Home » , » Haruskah Gue Brenti Kuliah?

Haruskah Gue Brenti Kuliah?

Posted by Catatan Ngocol on Thursday 6 August 2015

Mungkin banyak yang lagi galau dan seolah berada di persimpangan jalan. Haruskah lanjut kuliah ato brenti di tengah jalan. Dilanjutin kok bosen, ditinggal kok sayang. Gimana ya baiknya?


A) Alasan lo kuliah apa?

  • Apa memang pengen nyari ilmu yang cuma ada di kampus itu?
  • Apa sekedar ikut-ikutan, ya... karena semua orang habis SMA kan kuliah.
  • Nyenengin ortu. Ortu kan bangga tuh kalo anaknya lulus di universitas ternama dan lulus dengan gelar sarjana.
  • Buat ngisi waktu doang. Ketimbang luntang lantung gak jelas.
  • Biar bisa dapet ijazahh buat nyari kerja
  • Nyari kecengan lah... siapa tau ada yang jadi jodoh nantinya
Sebagian besar yang kuliah itu jarang banget motivasinya buat nyari ilmu. Paling mikir, ilmu apa sih yang didapet di bangku kuliah? Ilmu yang bersifat umum dan gak ada koneknya ama dunia kerja nantinya. Kalo alasan lo kuliah udah gak jelas pasti lo bakalan galau di tengah-tengah. Bosen dan gak menikmati. Bukannya antipati dengan kuliah ya.. tapi intinya kuliah tuh harus jelas alasannya dan jelas tujuannya. Misalnya pengen jadi dokter, apoteker, peneliti yang memang harus kuliah buat dapet ilmunya. Itu juga harus sungguh-sungguh, ngejalaninnya, kalo nggak bisa DO 3 semester dan say good bye sama cita-cita.

B) Apa lo suka sama pelajarannya / materi kuliah?

  • Apa pelajarannya bikin lo tertarik dan tertantang buat dalamin lebih lanjut ?
  • Apa Lo bosen dengan cara ngajar dosennya yang gak mutu, belom lagi pelajarannya yang cuma sekedar ngikutin kurikulum yang suka gonta ganti sesering ganti menteri?
  • Apa Lo ngerasa tertekan berada dalam kelas karena lo gak tertarik sama pelajarannya sama sekali. Lo gak paham dan gak kepengen tau lebih jauh. Lo ngerasa terpaksa ngikutin kuliah daripada ntar gak lulus dan harus remedial
  • Apa Lo ngerasa gak belajar apa-apa,cuma datang terkantuk-kantuk di kampus?
  • Ngelakuin sesuatu yang gak nyenengin itu gak enak. Bayangin aja lo harus berkutat dengan materi pelajaran yang nyebelin selama paling kurang 4 tahun, belom lagi dosennya yang gak tau gimana caranya transfer ilmu. Kalo lo senang dengan materinya itu bagus dan lo bisa terus menikmati pelajaran dan menggali lebih banyak. Lo seneng dan ngerasa ketemu dengan yang lo cari, lanjut aja!

C) Mubazir gak duit kuliah lo ?

Kuliah itu gak gratis. Harus bayar duit kuliah, beli buku, kos, biaya hidup. Sekarang lo mikir duit kuliah ang dikasi bokap nyokap berguna gak? Atau mubazir, orang lo ke kampus cuma buat main, bukan buat belajar. Kalo lo ngerasa kuliah itu ngebosenin mending brenti aja, daripada uang kuliah jadi mubazir. Setiap sen duit ortu itu didapat dengan perjuangan yang tujuannya agar lo bisa jadi manusia yang berilmu dan berguna. Lo harus manfaatin kesempatan ini dengan baik. Di luar sana banyak orang yang kepengen kuliah tapi gak punya biaya.
Tapi kalo lo ngerasa kuliah bukan jalan lo...ngapain bayar sesuatu yang lo gak suka?


D) Apa kalo gue brenti kuliah hidup gue merana?

Lo tanya ama diri sendiri, apa kuliah itu emang kebutuhan lo. Emang lo perlu ilmunya dan pengen jadi berguna dengan ilmu itu, pengen bikin perubahan dengan ilmu lo, ngerasa punya tanggung jawab sebagai orang berilmu buat praktekin ilmunya untuk orang banyak. Lo pikir harus nyelesein kuliah agar ilmu lo sempurna.
Tapi bagi yang ngerasa kuliah bukan jalannya, begitu mutusin tuk brenti apa trus hidup lo jadi merana? Saya kira gak juga. Lo pikir baek-baek apa yang bakalan lo lakuin buat ngisi waktu dan masa muda lo. Kalo kemudian lo jadi pengangguran yang cuma jadi beban ortu, jadi sampah masyarakat itu gak bagus. Lo harus ngejar apa yang jadi passion lo. Apa yang lo suka, tapi harus serius dan jangan bikin susah ortu. Setidaknya lo ngerjain sesuatu yang positif buat masa depan lo. Banyak orang sukses yang drop out kuliah, kayak bos Facebook Mark Zuckerberg. Mark brenti kuliah buat ngejar passionnya bikin aplikasi yang mudahin urusan orang lain yang nganterin doi jadi milyuner.


E) Kuliah secara umum gak ngajarin keterampilan yang penting buat survive

Kuliah secara umum gak ngajarin keterampilan yang perlu buat sukses di luar kampus seperti, kreativitas, keterampilan menjual, kemampuan negoisasi, jiwa kepemimpinan, gimana berurusan dengan kegagalan. Daripada buang-buang waktu aja 5 tahun tanpa dapetin sesuatu kan mubazir. Bagi yang ngerasa kuliah emang penting, silakan lanjut aja. Kembali lagi ke tujuan lo kuliah.


F) Coba bisnis

Bagi yang pengen ngerasain mandiri, coba brenti kuliah trus coba bisnis, gagal gak papa, yang penting lo sudah mencoba. Daripada nyesakin dunia kerja dengan jadi PNS yang peminatnya bejubel, mending coba sesuatu yang jauh lebih menantang seperti jualan, dagang atau bisnis kecil-kecilan. Gak perlu malu. Bisnis itu bisa ngajarin lo banyak hal. Lo bisa menggerakkan ekonomi ketimbang membebani ekonomi negara dengan jadi PNS. Sebenernya PNS itu tujuannya bagus, pelayan masyarakat, tapi gak semenantang terjun ke dunia bisnis.


G) Kampus ngajarin bersosialisasi

Buat lo yang suka bersosialisasi, kampus adalah tempat mencari pengalaman yang baik. Lo bisa belajar berorganisasi, mengelola sebuah kegiatan, nyari dana buat ngebiayain kegiatan lo. Tapi kalo tujuan lo kuliah hanya buat seneng-seneng di organisasi kemahasiswaan, ya... salah juga. Organisasi hanya kerjaan sampingan, kerjaan utamanya belajar. Kalo lo lebih banyak di senat atau di sekretariat organisasi lo ketimbang dalam kelas, lo perlu pertimbangin lagi. Banyak loh yang keteteran kuliahnya sampe harus didepak dari kampus tanpa gelar karena keasyikan jadi pengurus organisasi kemahasiswaan tapi lupa ikut kelas dan sering amnesia kalo ujian.

Well... brenti ato lanjut kuliah itu terserah lo. Yang nentuin masa depan lo ya lo sendiri. Sukses itu gak ditentuin kita punya gelar sarjana ato tidak. Tapi dari kemauan lo buat ngejar impian, konsisten dengan cita-cita lo dan ngelakuin langkah-langkah nyata tuk menggapainya. Salam sukses...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}