Home » , » Kenapa Orang terobsesi Dengan Seleb?

Kenapa Orang terobsesi Dengan Seleb?

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 18 November 2015

Hampir semua stasiun TV nongolin sinetron yang dibintangi seleb terkenal plus acara infotainment yang bikin riuh dengan gosip-gosip seputar gaya kehidupan para seleb. Si A lagi cerai sama si B. Si Anu lagi berperkara di pengadilan. Si C jadi isteri kedua pejabat Fulan. Belum lagi yang terlibat prostitusi selebriti. Kok ada seleb yang mau jual diri ya? 

Isyana

Belum lagi kalo mereka nongol di jalan dan keliatan depan batang idung kita. Langsung deh semua berhamburan keluar, jadi kampungan, histeris teriak-teriakin nama si seleb (kenapa cewek-cewek histeris kalo liat idolanya?) . Kalo beruntung berada deket mereka udah pasti deh minta salaman, minta tanda tangan, minta cium ato minta foto bareng buat dipamerin di medsos. 

Bagi yang maniak TV pasti apal luar kepala berita terhangat tentang seleb, karena hampir semua stasiun TV nyiarin cerita yang sama. Kok kita ini pada terobsesi dengan seleb ya? Mereka ini kan manusia biasa aja kayak kita-kita? Kok kayaknya semua tentang mereka jadi menarik? Kenapa kita semua super kepo dengan urusan mereka?


Ini kira-kira alasan kenapa kita terobsesi dengan selebriti

(1) Seleb ukuran kesempurnaan
  • Kita nyari seseorang buat jadi panutan, pribadi yang dalam hati pengen banget kita punya. Ngeliat seleb yang cantik, langsing, bodi aduhai, dipuja-puji, belum lagi duitnya banyak bikin kita ngiler. Liat seleb gagah, tampan, bodi oke, bikin kita jatuh hati. Pengen seperti dia. Itu sebabnya hal-hal tentang seleb jadi menarik di mata kita. Dia pake baju apa, modelnya gimana, tata rambutnya jadi trend, make up nya, belum lagi gaya hidup yang glamour. Kita pengen niru mereka karena mereka adalah ukuran kesempurnaan di mata kita.

(2) Pengen lari dari kenyataan
  • Apa yang kita liat dalam cerita sinetron itu seolah-olah nyata dan bukan rekaan. Kita jadi terhanyut, ngayal dan ngelamun di siang bolong, seolah masuk dalam cerita itu dan bergaul beneran dengan para pemerannya. Terobsesi dengan cerita dan pengen tau kesudahannya. Seolah itu adalah cerita hidup kita. Akhirnya kita juga jadi terobsesi dengan para pemerannya dan ngerasa punya ikatan batin dengan mereka.

(3) Enak diliat
  • Udah jadi rahasia umum kalo kita seneng liat yang cantik, ganteng, menawan, sexy, imut, lucu, nyeleneh, aneh, di luar ukuran normal. Nah para seleb ini memenuhi kriteria itu. Si Ucok Baba yang gak kece dan jauh dari gagah tapi tampilannya yang di luar normal bikin dia masuk kategori menarik buat diliat.

(4) Cerita tentang hidup orang lain itu menarik.
  • Mereka selalu aja bikin berita dan menuai sensasi. Media hampir tiap hari nyuguhin cerita-cerita seputar mereka, apa aja diberiitain, sampe kucingnya seleb A lagi sakit, dan anaknya seleb B kena cacingan juga diberitain. Dan anehnya kita mau aja ngelahap dan ngebahas apa aja yang diberitain media.
  • Karena cerita tentang hidup orang lain itu menarik. Apalagi ini seleb yang semua orang pasti kenal. Kita gak perlu tau apa karya fenomenal dari bintang dangdut Nasar, karena yang menarik adalah cerita seputar perceraiannya dengan janda kaya Musdalifah. Kita pengen tau gimana perasaan Nasar setelah dicerai janda kayanya???

(5) Gampang dapat beritanya
  • Nyari info tentang seleb tertentu sekarang ini gampang banget. Cukup google aja maka info tentang mereka tersaji dengan rapi plus gosi-gosip yang ada di sekitar hidup mereka. Otomatis bagi mereka yang gandrung dengan seleb tertentu pasti dengan mudah tau seperti apa hidup seleb idolanya. Semakin banyak info yang mereka tau tentang idolanya semakin terasa dekat dengan mereka dan akhirnya jadi terobsesi.
  • Belom lagi sering liat mukanya di TV, iklan, Bioskop, spanduk, selebaran, baliho, akhirnya tau-tau seleb udah jadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup kita.
Itulah 5 alasan kenapa kita orang biasa doyan banget sampe terobsesi dengan seleb yang sering nongol di depan muka kita. Ato kalo mo disimpulkan ya... kita emang dibodo-bodoi media dan para seleb itu. Mereka ibaratnya barang yang berusaha dijual lewat media agar kita para fans tetap setia jadi pembeli. Entah itu nonton sinetron ato filmnya, beli barang yang diiklankannya, bergaya niru-niru dia dan beli barang seperti yang dipakenya. Yang lo pasti tau kalo semua itu ngalirin duit dari kocek kita ke kocek para seleb, produser dan orang-orang yang bergerak di bidan entertainment. Wow...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}