Home » » Boleh Gak Pilot Bercanda Nawarin Pramugari ke Penumpang ?

Boleh Gak Pilot Bercanda Nawarin Pramugari ke Penumpang ?

Posted by Catatan Ngocol on Thursday 19 November 2015

Pilot pun ada etikanya

Kalo mo ngejawab pertanyaan di atas, tentu saja jawabannya YA. Pilot toh manusia biasa, dia kan butuh hal-hal buat ngelepasin stres, apalagi tanggung jawabnya besar. Salah satunya dengan bercanda. Tapi bercandanya mbok ya.. liat-liat sikon dong ! Jangan di udara ! Jangan bercanda pake pengeras suara yang bisa didenger oleh semua penumpang yang jadi tanggung jawabnya.


pilot

Jadi pilot sama dengan profesi lainnya ya... ada etikanya. Profesi ini terkait dengan nyawa penumpang yang menjadi tanggung jawabnya. Jadi gak boleh asal bercanda dan membuat penumpang bertanya-tanya, "pilot gue lagi mabuk ya?". Pasti penumpang gelisah karena menyangkut nyawa mereka..

Lagi heboh di media soal co pilot Maskapai Lion Air rute Surabaya-Denpasar yang nawarin pramugarinya yang janda kepada penumpang lewat speaker Sabtu, 14 November kemarin. Belum lagi konon ada desahan-desahan yang terdengar jelas oleh penumpang dari balik kockpit. Kontan aja penumpang pada gelisah.. gak biasanya pilot ngumumin hal "aneh" di speaker, nyeletuk sampe desahan gak jelas gitu. Baca berita lengkapnya di sini. Meski yang bersangkutan udah diskors tapi itu udah mencoreng profesi pilot di mata masyarakat.


Sebenernya apa sih tanggung jawab pilot ke penumpang?

Menurut website khusus para pilot, ALPA (Air Line Pilot Association, International's webiste), tugas utama mas-mas dan mbak pilot itu adalah : " memastikan KESELAMATAN, KENYAMANAN, KONDISI PENUMPANG yang mempercayakan hidup kepadanya. Jadi pilot kudu paham bahwa keselamatan penumpang adalah PRIORITAS UTAMANYA. Jadi gak boleh "asal".

Masih dari website yang sama, kalo pilot itu di mana-mana di seluruh dunia kudu ngerti dan hapal di luar kepala kalo :
  1. Dia tidak akan pernah mengizinkan tekanan eksternal atau keinginan pribadi untuk mempengaruhi penilaiannya, tidak akan ia sengaja melakukan apa pun yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan. 
  2. Dia akan ingat bahwa ia tidak akan melakukan tindakan kelalaian yang berbahaya, dan ia tidak akan mengabaikan setiap detail yang memberikan kontribusi terhadap keselamatan penerbangan nya, atau melakukan operasi apapun dengan cara lalai atau ceroboh. 
  3. Konsisten dengan keselamatan penerbangan, ia akan selalu mengoperasikan pesawat nya dengan cara yang akan memberikan kontribusi untuk kenyamanan, ketenangan pikiran, dan kesejahteraan penumpangnya, menanamkan dalam diri mereka kepercayaan dalam dirinya dan maskapai penerbangan yang diwakilinya.
  4. Saat ia telah bebas dari tanggung jawab utamanya yang terkait dengan keselamatan dan kenyamanan penumpang, ia tetap harus ingat bahwa para penumpang bergantung padanya untuk melakukan semua yang mungkin untuk mengantarkan mereka ke tujuannya sesuai waktu yang dijadwalkan.
  5. Jika terjadi kondisi darurat, ia akan mengambil tindakan apa pun yang dianggap perlu untuk melindungi nyawa penumpang dan krunya.
Coba deh disimak baek-baek tanggung jawab pilot adalah apapun yang terkait dengan keselamatan penumpangnya. Bahkan dalam keadaan darurat bukan dirinya dulu yang dipikirin tapi keselamatan para penumpang dulu yang diutamain.

Apa aja yang boleh diumumin pilot lewat speaker?

Speaker itu ibarat alat komunikasi dari pilot kepada para penumpang. Karena pilot gak bisa ketemu penumpang langsung, kaya' di angkot. Biasanya lewat speaker pilot bakalan ngasi tau ke crew dan penumpang 
  • Posisi pesawat. Apakah sudah siap take off (terbang) atau siap landing (mendarat), agar para crew/awak kabin dan penumpang bersiap-siap (pake sabuk pengaman, menegakkan sandaran kursi, melipat meja dan berdoa) karena saat ini adalah saat yang krusial/genting. Kalo gak ditangani dengan baik bisa membahayakan keselamatan. Ingat ada pesawat yang gagal take off dan tergelincir saat mendarat?
  • kondisi cuaca. Biasanya pilot bakal kasi info apa cuaca cerah ato tidak, kecepatan angin, ketinggian berapa. Kalo cuaca buruk juga bakal diinfoin supaya penumpang dan awak kabin siap-siap, tetap duduk manis dan sabuk pengaman di pasang erat-erat (plus berdoa).
  • lain-lain yang penting. Misalnya berapa jam lagi bakalan mendarat di bandara tujuan.
Nawarin pramugari yang janda ke penumpang, bukan pilot pun, sebagai manusia biasa dianggap tidak beretika. Pramugari adalah profesi yang dihormati karena membantu pilot melayani penumpang. Urusan pribadinya, dia mo jadi janda, perawan, mo punya anak berapa, gak perlu diekspos.

Pilot pun juga manusia biasa, bisa salah dan khilaf. Jadi udah benar tindakan maskapai yang menghukum pilot untuk grounded alias gak boleh terbang untuk sementara waktu sampe penyelidikan selesai. Hal ini juga jadi pelajaran buat pilot yang lain buat serius dan gak main-main saat mengemudikan pesawat. Hargai penumpang dan awak kabin selama melaksanakan tugas. 


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}