Home » , » Ajaran "Sesat" Film Disney Pada Anak-Anak

Ajaran "Sesat" Film Disney Pada Anak-Anak

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday, 21 April 2015

Aladin dan lampu wasiat

aladin

Ternyata putri Yasmin yang seorang putri raja jatuh cinta pada gelandangan kotor bernama Aladin.
Anak : "Kalau begitu boleh dong jatuh cinta sama gelandangan bunda, siapa tau punya lampu wasiat yang bisa keluarkan jin.  Lumayan kan kerja tidak perlu capek, tinggal gosok-gosok lampu keluar jin yang bisa mengabulkan semua permintaan. "
Bunda : "Jangan dong sayang, hari gini yang punya jin kan cuma dukun santet atau paranormal sesat, mereka dijamin gak ada yang ganteng seperti Aladin. 

paranormal
paranormal (sumber)
Kalau nikah sama gelandangan dijamin hidup bakalan susah. Gelandangan kan gak punya rumah, hidup dari belas kasihan orang. Diri sendiri aja susah gimana mo bikin kamu bahagia ? Sekarang ini kalau mau kaya harus kerja, kaya lewat jalan pintas apalagi lewat jalan jin tidak akan bertahan lama, Salah-salah nyawa kita bisa jadi korban. Tidak ada itu lampu wasiat, ada juga lampu neon atau lampu jalan he he..

Putri Salju

 putri salju

Putri salju hidup sendirian di dalam hutan bersama 7 orang lelaki cebol.
Anak : "boleh dong tinggal dalam hutan, gak perlu sekolah, gak perlu kerjain PR, tiap hari dengerin suara burung dan makan sudah disediakan sama lelaki cebol."
Bunda : " Sekarang ini hutan sudah jarang, karena dipakai untuk membangun perumahan, mall dan toko. Kalaupun ada hutan tidak aman untuk ditinggali. Banyak pencuri, perampok bahkan teroris yang melakukan aktivitasnya bersembunyi di dalam hutan. Orang cebol kenyataannya ada tapi mereka tidak tinggal di hutan sayang...

cebol
Sebuah desa di Tiongkok dihuni mayoritas orang cebol (sumber)

Pinokio

pinokio

Pinokio suka bohong makanya hidungnya panjang.
Anak : "Syukur ya hidungku pesek, artinya aku gak suka bohong, Bunda.. Gak seperti pinokio, buat apa hidung mancung tapi tukang bohong... Kayak bule-bule yang di TV semuanya suka bohong kan?
Bunda : "Hidung mancung bukan karena tukang bohong atau tidak adek, tapi karena gen atau turunan orangtuanya. Kenapa adek bisa pesek karena nenek hidungnya juga pesek seperti adek. Bule-bule itu pada mancung karena ras mereka beda dengan kita yang orang Asia. Ras mereka namanya Kaukasoid (susah ya namanya..) makanya rambutnya pirang, matanya bisa biru, kulitnya putih dan hidungnya mancung. Orang pesek juga banyak yang suka bohong kok. 

Robin Hood
robin hood

Robin Hood suka menolong orang miskin dengan mencuri dari orang kaya.
Anak : " Boleh dong mencuri yang penting tujuannya baik, Bunda.."
Bunda : "Mencuri itu mengambil yang bukan milik kita, meskipun tujuannya benar kalau caranya salah, tetap salah sayang. Adek mau nggak kalau ada yang mengambil barangnya meskipun si pencuri bilang kalau itu untuk menolong orang lain, tidak kan? Mencuri itu dosa, dalam agama di larang. Bahkan di Arab Saudi orang yang mencuri tangannya dipotong lho.. 

Tarzan
tarzan

Tarzan tumbuh dan besar dipelihara oleh gorilla dan jalan-jalan kemana-mana tanpa baju.
Anak :" Enak dipelihara sama Gorilla deh seperti Tarzan, gak pernah ngomel, bawel dan melarang-larang kayak Bunda. Trus kalo kemana-mana gak pake baju aman-aman aja tuh !"
Bunda :" Itu cuma ada dalam cerita sayang, gak mungkin gorilla bisa memelihara anak manusia, mereka kan binatang yang akalnya lemah, lihat aja bagaimana kondisi gorilla dalam kebun binatang. Mengapa bunda suka ngomel dan bawel? Tentu karena bunda sayang dan perhatian pada Adek, Pasti ada yang perlu bunda cerewetin. Kalo cerewet tanpa sebab itu namanya gila, sayang, apalagi kalo suka jalan kemana-mana gak pake baju, gilanya dobel."

orang gila yang gak suka pakai baju

Sleeping beauty
putri tidur

Si Putri tidur mau-maunya dicium sama orang asing (orang yang tidak dikenal) sudah itu malah rela dikawini lagi.
Anak : " Kata Bunda harus hati-hati sama orang asing, orang yang tidak dikenal.. kok sleeping beauty mau-maunya dicium dan dikawini sama orang yang tidak dikenal... untung orangnya pangeran. Kalo gembel gimana?
Bunda : "Sebelum menikah sebaiknya kita saling mengenal lebih dahulu biar bisa saling menyesuaikan diri. Gak boleh dicium orang sembarangan emangnya kita parfum ... Jangan mau kalo ada yang mencium adek meski alasannya apapun. Laporkan kepada orang tua, guru atau orang dewasa di sekitar adek. Kalau ada yang aneh berteriak saja minta tolong. Sekarang ini banyak orang dewasa yang punya penyakit suka cium, peluk dan raba-raba anak-anak. Mereka namanya Pedofil. Jadi harus hati-hati."

Cinderella
cinderella

Cinderellanya bohong terus menyelinap keluar rumah untuk menghadiri pesta.
Anak : "Kok Cinderellanya dibilang baik, kan dia bohong sama pangeran, seolah-olah dia itu putri padahal cuma cewek miskin. Terus dilarang pergi pesta malah menyelinap, kan itu namanya nakal Bunda.."
Bunda : " Cinderellanya tidak berbohong sayang... karena takut pangeran tidak suka padanya karena dia bukan puteri maka ia segera lari dan sepatu kacanya tertinggal. Memang betul menyelinap pergi pesta padahal sudah dilarang orang tua itu tidak boleh, tapi Cinderella sudah menerima nasibnya untuk tidak datang ke pesta. Tetapi ibu peri menolongnya karena dia tahu Cinderella sangat ingin pergi ke pesta dansa. Pesta yang akhirnya mempertemukannya dengan pangeran. Sehari-hari dia adalah anak baik  dan sabar melayani ibu tiri dan saudara tiri yang jahat. Karena kebaikannya maka Tuhan mengirim ibu peri untuk mengabulkan keinginannya. Jadi bukan dia yang menyelinap, tapi Tuhan yang membantunya mewujudkan impian. Jadi jangan berhenti jadi anak yang baik. Karena Tuhan akan selalu bersama anak yang baik.

Itulah ajaran "sesat" dari film-film Disney yang jika diberikan penjelasan akan membimbing dan mengarahkan anak-anak agar bisa memahami film dengan lebih baik. Anak-anak sangat polos, mereka menterjemahkan apa-apa yang dilihat dengan apa adanya. Tugas orangtualah yang harus membimbing, memberikan penjelasan agar anak-anak tetap berada di jalur yang benar. Tontonan dan bacaan sedikit banyaknya akan mempengaruhi jiwa anak-anak. Sebaiknya orang tua bisa lebih meluangkan waktu untuk mengawasi dan berbincang dengan anak-anaknya. Semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo

Saya  apa adanya, senang baca buku, mikir, nulis dan berbagi sedikit ilmu yang saya miliki. Harapan saya sih  ilmu yang sedikit itu bermanfaat, setidaknya untuk saya sendiri. Saya juga menulis blog pribadi lancarrezeki.blogspot.com, berbagidanjadikaya.blogspot.com catatanngocol.blogspot.com, hanya-love.blogspot.com dan belajarlewatquotes.blogspot.com

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}