Home » , » Kenapa Bis Sekolah di Amrik Warnanya Kuning?

Kenapa Bis Sekolah di Amrik Warnanya Kuning?

Posted by Catatan Ngocol on Friday 20 November 2015

Bagi kamu yang suka nonton film-film Hollywood pasti sering ngeliat kalo bis sekolah anak-anak di sana, semuanya serupa, warnanya pasti kuning? Ngomong-ngomong kenapa kuning yang dipilih ya? Bukannya warna lain? Kalo di sini bus kuning lewat kita pasti mikir itu punya salah satu partai.


sekolah


Alasan kenapa bus sekolah di Amrik kuning 

# 1. Mengikuti hukum federal

  • Warna kuning sebagai warna khusus untuk bis sekolah tunduk pada hukum federal yang berlaku di sana. Dan peraturan tentang warna ini udah diadopsi sejak tahun 1939 (udah lama ya..) dan dikenal di Kanada dan Amrik sebagai National School Bus Glossy Yellow.
# 2. Ngejreng
  • Karena warna itu ngejreng dan gampang menarik perhatian. Pernah gak sih lo ketinggalan bis karena tau-tau bis lo lewat tanpa lo perhatiin. Warna kuning di pilih buat jadi bis sekolah biar para siswa langsung noleh ngeliat ada yang kuning-kuning lewat dan gak bakalan telat ke sekolah.
  • Kuning secara psikologis adalah warna yang menarik perhatian lebih cepat dibanding warna lain. So.. kalo lo orang yan ngerasa kurang perhatian coba deh pake baju kuning menyala di siang bolong, pasti deh semua orang merhatiin lo.
# 3. Bisa keliatan dengan ekor mata
  • Menurut hasil penelitian, warna kuning meskipun tak ada tepat di depan mata bisa dengan mudah dilihat dengan ekor mata kita. Katanya kita lebih mudah ngedeteksi warna kuning 1,24 kali dibanding warna merah. Bahkan dalam kondisi cuaca pagi yang mendung pun warna kuning jauh lebih cepat dikenali oleh mata manusia ketimbang warna merah.
  • Dengan begitu gak mungkin anak-anak gak ngeliat bis sekolahnya datang, kecuali kalo memang buta warna..
# 4. Terkait keselamatan.
  • Karena gampang ngeliat warna kuning yang bergerak / melaju, bahkan dalam kondisi cuaca buruk yang berkabut/bersalju, maka pengemudi yang berada pada sisi berlawanan akan lebih waspada sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan, apalagi isinya semua anak-anak.
  • Ini sekaligus ngejawab pertanyaan kenapa rambu-rambu peringatan di jalan itu warnanya kuning. Dan lampu warning light atau lampu hati-hati semuanya berwarna kuning. Warna hitam yang tertera di atas bidang berwarna kuning itu jauh lebih cepat terlihat ketimbang dasar warna lain, termasuk putih.
rambu peringatan jalanan menanjak.


# 5. Menggambarkan keceriaan 
  • Warna kuning itu secara psikologis dikaitkan dengan keceriaan, tawa riang, kebahagiaan dan hari yang indah. Seseorang yang dikelilingi oleh warna kuning cenderung melepaskan serotonin (bahan kimia di otak yang membuat kita merasa senang) lebih banyak dibanding warna lainnya. Waran ini dipercaya menimbulkan optimisme bagi orang di sekitarnya.
  • Itu sebabnya warna dipilih agar anak sekolah yang naik bis sekolah pada gak galau tapi seneng, optimis dan penuh keceriaan. 
Gimana, mau ganti warna cat mobil kamu dengan kuning?


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}