kehidupan yang penuh stress

Efek yang ditimbulkan dari mengkonsumsi narkoba bisa menurunkan tingkat stres yang dialami oleh artis-artis yang hidupnya dipenuhi dengan dinamika yang membuatnya tertekan. Harus selarasin keinginannya dengan keinginan produser, sutradara, manajer, agen dan fans atau publik. Dia harus selalu kelaiatan sempurna di layar maupun di depan publik. Dia gak boleh muncul dengan muka tanpa make up, kuyu dan tidak menarik karena setiap saat fans bisa minta tanda tangan dan foto bersama. Sebagai manusia biasa yang bisa sedih, galau dan ingin jadi diri sendiri, kehidupan ngartis bisa bikin stress dan tertekan dan pelariannya ke narkoba.

3. Gak punya privasi

Jadi artis itu berat. Populer, banyak duit dan dikenal oleh banyak orang bikin semua kehidupannya disorot publik. Bukan hanya karya-karyanya yang jadi ulasan media dan jadi bahan omongan publik tapi sampe kehidupan pribadinya jadi konsumsi orang banyak. Apa-apa aja dikomentarin, dijadiin berita, gosip murahan yang bikin telinga artisnya gerah. Akhirnya kembali lagi nyari pelampiasan gampangnya ya narkoba.

ilustrasi dari kaltim.tribunnews.com

4. Narkoba selalu tersedia

Selebriti doyan pesta-pesta dan senang-senang, narkoba mudah didapetin dari temen sesama artis ato orang yang pengen jadi temen artis saat pesta dan hang out bersama ini. Kadang-kadang narkoba dijadikan hadiah di dunia entertainment agar semua orang bisa ngerayain kesuksesan film ato sinetron dengan berpesta narkoba dan minum minuman keras. Mereka para artis punya duit yang cukup dan mampu beli narkoba semahal apapun. Mereka bingung duitnya mo diapain kali'. Sampe mendiang komedian Robin Williams bilang "kalo kamu udah ngedrugs artinya kamu udah kelebihan duit." Narkoba adalah bisnis ilegal yang untungnya besar dan dikendalikan oleh orang-orang bejat dan terkumpul dalam jaringan yang rapi. Mereka ini gak peduli dengan orang lain sepanjang dia dapat duit. (baca : 6 fakta pengedar narkoba yang perlu diketahui masayarakat).

5. Artis dikelilingi orang yang sedia melayaninya

Orang-orang yang ada di sekitar artis, seperti sopir, ajudan, manajer, make up artis, desainer, agen pasti berusaha agar kebutuhan artisnya terpenuhi. Makin populer dan makin laku artisnya akan pengaruh sama isi kocek mereka juga. Makanya mereka berusaha nyenengin hati artisnya. Jangan sampe artisnya kesel, termasuk nyediain narkoba buat artisnya.

6. Kurang matang dan suka bosan.

Banyak selebriti yang populer di usia muda, jadi belum matang buat ngadepin kenyataan jadi populer dan dipuja-puja, belum dewasa untuk memilah mana yang baik buat dirinya termasuk tak mampu menolak godaan orang yang nawarin narkoba. Ada juga yang umurnya udah banyak tapi jiwanya gak dewasa dan kekanak-kanakan serta manja. Mereka ini gampang bosan. Dan untuk ngisi waktunya agar gak mati karena bosan, jadinya nyoba-nyoba ngedrugs. Akhirnya jadi kecanduan dan gak bisa lepas dari narkoba.

7. Merasa sepi dan terisolasi 

Kurangnya privacy dan dikejar-kejar awak media bikin para artis jadi menarik diri dari keramaian. Mereka cenderung mengisolasi diri dan merasa sepi. Buat ngusir rasa sepinya mulailah mereka pake narkoba, yang bikin hatinya senang, membuatnya berhalusinasi dan berada di awang-awang, ngelupain semua masalahnya. Bahkan Jennifer Lawrence artis pemeran film Hunger Games bilang kalo kepopuleran itu bikin sepi (fame is lonely). Banyak artis yang ngerasa terpenjara dengan ketenarannya.

8. Karena pengen gaul

Para artis saling hang out dengan sesama selebritis. Banyak yang sudah make narkoba dan nawarin lagi ke artis lainnya, katanya biar gaul. Siapapun yang pengen masuk dalam lingkungan ini harus ngikutin gaya hidup mereka. Mereka ngerasa sah-sah aja ngedrugs toh semua orang melakukannya. George Clooney yang katanya aktor terseksi di Hollywood ngaku kalo dia kesepian, susah tidur dan make kokain meski dia benci banget (I am lonely, I can't sleep and I used cocaine - but I hated it)

9. Kehidupan yang sulit

Jadi artis itu ngasilin duit banyak, pesta-pesta gak pernah henti, jalan-jalan keliling dunia entah syuting ato sekedar liburan, ngadirin gala dinner dan jadi sorotan saat di atas karpet merah tapi gak punya teman sejati. Mereka tau banget kalo banyak yang deketin mereka dengan motif-motif tertentu. Pengen duitnya, numpang tenar, pengen ikutan naik mobil mewah, pengen pinjem duit, sampe si artis suka bingung siapa orang yang bisa dipercaya? (baca : ternyata jadi orang kaya itu gak enak). Kalo ada orang yang bisa dipercaya mereka itu jumlahnya seuprit dan kebanyakan keluarga dan temen deket yang udah dikenalnya lama sebelum terkenal. Karena frustrasi dengan hidup yang sulit begini para artis mulai nyari pelampiasan, salah satunya lewat narkoba yang dipikirnya sangat memahami dan paling bisa dipercaya.

10. Pekerjaan yang melelahkan jiwa dan raga

Dunia hiburan itu melelahkan. Sinetron yang kejar tayang, pembuatan film yang lama dan memakan waktu, belum lagi lokasi syuting ayng sering pindah-pindah, harus ngapalin banyak dialog, syuting sampe pagi, makan gak teratur bikin para artis akhirnya lelah jiwa dan raga. Untuk ngejaga keseimbangan hidupnya mereka ngerasa perlu buat senang-senang, menghibur diri dengan pesta narkoba, fly to the star, hidup di dunia khayalan tanpa ada gangguan dari dunia nyata.

Sebagai masyarakat awam kita pandai banget komentar dan ngejelek-jelekin para artis yang ketangkep karena narkoba. Kita ini ibarat penonton bola yang bisanya marah-marah dan komentar jelek sama pemain yang sibuk di lapangan, karena kita gak terlibat langsung dan gak paham situasi yang dihadapi pemain di lapangan. Begitu juga dengan artis yang terlibat narkoba. Memang sangat disayangkan kalo mereka jadi hamba barang haram ini di usia muda dan saat kariernya lagi bersinar, tapi gak fair juga kita menuduh mereka gak beres karena kita sendiri gak tau persis kondisi dan tekanan yang mereka alami. Kita gak pernah jadi artis dan gak tau gimana rasanya terkenal. Gak usah sibuk menilai kejelekan orang. Kita toh belum tentu lebih baik. Perbaiki diri aja dan jauhi narkoba dan hal-hal yang gak ada manfaatnya. Salam..


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}