Home » » Mau Kemana Setelah Wisuda ?

Mau Kemana Setelah Wisuda ?

Posted by Catatan Ngocol on Friday, 3 April 2015

Banyak yang bingung setelah wisuda mau kemana? Padahal jawabannya gampang banget, semua orang bisa melakukannya.

Kemana setelah wisuda ?
Wisuda adalah saat yang menggembirakan dan diimpikan oleh semua mahasiswa. Setelah sekian tahun menimba ilmu dengan menghadiri kuliah, mengerjakan tugas, praktek lapangan ataupun sibuk di laboratorium, akhirnya saat menggembirakan bernama wisuda tiba. Wisuda sebenarnya hanya seremoni untuk mencabut gelar mahasiswa menjadi gelar sarjana. Sarjana identik dengan intelektual, orang pintar yang ilmunya banyak (padahal belum tentu he he ..). Tapi yang paling penting bukan wisudanya tapi kemana setelah wisuda ?

Pulang
Tentu saja setelah wisuda harus pulang dulu dong. Masa' harus duduk di gedung terus. Seremoni wisuda telah berakhir. Jabat tangan erat dari petinggi universitas telah usai, Saatnya berkemas dan pulang ke rumah, kalo perlu buruan sebelum terjebak macet karena rombongan wisudawan dan keluarganya yang bakalan memenuhi jalanan.

Ke Studio Foto
Yang namanya wisuda adalah peristiwa sekali seumur hidup, perlu diabadikan biar jadi kenangan buat anak cucu.. Foto wisuda juga bukti keberhasilan orang tua karena telah berhasil membuat anaknya jadi "orang". Jadi silakan pasang pose paling mengesankan agar hasilnya tidak mengecewakan.


Makan-makan / Selametan / Syukuran
Biasanya setelah seremoni wisuda dan pasang aksi ala model di studio foto, dilanjutkan dengan syukuran/selametan atau apapun namanya yang intinya adalah makan-makan. Mensyukuri berakhirnya tahun-tahun penuh penyiksaan sebagai mahasiswa, begadang kerja tugas, dimarahi dosen killer atau asisten galak dan meratapi nasib mengulang mata kuliah yang susah lulusnya. Mensyukuri status baru sebagai pengamen ( pengangguran men.. ), pengacara (pengangguran banyak acara), pengasih (pengangguran yang penuh kasih) he he..

Balikin toga dan jubah
Toga dan jubah kan biasanya barang sewaan, kecuali kalo anda membelinya untuk jadi properti pribadi. Jangan lupa segera balikin sebelum kena denda atau dikejar-kejar si empunya persewaan toga dan jubah. Jangan cemarkan nama baik sebagai sarjana baru hanya gara-gara nilep toga dan jubah..

Ngurus ijazah
Biasanya kan begitu selesai wisuda, ngurus ijazah dulu di kampus. Bisa cepat bisa lama tergantung keuletan.

Menemukan pekerjaan
Bukan mencari pekerjaan, kan gak hilang jadi gak perlu dicari. Cukup ditemukan, mana yang cocok. Yang paling bagus sih menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bidang ilmu atau yang disukai. Mau kerja di perusahaan, PNS atau wirausaha, yang mana saja boleh. Yang tidak boleh itu kalau gak kerja, malu sama gelar, malu sama orang tua, malu karena harusnya sudah bisa membebaskan diri kita dari tanggungan orang tua. Usaha dan kerja apa saja yang penting halal.

Selamat bagi yang diwisuda, lanjutkan hidup dengan penuh semangat !


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo

Saya  apa adanya, senang baca buku, mikir, nulis dan berbagi sedikit ilmu yang saya miliki. Harapan saya sih  ilmu yang sedikit itu bermanfaat, setidaknya untuk saya sendiri. Saya juga menulis blog pribadi lancarrezeki.blogspot.com, berbagidanjadikaya.blogspot.com catatanngocol.blogspot.com, hanya-love.blogspot.com dan belajarlewatquotes.blogspot.com

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}