Home » » Tips Gimana Berurusan dengan Orang Kasar.

Tips Gimana Berurusan dengan Orang Kasar.

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 12 August 2015

Tiap hari kita gaul dengan banyak orang. Kalo sebelumnya kita bahas mitos tentang orang kalem, sekarang admin mau bahas gimana berurusan dengan orang kasar. Mungkin kamu paham banget kalo berurusan dengan orang kasar yang suka seenaknya dan gak mikirin perasaan orang itu nyebelin banget. Salah-salah bisa adu jotos ato tarik-tarikan rambut. Belum lagi saling berbalas pantun eh.. makian yang bisa bikin tambah rame.


Tapi gimana dong. Yang namanya hidup di negara bebas setiap orang bebas ngelakuin apa aja, termasuk ngasarin orang. Sekarang gimana caranya berurusan dengan mereka ini?

Tips gimana berurusan dengan orang yang kasar

1. Tahan emosimu

Kalo kamu nemu orang yang kasar, langkah pertama tahan emosimu, biarin aja dia dengan mulut kotornya sampe capek sendiri. Dia nunggu kamu ladenin omongannya, tapi kamu malah diam seribu basa, bukan karena takut tapi kamu ngerasa gak penting buat ngeladenin orang yang kasar. Dia bakalan diam sendiri dan nyelonong pergi kalo kamu gratisin.

Emang gak gampang menurunkan otak yang panas mendidih karena amarah. Tapi pikir ngapaian ngeladenin orang marah, kasar pake bentak-bentak lagi? Ngabis-ngabisin energi. Kalo kamu terpancing artinya kamu gak ada bedanya sama si Kasar dong?

2. Jangan diambil hati

Apa yang diomongin oleh si Kasar itu gak ada hubungannya dengan kamu. Kalo dia ngata-ngatain kamu yang kamu tau gak bener itu malah nunjukin siapa dia sebenarnya, ketimbang mau nunjukin ke orang lain siapa kamu. Kamu tau kalo kamu lebih baik, kamu gak seperti yang diomongin. Kamu gak perlu ngejelasin ke dia kalo kamu gak seperti yang dia omongin, karena sebenernya dia tau kok. Dia cuma ingin buka perang dengan kamu karena alasan tertentu.

Kadang seseorang kasar sama kamu alasannya bukan seperti apa yang diomongin di depan semua orang waktu ngatain kamu, tapi ada alasan lain yang cuma si Kasar yang tau. Bisa saja dia iri, dia gak suka kamu diperhatiin ketimbang dirinya dan banyak alasan lainnya.

3. Lawan (bela diri)

Kamu boleh melawan atau istilahnya membela diri kalo kamu anggap si Kasar sudah kelewat batas dan mulai menyerangmu, dimana kamu gak punya pilihan lain selain membela diri. Kalo bisa melumpuhkan dia tanpa menyakiti fisiknya, itu lebih baik. Tapi kalo tidak, dan harus ada yang terluka itu resiko yang harus kamu tempuh demi pertahanin harga diri.

Sebenarnya harga diri kamu gak ada hubungannya dengan kata-kata orang itu. Tapi jika seseorang menyerang kamu, sikap terbaik adalah melawan untuk membela diri, bukan untuk nyakitin dia balik.

4. Jangan ngarep dia bakalan berubah

Kasar itu sama dengan kalem adalah karakter bawaan, jangan ngarep dia bakalan berubah besok atau lusa. Orang kasar justru merasa aneh kalo gak kasar, karena udah biasa baginya ngasarin orang. Lewat sikapnya itu dia ngerasa lebih dari orang lain. Lewat intimidasinya dia ngerasa hebat karena bisa ngalahin dan buat orang lain takut ama dia. Dia seneng kalo ditakuti.

5. Pahami kondisinya

Orang kasar itu orang yang patut dikasihani. Gimana tidak? Dia ngerasa perlu ngasarin orang buat ningkatin percaya dirinya. Kasian banget kan? Kalo orang normal sih cukup berbuat baik, minimal senyum dan hargain orang lain buat dapetin respek mereka. Orang kasar malah harus ngabis-ngabisin energinya buat marah-marah, mojokin dan ngata-ngatain orang, yang notabene ningkatin tekanan jantung dan bisa koit, bisa fatal kalo tuh jantung tiba-tiba ngambek karena terlalu diporsir. Serangan jantung banyak dialami oleh mereka yang gak bisa nahan emosi dan amarahnya.

6. Gunakan respon yang baik

Kalo seseorang ngata-ngatain dan ngasarin kamu, coba respon dia dengan senyuman dan gunakan kata-kata yang baik dan memotivasi buat ngebalesnya. Dia pasti kamu buat bengong. Ni orang gue kasarin kok gak marah dan dibales dengan lembut. Biarin aja di ngeluarin semua sumpah serapah kalo perlu sekebun binatang keluar semua. Kamu tinggal ngebales seperlunya dengan kata-kata yang baik dan semua isi kebun binatangnya kamu kandangin kembali.

Memang perlu latihan buat ngebales kekasaran dengan kata-kata yang baik. Tapi percaya deh, orang kasar bakalan bengong dan brenti ngasarin kamu kalo ngeliat kamu gak takut, malah membales dengan kata-kata yang baik. Kayak gini, " Aku tahu kamu marah, kesal dan mungkin terluka dengan sikapku, aku minta maaf (meski kamu tau gak salah) kalo itu bikin kamu ngerasa terpojok. Sumpah aku gak bermaksud gitu, sekarang apa yang bisa aku lakukan supaya kamu ngerasa nyaman kembali. Aku bukan musuh kamu kok." Dijamin, dia bakalan terngaga dan terbengong-bengong liat reaksi kamu.

7. Pahami kenapa dia kasar
  • Orang kasar karena gak diajarin sopan santun. Banyak orang yang dari kecilnya emang gak pernah diajarin sopan santun. Di rumahnya dia udah sering denger orang becanda sambil ngata-ngatain dengan kata kasar. Ada lho keluarga yang kayak gini. Dia becandaian kasar ke orang lain tanpa merasa berdosa, sama seperti dalam keluarganya. 
  • Dia sudah dikasarin sejak kecil. Mungkin dai tumbuh dalam keluarga yang keras. Bapak ibunya ngedidik dia dengan keras, disertai hukuman fisik kalo gak patuh, serta makian kalo gak nurut. Akhirnya begitu gede dia juga pengen ngelakuin hal yang sama ke orang, ke bawahannya, ke temen yang gak cocok di hatinya.
  • Dia produk keluarga bermasalah. Orang tuanya bercerai dan dia dibully oleh orangtua tiri dan saudara tirinya, Ini bakalan membekas dalam hatinya bikin dia jadi pribadi yang kasar.
  • Dia gak nyadar kalo dia kasar. Ada lho orang yang gak nyadar kalo omongannya kasar dan suka nyakitin orang. Dia ngerasa baik-baik aja. 
  • Dia gak ingin diinjak-injak. Ada orang yang terlalu defensif, membela diri sebelum diserang. Dia ngatain orang dulu sebelum diduluin. Dia mukul dulu sebelum dipukul. Hanya merasa suapaya orang lain gak nginjak dia.
  • Kasar karena pengen dihargai. Ini orang yang gak percaya diri, sehingga perlu ngasarin orang biar orang lain respek sama dia. Kesian banget.
Kalo kamu tau alasannya kenapa dia kasar, kamu bisa memahami dan gak menjudge atau menuduh dia emang terlahir buat ngasarin orang.

8. Deketin dan tolong dia

Orang kasar itu orang sakit jiwanya dan perlu ditolong buat ngatasin penyakitnya. Emang karakter gak bisa diubah tapi minimal bisa dikurangi dampaknya. Coba cari saran ahlia tau psikiater gimana caranya ngontrol amarahnya. Mungkin ikut sesi konseling, terapi, bahkan minum obat.

Itulah 8 tips gimana ngadepin orang yang ngasarin kita. Semoga dapat pencerahan gimana berurusan dengan mereka. Orang kasar gak harus dijauhin tapi harus dideketin untuk diberitahu bahwa dia sakit dan butuh bantuan. Tapi gak semua orang kasar terima dikataian sakit bukan? Entar dikira gila, padahal orang yang suka marah dan gak bisa ngendaliin emosinya itu bisa gila juga nantinya. Kok bisa? Lha iya.. dia pengen apa yang ada di dunia ini seperti keinginannya. Kalo gak, dia bakalan marah. Dunia ini dan orang lain itu gak bisa kita atur. Di luar kontrol kita. Jadi mending mikirin dan perbaiki diri..!! Salam..


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}