Home » , » Gimana Ngenali Tanda-Tanda Orang Munafik di Sekitar Kita ?

Gimana Ngenali Tanda-Tanda Orang Munafik di Sekitar Kita ?

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 18 November 2015

Orang Munafik itu ada di mana-mana.

Kadang lo gak nyangka ada teman yang menikam kamu dari belakang, mengambil keuntungan dalam kemalangan yang menimpamu. Mereka ini para manusia-manusia munafik yang memiliki kemampuan memanipulasi alias menipu orang lain demi mencapai tujuannya.

munafik


Mereka bisa aja berada di sekitar kamu, bersembunyi dalam pakaian mentereng, posisi yang bagus, karier yang cemerlang, punya senyum dan kata-kata semanis madu. Kalau di sekolah atau kampus bisa saja dia muncul sebagai pribadi menawan dan disukai oleh siapapun. Tapi ternyata dia penebar racun berbahaya.

Kerjaan Orang munafik itu ada 4

  1. Mereka tau gimana ngedapetin kelemahanmu.
  2. Sekali nemu mereka gunain kelemahan itu buat ngejatuhin kamu.
  3. Mereka bisa dengan sukses ngebujuk kamu buat nyerahin sebagian dari diri kamu buat ngelayani kepentingannya (bahkan tanpa kamu sadari).
  4. Sekali mereka sukses manfaatin kamu, maka mereka dengan senang hati akan ngulangi hal yang sama terhadap kamu. 


Gimana cara ngenali tanda-tanda mereka?

Bukan hal yang sulit buat ngenali mereka kok, karena dari kelakuannya terhadap kamu ketauan banget kalo itu mereka.

# 1. Membuatmu merasa bersalah.
  • Kalo ada orang yang terus menenrus buatmu merasa bersalah apalagi atas hal-hal yang tak kamu lakukan dan juga tidak melibatkan kamu, pasti dia adalah orang munafik. Dia pengen nimpahin kesalahannya ke kamu, sehingga kamu merasa bersalah dan tak enak hati.
  • Dia bikin kamu merasa gak enak hati atas nilai-nilai  prinsip yang kamu anut yang kebetulan aja bertentangan dengan apa 

# 2. Penuh pernyataan yang bersifat prasangka
  • Dia bakalan ngebelokin apapun yang kamu anggap bener dan udah sesuai menjadi apa yang mereka inginin dan apa yang mereka anggap bener. Kamu seperti kerbau yang dcocok hidungnya dan seolah gak sadar ngelakuin apa yang mereka minta.
  • Kamu pun mulai pertanyaian komitmenmu terhadap diri sendiri yang kamu anggap bener.
  • Mereka ingin menjadi temenmu selama kamu nurut, kalo gak kamu bakalan di prasangkakan macam-macam oleh mereka. Sehingga seolah-olah kamu yang buruk di sini dan mereka yang bener.

# 3. Catut nama orang
  • Dia gak segan-segan buat nyatut nama pimpinan pada siapapun agar urusannya cepat kelar. Kebohongan dan permainan kata adalah keahliannya. Seperti kasus Ketua DPR Setya Novanto yang mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla untuk meminta saham PT Freeport yang akhirnya bocor di tengah masyarakat.

# 4. Gak segan memfitnah dan mengadu domba
  • Orang munafik akan ngelakuin apa aja agar tujuannya tercapai. Kalo perlu memfitnah dan mengadu domba itu akan dilakukannya demi sebuah tujuan yang ingin diraihnya. Jika korban berjatuhan dianggap sebagai resiko yang harus diambil.

# 5. Memposisikan diri sebagai korban.
  • Salah satu lagi ciri orang munafik, mereka suka memposisikan dirinya sebagai korban yang patut dikasihani. Dia pengen dapetin empati kamu. Dan kalo dia udah berhasil ngedapatin simpati dan belas kasihan kamu maka dia akan gunakan itu untuk menyerang dan menjatuhkanmu, tentu saja dengan cara memanfaatkan rasa kasian dan niat baik kamu buat nolongin dia.

Sebenarnya semua orang punya potensi buat menjadi manipulatif alias bersikap munafik. Tapi mereka yang tergolong orang bermuka dua / munafik menjadikan ini sebagai sebuah kebiasaan, bagian dari karakternya. Mereka gak punya keinginan untuk berubah karena menjadi munafik itu menguntungkan mereka. Jadi semacam penyakit mental juga..

Kamu udah tau kan gimana ngenali para musang berbulu domba ini. Hati-hati aja kalo deket-deket mereka. Karena mereka gak pandang bulu dan gak tebang pilih. Siapa aja yang ngalangi tujuannya bakalan disikat. Siapa aja yang bisa dimanfaatin buat ngeraih tujuannya bakalan diperalat. 


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}