Home » , » Kenapa Kebanyakan Remaja Ngerokok?

Kenapa Kebanyakan Remaja Ngerokok?

Posted by Catatan Ngocol on Saturday 28 November 2015

Remaja masa mencari identitas diri

remaja
Apa bener ngerokok itu cool/hebat? bagian mananya? Begitu bunyi kampanye anti rokok pada remaja ini
 (photo credit for www.scai.org)

  • Emang identitasnya hilang di mana? Justru karena umur yang masih muda bikin mereka jadi bingung, siapa sebenarnya mereka dan mau jadi apa nantinya. Bingung dan pusiiing. Ada yang mulai ngeliat kelakuan orang dewasa, ada yang nyari info lewat media cetak, TV, film bahkan internet, ada yang nanya temen atau ortu. Banyaklah upaya remaja itu hanya buat nentuin jati dirinya yang sebenarnya.
  • Ngerokok itu gak sehat, bikin penyakit dan bikin ketagihan, itu semua remaja udah tau. Tapi kok banyak yang merokok juga? Malah ada yang udah ngerokok sejak masih SD. Kenapa ya.. kebanyakan remaja itu ngerokok? kenapa gak milih makanan lain kaya' permen ato coklat yang cenderung lebih aman?
  • Ini dia ulasannya.

Kenapa remaja ngerokok?

(1) Nyoba-nyoba
  • Sebagai anak muda yang sedang mencari jati diri, mereka suka ngelakuin eksperimen apa aja. Termasuk ngerokok. Mereka ngeliat orang yang ngerokok itu tampak asik dan menikmatin banget rokok yang mengepul di bibirnya. Karena rasa ingin tau itu juga yang bikin mereka pengen nyoba, apa bener rokok itu enak? Sama juga kasusnya dengan mereka yang ngerokok ganja dan shabu-shabu, awalnya dari nyoba-nyoba.

(2) Pengen dibilang dewasa.
  • Banyak remaja yang ngerokok biar keliatan lebih dewasa dan lebih matang dari umurnya. Karena kita kebanyakan yang ngerokok adalah orang dewasa. Dengan mulai ngerokok mereka pengen nunjukin ke orang-orang bahkan ke ortu kalo mereka bukan anak kecil lagi dan gak boleh dipandang remeh.

(3) Cara berontak
  • Banyak remaja yang ngerasa gak puas dengan kondisi dirinya. Entah itu kurang perhatian dari ortu yang sibuk, entah itu karena sering jadi korban bully, entah karena ngerasa guru gak bisa diharapin, ato karena ngerasa hidup gak berpihak padanya, akhirnya memilih berontak dengan keadaannya. Salah satu cara berontak khas remaja adalah melanggar aturan. Udah tau kalo remaja dilarang ngerokok apalagi di sekolah / di rumah, tapi banyak yang nyuri-nyuri ato terang-terangan ngerokok depan guru / ortu sebagai bukti pembangkangan alias pemberontakan.
  • Mereka berontak karena pengen orang dewasa termasuk ortu dan guru merhatiin keadaan mereka. Kalo gak berontak dan ngelanggar aturan pastilah mereka gak diperhatikan dan dianggap baik-baik saja.

(4) Ngerokok itu hebat.
  • Mereka ngeliat di TV kalo para jagoan, pahlawan super, aktor/artis, anak band ato orang-orang panutan  / idola itu umumnya ngerokok. Dan rokok bikin mereka jadi keliatan lebih cool / hebat. Karenanya remaja pengen ikut-ikutan agar biar ikutan hebat seperti idolanya.

(5) Ngerasa lebih baik.
  • Banyak remaja yang ngerasa hidupnya super galau dan gak bahagia (penyebabnya macem-macem). Ngerokok bikin susahnya hilang dan galaunya berkurang. Nikotin yang ada dalam rokok mengalir dalam darahnya dan mempengaruhi otak dan perasaannya. Meski setelah rokoknya habis, kembali galau lagi. Minimal rokok bisa ngilangin susahnya untuk sementara.

(6) Ngilangin bosen.
  • Remaja itu orangnya suka bosen. Banyaknya energi dalam tubuhnya bikin dia harus terus bergerak dan ngelakuin sesuatu. Kalo kebetulan gak punya kegiatan, mulailah dia ngerasa bosen dan nyari aktivitas yang bikin dia happy. Rokok salah satunya. Rokok itu kesibukan yang gak ngebosenin baginya. Sensasi asap rokok yang masuk ke dalam paru-parunya bisa bikin hatinya senang bukan kepalang.
(7) Pengen turunin badan.
  • Ada juga remaja yang stres karena berat badannya nambah terus sehingga rasa pedenya turun. Untuk nurunin berat badan agar ideal, mulailah mereka ngerokok. Mereka percaya banget kalo rokok bisa bikin berat badan turun drastis tanpa perlu diet dan olahraga. Rokok bisa gantiin makanan berlemak yang bisa nambah berat badan.

(8) Ikut-ikutan
  • Banyak remaja yang ngerokok karena ikutan rame. Semua temennya ngerokok dan biar dibilang gaul dia ikutan ngerokok. Begitu besar peranan teman di masa remaja. Mereka bakalan saling pengaruhi satu sama lain.

Itulah 8 alasan kenapa remaja pada umumnya ngerokok bahkan di usia yang masih dini. Ngerokok itu dampaknya gak bagus buat kesehatan. Di bungkusnya aja ada tulisan peringatan, awas merokok membunuhmu. Belum lagi gambar-gambar serem  tentang bahaya rokok bagi tubuh yang terpampang dengan mesra di bungkusnya. Ditambah lagi penjelasan dampak negatif rokok yaitu bisa menimbulkan serangan jantung, kanker, impotensi, gangguan kehamilan dan janin yang ditulis seolah pesan mesra buat para perokok. Tapi tetap aja, gak ada yang peduli. Ngerokok jalan terus.


Kenapa bisa begitu?

  1. Harga rokok lumayan terjangkau kantong.
  2. Cukai rokok murah.
  3. Negara ini penghasil tembakau.
  4. Gak ada regulasi yang tegas soal bahaya rokok bagi anak muda.
  5. Orang bebas aja ngerokok di tempat umum tanpa rasa malu dan tanpa ada sanksi dari pihak berwenang.
  6. Kesadaran para perokok yang kurang. Mereka gak peduli kesehatannya dan kesehatan perokok pasif yang turut menghisap asap rokoknya.
  7. Iklan rokok ada di mana-mana, sehingga mata sudah terbiasa melihat orang gagah dan cantik merokok.
  8. Siapa saja bisa beli rokok, meski anak-anak. Gak ada kontrol dari penjualnya.

Bisa gak sih kita ciptain generasi muda bebas rokok? Ato itu cuma mimpi di siang bolong?


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}