Home » , » Gimana Sih Psikopat Memandang Dunia?

Gimana Sih Psikopat Memandang Dunia?

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 17 November 2015

Tau psikopat kan?

Kalo nonton film bunuh-bunuhan dan tembak-tembakan, penjahatnya itu kemungkinan psikopat. Artinya dia nembak, ngebunuh, nyakitin, nyiksa dan malah perkosa orang itu biasa aja buat dia. Dia gak ngerasa salah kok! Masyarakat dan polisi aja yang kelewat kepo (begitu mungkin pikirannya).


psikopat


Gimana sih psikopat memandang dunia?

Pastinya beda! Tapi bedanya segimana sih? Apa mereka ini gila? Harusnya kan dikurung ya? (ayam kali'...). Yuk kita intip..!!

# 1. Instingnya beda
  • Kalo kita yang normal, secara insting tahu mana yang baik dan mana yang buruk, sementara orang yang psikopat milih tindakan yang sesuai instingnya dan gak peduli kalo itu ngerugikan orang ato tidak, apakah sesuatu itu benar atau tidak.
  • Persis kayak kucing yang kelaparan dan nyuri ikan asin, gak pernah paham kalo mencuri gak boleh. Pokoknya perutnya lapar dan ada ikan asin yang nampak menggoda di ujung sana. Kalo persoalan yang empunya marah lha itu urusan dia..!! Begitu kira-kira.
  • Mereka ini bukannya gak diajar dan pelajaran itu gak masuk di otak, tapi emang kategori baik dan buruk dalam pikirannya tuh beda ama kita.

# 2. Gak punya rasa cinta
  • Mereka bisa punya pacar ato pasangan tapi gak pernah ada perasaan cinta di hatinya. Lho.. trus gimana dia bisa jadian, wong gak cinta? Mereka ini orang yang cerdas. Bisa niruin orang, ngeliat gimana harusnya bilang I love you tanpa perlu ngerasain perasaan itu sendiri.
  • Kalo mereka punya pasangan dianggapnya tuh kayak barang miliknya. Yang memang bakalan dijaga tapi gak sedih juga kalo hilang / mati. Kayak kamu kalo punya hewan peliharaan, kalo mati kamu pasti sedih dong? Si psikopat gak gitu. Kalo perliharaannya mati, dia cuek aja. Karena dengan mudah bakalan dapet ganti.

# 3. Tingkat kesenangannya dipicu hal yang beda
  • Orang normal umumnya seneng kalo dikasi hadiah, seneng kalo dicium pertama kali sama pacar, seneng kalo ada yang perhatiin. Psikopat justru beda. Dia selalu ngerasa hidupnya tuh kosong dan hampa. Nanti dia bakalan senang kalo dipicu oleh sesuatu yang beda dengan orang kebanyakan. Misalnya habis ngebunuh dan mutilasi korbannya, itu bisa bikin dia puas dan seneng bukan main. Habis nyerang dan perkosa korbannya dengan biadab itu bisa bikin dia bahagia banget.
  • Perasaan bahagianya sama aja dengan orang normal, tapi pemicunya aja yang beda.

# 4. Gampang marah
  • Psikopat bisa keliatan sangat menawan bagi siapa aja. Tingkahnya sopan dan kalem, sehingga bikin kaget begitu liat dia marah secara tiba-tiba dan muncul menjadi pribadi mengerikan.
  • Psikopat punya standar tertentu dan batasan yang cuma dia sendiri yang tahu. Kalo kamu dianggap kelewat batas standarnya saat itulah dia bisa berubah jadi monster yang mengerikan.

# 5. Urat malunya udah putus
  • Pernah denger ada ungkapan begini? Mereka yang psikopat gak punya malu, risih dan gak pernah takut. Kalo kita yang normal dan pengen ngelakuin hal yang salah pasti jantung berdebar, keringat dingin meluncur, tangan ama kaki gemeteran, adrenalin terpacu, dan rasa takut langsung nantangin nyali kita. (ayo.. kamu yang suka nyontek saat ulangan pasti tau kan rasanya...). Itu karena kita punya kontrol diri yang namanya hati nurani yang cenderung buat ngajak kita jadi baik. Dan punya benteng pertahanan yang namanya malu.
  • Itu sebabnya gak ada yang bisa ngehalang dia buat ngelakuin hal gak bener. Karena emang gak punya malu dan gak takut !

# 6. Selalu merasa benar
  • Apapun yang ada di pikirannya dan apapun yang dia lakuin itu bener. Dia bakalan nipu, memanipulasi, bohong, marah dan ngelakuin apa aja supaya orang lain pada "ngeh" kalo dia bener dan yang lain salah. Kalo ada yang nantangin dia yah nasib lo kalo nanti kenapa-napa..

# 7. Gak punya empati
  • Kebanyakan kita gak bakalan nyakitin orang karena kita nganggap orang lain tuh sama ama kita. Kita gak nyubit karena dicubit itu gak enak dan gak pengen orang lain nyubit kita juga. Beda ama psikopat. Dia gak peduli kamu sakit atau menderita karena kelakuannya, karena kamu semua gak penting baginya. Yang terpenting adalah keinginannya. 
  • Sama seperti anak kecil memperlakukan mainannya. Kebanyakan anak kecil punya mainan favorit dan dia bakalan mainin tuh mainan sesuka hatinya. Mau dilempar, dipukul-pukul, tangan ato kepala bonekanya dicopot, terserah dia, wong dia yang punya kok. Kalo ada mainan baru datang, mainan lama dilempar begitu aja sampe berdebu. Karena mereka tuh gak penting, cuma objek !

# 8. Gampang bosen
  • Para psikopat ini suka bosen dan biar hidupnya gak ngebosenin dia bakalan ngelakuin tindakan yang bikin hatinya senang. Persoalan itu ngerugikan orang lain EGP. Mereka bakalan ngelakuin tindakan spontan buat ngebunuh rasa bosennya. Kalo dia ngelakuin serangkaian tindakan kejahatan seperti merampok, memperkosa, atau membom suatu area biar jadi pemberitaan nasional itu bakalan nyenengin hatinya. Bisa masuk TV dan jadi terkenal serta jadi orang misterius yang paling dicari itu nyenengin dan ngilangin bosennya.
Itu dia 8 hal gimana si psikopat ini memandang dunia. Mereka bertindak beda ama kita karena berpikirnya pun beda. Psikopat ini penyakit jiwa yang sudah membentuk pribadi / karakternya sedari kecil. Anak-anak yang dibesarkan dengan penuh kekerasan, berada dalam lingkungan yang menganggap kekerasan itu hal biasa, atau mengalami pelecehan dan hal-hal traumatis dalam hidupnya cenderung untuk menderita penyakit ini.

Ada sebuah kisah psikopat yang saya baca tentang seseorang yang dikenal sebagai pembunuh berantai berdarah dingin yang tak segan-segan menyakiti korbannya secara sadis itu, saat diwawancarai oleh psikiaternya mengatakan bahwa ia membunuh karena membunuh itu menyenangkan baginya. Dia tidak tahu kalau membunuh itu salah. Orang tersebut mengikuti terapi dengan didampingi oleh ibunya yang penuh kasih sayang. Setelah terapinya selesai dan dianggap aman untuk kembali ke masyarakat, kecenderungan merasa bosan dan ingin membunuh itu tetap ada dalam jiwanya. Tapi kasih sayang seorang ibu bisa mengendalikan naluri psikopat dalam diri anaknya. (baca juga : bagaimana menjadi orangtua hebat)


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}