Home » » Fakta Termanis dari Mangga

Fakta Termanis dari Mangga

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 15 April 2015

Pada pernah makan mangga kan? Indonesia punya banyak jenis mangga, tiap daerah punya jenis mangga sendiri. Mangga buah eksotis yang disukai karena teksturnya yang khas dan rasanya yang manis, sebagian lagi manis-manis asem.. berikut ini dalah fakta termanis mengenai mangga.


Manfaat Buah Mangga

Mangga bukan hanya enak dimakan tapi juga memiliki banyak manfaat, diantaranya :
  1. Menurunkan kolesterol.  Bagi yang bermasalah dengan kolesterol mungkin sesekali boleh beli mangga di pasar atau minta tetangga yang kebetulan pohon mangganya lagi berbuah lebat he he.. Mangga mengandung Vitamin C yang tinggi, pektin dan serat yang membantu menurunkan kolesterol.
  2. Membersihkan kulit. Ternyata mangga bukan cuma enak dimakan tapi juga bikin cantik. Biasanya yang dibuat masker cuma timun, tomat, bengkoang tapi ternyata mangga juga bisa dijadikan masler. Katanya kalau mangga jika dijadikan masker dapat membantu membuka pori-pori dan menyegarkan wajah. Wah, bisa dicoba nih !
  3. Melancarkan pencernaan. Bagi yang sering mengalami masalah dengan "urusan belakang", susah BAB, pencernaan tidak lancar bisa mencoba sering-sering mengkonsumsi mangga. Mangga mengandung enzim yang dapat memecah protein. Serat yang banyak terdapat di mangga dapat melancarkan pencernaan. Waspadai juga tanda-tanda tubuh yang perlu dibersihkan dari toksin / racun
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh. Mau kebal terhadap penyakit, jangan lupa masukkan mangga dalam daftar menu anda. Kombinasi dari Vitamin C, Vitamin A dan 25 macam karotenoid dalm mangga menjaga tubuh tetap sehat dan kebal dari penyakit.
    mangga Okinawa, Jepang
  5. Merawat mata. Bagi yang bermasalah dengan mata, mangga ternyata bisa membantu merawat aset paling berharga dari tubuh kita ini. Mangga kaya akan Vitamin A. Satu cangkir potongan mangga setara dengan 25 % asupan vitamin A yang anda butuhkan setiap hari.
  6. Tinggi kandungan zat besinya. Zat besi adalah salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh. Kadang saya berpikir karena tubuh mengandung besi artinya bisa ditarik magnet dong? (bercanda saja). Kandungan zat besi yang banyak dalam mangga bisa membantu orang yang kekurangan darah (anemia).
  7. Meningkatkan rangsangan seksual (aphrodisiac). Bagi yang sudah merasa loyo-loyo dan kurang gairah, silakan makan mangga untuk mengembalikan vitalitas dan gairah yang menurun. Mengkonsumsi mangga dapat meningkatkan rangasangan seksual dan membuat pria merasa jantan.
  8. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
    Mangga Okinawa yang dibelah
    Kayaknya cocok buat anak sekolah yang lagi sibuk ujian nih, atau yang ingin jadi bintang kelas. Mangga ternyata bisa meningkatkan daya ingat dan membantu memperbaiki konsentrasi kita. Asam glutamat yang ditemukan pada mangga membantu menjaga sel-sel tetap hidup yang memperngaruhi daya ingat serta konsentrasi.
  9. Membuat tubuh jadi sehat karena lebih alkali. Tubuh biasanya menderita penyakit jika suasananya asam. Untuk menyeimbangkannya kondisi tubuh harus dibuat alkali. Mangga mengandung asam malat, asam tartarat, dan asam sitrat yang mempertahankan keseimbangan alkali tubuh.
  10. Melawan kanker. Kanker adalah penyakit ganas yang sampai sekarang belum ada obatnya. Konon ada lebih dari100 jenis kanker yang dapat menginfeksi tubuh, baik pada wanita maupun pada pria. Gejala awal kanker pada wanita dan gejala awal kanker pada pria harus diwaspadai. Kandungan antioksidan seperti quertecin, isoquercitrin, astragalin, ficetin, asam gallat dan metil gallat yang terdapat dalam mangga membantu tubuh melawan kanker usus, kanker payudara, kanker prostat dan leukimia.
  11. Menurunkan berat badan. Bagi yang kelebihan berat badan, masukkan mangga dalam menu diet anda. Mangga mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang membuat tubuh kenyang lebih lama. Demikain juga serat yang terdapat dalam mangga membantu membakar kalori dalma tubuh.
  12. Mengatasi serangan panas. Jika habis keluar rumah dan mengalami perasaan tidak nyaman akibat panas matahari maka segeralah ambil mangga yang telah dipotong, tambahkan sedikit air dan gula pasir atau madu kemudian putar dalam juicer selanjutnya minum, akan membuat anda merasa dingin dan segar kembali. 
  13. Mengatasi diabetes. Diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat top saat ini. Penyakit yang terkait dengan gula darah ini menyerang tanpa pandang bulu, pria atau wanita, tua atu muda apalagi yang memiliki orang tua atau turunan diabetes. Ternyata daun mangga yang direbus dan dibiarkan terendam semalam untuk kemudian di keesokan harinya diminum bisa mengatasi diabetes. 

Tinggi pohon mangga bisa mencapai 100 kaki.

Mangga termasuk tanaman berkayu yang bisa mencapai tinggi sampai 100 kaki. Harus sellau dipangkas agar peryumbuhannya lebih baik dan bisa berbuah lebat.

Motif yang terinspirasi dari mangga

Motif paisley yang berkembang di India ternyata terinspirasi dari bentuk buah mangga.

sumber

Asal Mangga

Mangga ternyata berasal dari Asia Selatan dan kemudian tersebar ke seluruh dunia dan menjadi salah satu tanaman buah yang paling banyak ditanam di daerah tropis. Sementara ini kebanyakan spesies yang beragam tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan dan Sumatera.

peta Asia Selatan

10 Negara produsen mangga terbesar di dunia

Ternyata produsen mangga terbesar di dunia adalah India. Bukan hanya dalam bentuk segar tapi yang sudah menjadi olahan seperti dibuat dodol, manisan dan sebagainya. Ternyata meski memiliki banyak spesies mangga yang tersebar di berbagai daerah, Indonesia hanya ada di urutan ke 4 produsen mangga terbesar di dunia, di bawah China dan Thailand.
  1. India (15,2 juta ton)
  2. China (4,4 juta ton)
  3. Thailand (2,6 juta ton).
  4. Indonesia ( 2,1 juta ton)
  5. Pakistan (1,9 juta ton)
  6. Meksiko (1,8 juta ton)
  7. Brazil (1,2 ton).
  8. Bangladesh (890 ribu ton)
  9. Nigeria (850 ribu ton)
  10. Filipina (800 ribu ton)
Itulah beberapa fakta termanis tentang mangga. Semoga bermanfaat.







0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}