Home » » Ngapain Bank Repot-repot Nyediain ATM?

Ngapain Bank Repot-repot Nyediain ATM?

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 4 August 2015

Bagi kamu yang punya tabungan di Bank pasti sudah gak asing lagi dong dengan kartu ajaib yang bisa ngeluarin duit namanya kartu ATM. Hampir semua bank-bank komersil bahkan yang syariah berlomba-lomba nyediain fasilitas yang namanya ATM bagi nasabahnya. Malah salah satu bank pemerintah jor-joran mau jadi bank dengan jumlah ATM terbanyak, sehingga makin mudah kita buat narik duit karena mesinnya banyak dan tersebar di mana-mana.

ATM

Apa keuntungan bank dengan nyediain ATM buat nasabahnya?

#1. Mengurangi antrian buat narik di cabang.
Kalo semua orang musti datang ke bank pada waktu yang sama hanya buat nyetor dan narik duitnya bisa dipastiin kalo tuh kantor bank bakalan padat dan orang jejel-jejelan kayak ikan sarden dalam kaleng. Sekarang ini bank kan udah punya aturan kalo narik di teller di bawah 5 juta dikenain biaya administrasi. Ya supaya orang yang khilaf kembali ke jalan yang bener, ya narik duit lewat ATM yang tersebar di mana-mana.

# 2. Biaya buat bangun kantor dan fasilitas diminimalisir
Bayangin kalo semua manusia yang punya urusan dengan bank termasuk yang pengen narik duit receh (selembar 50 ribuan maksudnya) pada tumplek blek di kantor bank, pasti bank dan petugasnya puyeng. Mereka pasti mikirin buat cabang baru, nambah pegawai ato keluar ongkos buat besarin gedung supaya semua nasabah yang baik hati dan rajin menabung ini nyaman bertransaksi dan gak nutup rekening. Dibuatlah sebuah mesin pinter yang namanya ATM yang bisa ngelayanin kebutuhan nasabah seperti halnya teller. Jadi bisa narik, bayar tagihan, beli pulsa dengan catatan saldonya gak kosong ya...ATMnya pinter-pinter dan sopan lho..!! Dia bakalan nulis di layar, "maaf saldo anda gak mencukupi." (tau aja dia...kalo lo tu kere yang sok tajir).

# 3. Bisa menarik nasabah
Coba kalo kamu dikasi pilihan buat nabung di bank yang ada fasilitas ATMnya sam yang gak. Pasti kamu bakalanmilih yang ada ATMnya kan. Karena itu bisa lebih mudahin kamu buat narik duit kapanpun dan dimanapun berada. Bahkan di hari libur saat bank tutup kalo bokek kamu cepet bisa lari ke ATM terdekat.

# 4. Buat daerah yang penduduknya kurang gak perlu buat cabang baru
Kan buang-buang duit kalo buat cabang di tempat yang penduduknya kurang. Cukup mesin ATM aja yang mewakili kehadiran mereka.

# 5. Maintenancenya lebih mudah
Ngerawat mesin jauh lebih mudah ketimbang melihara kantor sama manusianya sekalian. Ongkos perawatannya tau gak dibebanin ke konsumen lho. Lha biaya administrasi kalo punya kartu ATM dibebankan bank ke rekening kita setiap bulannya lho. Ada yang 7000 ada yang 10.000 bahkan ada yang 15.000 / orang / bulan.

Itulah 5 keuntungan bank yang nyediain fasilitas ATM buat nasabahnya. Jangan lupa hati-hati bertransaksi via ATM. Cari lokasi ATM yang ada di tempat aman, banyak orang ato ada satpamnya. Perhatiin apa mesinnya keliatan aneh. Kalo mesinnya lebih menyerupai mesin jahit dijamin kalo anda salah masuk, masuknya pasti ke penjahit. Jangan sembarangan nekan tombol, karena kalo tombolnya kegedean waspadalah mungkin itu tombol kalkulator. Kalo terjadi masalah hubungi call center bank yang bener. Jangan sekali-kali narik duit yang bukan milik anda dan masukin kartu yang bener bukan kartu tanda penduduk atau kartu perpustakaan apalagi hehehe....


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}