Home » , » Kapan Kepintaran Jadi Kutukan?

Kapan Kepintaran Jadi Kutukan?

Posted by Catatan Ngocol on Thursday 5 November 2015

Kepintaran itu berkah

  • Kepintaran itu jadi berkah kalo ngebawa manfaat bagi pemiliknya dan orang sekitarnya. Lo liat aja teknologi dan alat bantu yang mudahin pekerjaan kita sekarang ini kan hasil karya orang pintar yang ngegunain ilmunya buat meningkatkan kualitas hidup manusia.
  • Kepintaran itu berkah karena gak semua orang dikasi karunia ini. Lo liat ukuran kepintaran seperti IQ yang dimiliki tiap orang beda-beda bukan?
  • Tapi kapan ilmu dan kecerdasan itu menjadi kutukan?
pintar


Kepintaran itu menjadi kutukan bila

  1. Lo gak gaul dan jadi penyendiri. Lo ngerasa hidup lo hanya untuk belajar, ngasilin sesuatu, begitu seterusnya. Lo gak nganggap penting orang lain. Hidup lo hanya seputar sekolah, kampus, perpustakaan atau laboratorium. Selain itu gak penting. Akhirnya lo jadi kuper dan gak punya teman.
  2. Lo kepo. Lo jadi orang yang tahu segala sesuatu dan lo gak nerima pendapat orang lain yang beda dengan pendapat lo. Hanya lo yang selalu benar dan orang lain salah. Akibatnya semua teman lo kabur karena nganggap lo gak asik.
  3. Lo jadi sombong. Karena ngerasa diri lo paling pintar lo jadi angkuh dan nganggap orang lain gak selevel sama diri lo. Mulailah lo pilih-pilih teman yang lo anggap selevel dan sama-sama pintar. Orang-orang mulai eneg dengan lo yang brengsek.
  4. Gak punya sopan santun. Lo minta semua orang buat mahamin tindakan kasar lo hanya karena lo itu orang terpintar di sekolah dan jadi aset kebanggan sekolah.
  5. Lo pengen dipuja. Hanya karena otak lo lebih encer dari orang lain lo minta agar orang lain muji, menyanjung, memuja-muja diri lo. Kalo gak, lo ngancam gak bakalan kasi mereka contekan, gak ngajarin pelajaran yang mereka gak tau, gak ngajarin PR matematika yang njelimet.
  6. Lo jadi pribadi yang menjijikkan. Lo memperlakukan orang lain tak lebih seperti keset kaki. Orang lain harus baikin lo karena lo itu aset sekolah yang paling berharga. Kalo ada yang gak senang berteman sama lo, itu kerugian mereka. Karena gak mudah dapetin orang secerdas lo. Ibaratnya lo itu langka makanya harus dijaga baik-baik.
  7. Lo malas. Lo ditenggelamin oleh ilusi bahwa kepintaran yang lo miliki bisa ngejamin masa depan yang baik dan sukses buat lo. Pikir lo hanya kepintaran yang diperlukan orang buat sukses? Salah besar! Kerja keras lah yang harus dominan. Itu sebabnya banyak orang yang IQ nya pas-pasan tapi sukses di bidangnya karena dia seorang pekerja keras.
  8. Lo ngerugikan orang. Kepintaran lo pake buat ngejahilin orang, bikin orang rugi dengan ngehack website mereka, lo pake kecerdasan lo buat bobol bank secara online. Pokoknya lo berbahagia di atas penderitaan orang lain.
Well, kepintaran itu OK kalo memberi manfaat bagi banyak orang. Tapi kalo kepintaran itu lo pake buat manfaatin orang dan lo jadi pribadi yang nyebelin dan ngerugikan orang, artinya kepintaran yang diberi Tuhan jadi kutukan buat lo. (baca juga : gimana ngimbangin pacar lo yang pintar agar selalu nyambung?)


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}