Home » , » Kenapa Harus Belajar Ilmu Uang?

Kenapa Harus Belajar Ilmu Uang?

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 25 August 2015

Ilmu uang

Mungkin kalian pada heran... hah...??? Ilmu uang? Emang ada?
Yang ada kan paling Ilmu Fisika, Ilmu Biologi, Ilmu Bumi atau paling gak Ilmu Hitam alias santet, nah ini Ilmu uang???

Sebelum saya nulis lebih lanjut saya pengen nanya, berapa lama sih kalian belajar ilmu fisika, ilmu biologi, ilmu kimia, atau yang gampangnya IPA dan IPS?
Terus berapa jam sih kalian belajar tentang ilmu uang?


Coba mikir, gak semua orang pengen jadi ilmuwan atau ahli fisika, ahli kimia atau ahli sosial, tapi belajarnya bertaon-taon sampe mumet ngapalin rumus-rumus, jembatan kedelai, ngapalin sejarah kenapa si Gajahmada sampe bersumpah de es be...
Sementara semua orang pengen punya uang... semua suka sama uang kan???
Tapi kok belajarnya jarang-jarang ?
Aneh kan? Banget !

Apa ilmu uang penting?

Katakanlah ilmu Fisika sama ilmu Kimia itu penting, ya.. ilmu uang juga penting. Kalo nggak belajar gak heran setelah gede pada keteteran soal uang. Ada yang bilang ilmu uang itu gak penting tapi ngapain coba pergi pagi pulang sore, bersesak-sesak di jalan raya menuju tempat kerja / usaha kalo bukan nyari uang????
Artinya ya.. ilmu uang memang penting.

Kalo dapat nilai jeblok untuk ilmu fisika efeknya gak ngaruh bagi dompet kamu (kecuali kalo kamu guru fisika ato ilmuwan fisika yang bakalan susah kalo gak ngerti apa yang kamu ajarin ato kerjain).
Tapi kalo dapat nilai jeblok untuk ilmu uang, dijamin lo bakalan merana seumur-umur. Yang lebih parah kalo nilai ilmu agamapun jeblok wah bakalan menderita dunia akhirat.
Lagian yang ngakunya belajar ilmu uang ternyata cuma belajar ngitung uang orang lain (yang jago buat laporan keuangan pasti tau banget).
Gimana uang bisa tumbuh dan berkembang, gak pernah dipelajari. Setelah berkeluarga, nyicil rumah, mobil, tagihan numpuk sampe bikin encok baru deh nyadar pentingnya ilmu uang. Termasuk ilmu bisnis, investasi dan properti.

Emang sih segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik kecuali kelebihan amal dan kebanyakan uang, hehehe... Emang sih uang bukan segalanya. Tapi makan, minum, hidup nyaman, sehat lancar beribadah dan beramal semua itu perlu uang bukan?

Sebenernya mengelola uang itu gampang banget asal kita paham prinsip-pinsip dasarnya.
Ditambah konsisten dan telaten ngejalanin prinsip-prinsip itu.
Kalo sekedar paham sih keciiiiiil.... gampang!
Nah yang sulit itu konsisten sama telaten.
Itulah sebabnya kalo ahli keuangan ngoceh apapun juga, pasti ada yang nyeletuk, "Ah itu sih si Mbah saya juga tahu."

Biar si Mbah yang tua dan pikun tau tapi anehnya kok cucunya gak mau menjalankannya?
Maklum kadang nasihatnya sih terlalu sederhana kayak :
  • itung pengeluaranmu secara cermat.
  • pilih pengeluaran yang lebih hemat.
  • luangkan waktu buat milih investasi yang bener.
Mungkin itu semua kurang seksi buat diamati si cucu. Akhirnya cenderung diabaikan dan gak dipeduliin meski si Mbah udah tau sejak dulu kala. Banyak lo orang yang nyari trik-trik jitu plus njelimet dan berusaha keras mempraktekkannya, tapi kececer dalam hal-hal mendasar tentang keuangan. Maunya langsung ditunjukin investasi apa yang paling bagus tapi ogah belajar dari dasar.
  • gimana cara nyiapin dana buat investasi?
  • apa aja resikonya?
  • apa aja konsekuensinya?
  • apa aja alternatifnya?
Kalo semua ini gak pake ilmu itu kan ngawur namanya...

Perhatiin gambar di bawah ini


SAKU BAJU = CASHFLOW

Saku Cashflow ini ngegambarin arus kas.
Apaan tuh arus kas.
Aliran uang masuk dan aliran uang keluar.
Uang masuk itu bisa berupa penghasilan alias duit yang kamu hasilkan baik lewat gaji, upah atau hasil bisnis.
Uang keluar itu apa yang kamu belanjain, bayarin tagihan, atau duit yang kamu pake buat bayar pengeluaran. Simpel

Tangan Kanan = Sang Pekerja.
Tangan kanan ini yang bertanggung jawab buat kerja keras buat dapetin duit, entah dari gaji, upah atau bisnis. Kalo ni tangan kerjanya bener, kamu pasti bawa pulang duit buat ngisi saku cashflow tadi.

Harus berusaha cari cara gimana nih tangan kanan bisa bawa pulang duit lebih banyak. Ya ikut pelatihan bisnis, langsung action, terjun jadi praktisi, investasi di tempat yang menguntungkan  dll.

Tangan Kiri = Tukang Bayar
Tangan kiri kebalikan dari tangan kanan. Tanggung jawabnya ngatur uang keluar dari saku kamu tuk bayar semua pengeluaran. Biasanya sih tangan kiri itu suka "ngiri", sama siapa? Ya, sama tangan kanan.

Kalo tangan kanan kerja keras masukin duit 100 ke saku cashflow maka tangan kanan juga bakalan dengan sennag hati ngeluarin duit 100 keluar dari saku cahsflow.
Nah yang ajdi masalah terkadang yang namanya orang ngiri itu selalu pengen lebih dari sumber yang diirikannya. Makanya kalo tangan kanan sibuk kerja keras masukin duit 100 ke saku cashflow yang suka ngiri ini kerja lebih keras lagi buat ngeluarin 120. Walah... tekor dong!

Terus dari mana si tangan kiri dapetin duit sisanya, wong di saku cahsflow cuma ada 100 kan?
Nah, karena duit di saku cashflow gak cukup maka tangan kiri bakalan merogoh saku terdekat darinya yaitu saku utang. Digeseklah kartu kredit, cicilan dengan bunga 0%, pinjam sana sini, kredit di bank. Yah begitulah kira-kira prakteknya.

Yang bahaya kalo tangan kiri ngiri sama tangan kanan orang lain yang penghasilannya lebih gede. Bisa nyuri ato korupsi, waduh !


SAKU CELANA KANAN = HARTA

Harta itu apa yang berhasil kamu kumpulin dan jadi aset kamu.
Demi masa depan kamu harus ngambil ancang-ancang dari sekarang, saat muda dan kuat agar nanti kalo udah tua dan loyo, encok pula gak perlu kerja keras lagi buat nyari duit, tapi cukup ngambil duit dari saku harta. Tepatnya harta yang bisa ngasih penghasilan yang gak ngaruh sama usia, kondisi fisik, maupun kesehatan.

Jangan sekali-kali ngejual harta demi bayarin utang. Ini pantangan finansial. Ntar bakalan begitu terus kaya' lingkaran setan (kasian setan selalu dijadikan kam bing item ya.?)

Bicara soal saku kanan artinya kita bicara soal harta / aset. Harta itu ada 2 :
  • Harta otot. Harta yang fungsinya buat menopang keuangan kita. Makin banyak otot dalam tubuh kan makin kuat juga kan? Contohnya : kos-kosan 5 kamar. Tiap kamar disewain 500 ribu sebulan, artinya ada harta otot yang masuk 2,5 juta per bulan. Ini nambah kekuatan keuangan kamu kan?
  • Harta lemak. Harta yang jadi beban keuangan kita. Makin banyak lemak yang kita miliki makin berat beban yang dipikul oleh tubuh kita. Contoh : mobil. Mobil tiap hari kita pake dan ngabisin BBM 1 juta/ bulan, plus parkir dan tol 300 / bulan belum lagi biaya servis 700 ribu / 3 bulan, pajak 4 juta /tahun. Makin banyak mobil makin  banyak duit yang harus dikeluarin. Motor ? Sama aja.
Meski jadi beban bukan berarti gak boleh punya harta lemak sama sekali. Sama aja dengan tubuh kita. Kalo gak ada lemaknya kan gak seksi, kurus kerempeng kan gak cool. Harta lemak diperlukan tapi gak usah terlalu banyak. Kalo bisa 65 % aset otot, hanya 35 % saja aset lemak.

SAKU CELANA KIRI = UTANG


Hati-hati dengan saku utang ini.
Utang boleh nambah kalo itu buat beli harta, yang produktif tentunya.
Saku kiri beneran boleh nambah buat ngisi saku kanan, bukan buat ngesubsidi kantong cashflow.
Kalo soal ngutang lakuin dengan bijaksana lah....

Yang nentuin kesuksesan finansial seseorang adalah bukan seberapa besar hasil kerja keras tangan kanan. Tapi seberapa besar isi saku celanan kanan kita. Karena tangan kanan punya batasan yang namanya pensiun. Sementara saku kanan bakalan terus bekerja, meski tangan kanan udah capek.

Salam...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}