Home » , » 10 Alasan Mengapa Orang Betah Berlama-lama di Dunia Maya

10 Alasan Mengapa Orang Betah Berlama-lama di Dunia Maya

Posted by Catatan Ngocol on Friday 8 May 2015

Mengapa orang betah berlama-lama di dunia maya? Banyak orang yang menghabiskan waktunya di depan komputer atau smartphone yang terkoneksi intetnet untuk sekedar browsing, chatting, aktif di media sosial. Bagi orang yang kecanduan internet, tiada hari tanpa melakukan hobinya ini dan menjadi salah satu kebutuhan hidupnya. Mengapa dunia maya itu sangat menarik sehingga orang betah berlama-lama?

dunia maya

# 1. Sudah menjadi kebutuhan
Internet alias dunianya si maya sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia modern selain makan, minum, tempat tinggal dan pakaian. Banyak yang hal yang bisa dilakukan oleh internet yang tidak dimiliki oleh media lainnya seperti radio dan TV. Radio dan TV menyajikan program standar yang sudah ditetapkan oleh yang empunya TV atau radio. Mereka punya yang namanya pengarah acara atau penanggung jawab program yang mengurus apa yang bakalan disiarkan di radio atau tayang di TV. Sifatnya satu arah, pemirsa atau pendengar tinggal menerima apa yang telah disiapkan oleh stasiun TV. Sementara internet pengguna bisa memilih informasi sesuai kebutuhannya. Tinggal browsing dan bisa ketemu apa yang dicarinya.

# 2. Semua ada
Internet menyediakan semuanya. Mau cari alamat tinggal buka google maps atau google earth. Mau cari informasi terkini, gak perlu nyari koran, media online banyak tersedia di internet. Mau resep makanan, resep awet muda sampai musik dan film terbaru semua ada. Jadi betul-betul internet memudahkan hidup. Jadi kalo pengen apa-apa tinggal googling, ini bisa membuat orang betah berlama-lama berselancar di dunia maya.

# 3. Tak terpengaruh jarak dan waktu
Pengen tahu apa yang terjadi di Paris gak perlu buru-buru pesan tiket atau kudu trajin nyari duit buat jalan-jalan ke sana, cukup buka internet, googling tentang Paris..dijamin dalm sekejap infonya tersedia. Meski itu kota jaraknya beribu kilometer dari tempat tinggal kita tidak masalah. Internet alias dunia maya tidka berbatas waktu dna jarak. Seolah terasa sempit dan kecil dunia ini.

# 4. Semuanya terlihat indah dan mudah
Kalau sudah ada di depan laptop melihat keindahan kota-kota di dunia melalui foto dan video yang menawan, seolah-olah dunia ini begitu indah. Apa yang diinginkan dengan mudah didapatkan. Cukup satu klik bisa membeli barang on line, transfer uang, melakukan pembayaran, ngobrol dengan teman dari negara lain, belajar tari perut dari youtube, latihan trik pesulap dan sebagainya. Semua seolah mimpi. Banyak orang yang melarikan diri dari hingar bingar dunia nyata untuk menenggelamkan diri dalam impian di dunia maya.

# 5. Bisa terkoneksi dengan orang lain secara cepat
Kalo dulu mau komunikasi harus lewat telepon yang mahal, nulis surat yang nyampe setelah berminggu-minggu, ngantri di kantor pos sekedar buat kirim kartu pos. Sekarang semua itu hanya masa lalu. Dunia maya memberikan kenyaman buat kita ngobrol dengan siapapun, di manapun, sepanjang ada koneksi internet. Mau pake skype, telpon gratis pake line, chatting di medsos, posting foto cukup dengan satu klik. Buat yang di dunia nyata susah dapet temen di dunia maya bisa punya temen sampe ribuan. Siapa yang gak betah coba..

# 6. Bisa nyari temen / pacar bahkan jodoh sekalipun
Seperti poin no 5 di atas, yang biasanya di dunia nyata suka sendiri atau cuma punya segelintir temen, tapi di dunia maya bisa dapatin temen banyak. Mungkin ada yang punya kesamaan hobi sehingga amsuk di forum tertentu. Ada yang gabung di komunitas pencinta hal-hal tertentu, Ada yang main game berkelompok seperti clash of clans. Bahkan ada juga yang menjadikan dunia maya sebagai sarana berkencan dan mencari jodoh. Dunia mayalah tempatnya gombalin cewek tanpa perlu usaha keras. Tapi kudu extra hati-hati juga. Banyak orang yang jadi korban kejahatan lewat dunia maya. Ada yang ditipu, diperkosa sampai dibunuh (baca : Facebook menelan korban lagi, hati-hati)

# 7. Bisa nyari uang
Banyak juga orang yang menjadikan dunia maya sebagai tempat mencari uang. Bisa dengan membuka toko online, ikutan online survei, jadi penulis blog yang memonetasi blognya, jadi afiliate marketer dari situs toko online tertentu. Siapa yang gak betah kalo bisa dapetin duit tanpa perlu tinggalin rumah?

# 8. Bisa upload video dan foto dan main game online sesuka hati
Dunia maya menyediakan beberapa aplikasi yang memungkin pengguna untuk berbagi video, foto dan main game bersama. Aplikasi seperti youtube bisa membuat orang mudah mengupload video, instagram untuk mengupload foto dan banyaknya game online yang bisa dimainkan tanpa henti adalah salah satu alasan mengapa banyak orang betah berlama-lama di dunia maya. Bahkan ada seorang pemuda di China bernama Xia yang harus diangkat oleh paramedis setelah bermain game selama 14 hari tanpa henti.

# 9. Bisa jualan produk
Bisa buka toko online dan jual macam-macam barang di situs seperti Kaskus, Amazone, Lazada dan lain-lain. Pembelinya bisa darimana saja. Tidak perlu susah-susah bangun toko, hunting lokasi, menggaji pegawai seperti halnya di toko konvensional. Cukup dengan menjalankan website dari rumah sudah bisa mengelola toko onlinenya dengan baik. Bagaimana tidak betah jika ternyata dunia maya bisa menghasilkan pundi-pundi yang tidak sedikit ?

# 10. Bisa nulis diari atau berbagi tulisan dengan orang lain
Bagi yang hobi menulis dunia maya menyediakan fasilitas buat orang yang mau buat blog. Blogger, wordpress, tumblr dan sebagainya adalah penyedia blog gratisan yang bisa diakses siapapun yang sudah punya akun atau sudah mendaftar di situ tersebut. Bagi yang berniat memonetisasi blognya bisa membeli nama domain dan webhosting pada penyedia jasa tersebut dan membangun blog atau websitenya untuk menghasilkan uang. Tapi bagi yang cuma senang menulis, dunia maya adalah tempat curhat yang paling bagus, di mana curhatannya bisa dibaca dan dikomentari banyak orang. Hal ini bisa memberikan semangat baru dan membuat seseorang betah berlama-lama di dunia maya.

Itulah 10 alasan mengapa banyak orang yang betah berlama-lama di dunia maya. Dunia yang tidak nyata tapi memberikan banyak keasyikan bagi orang-orang tertentu.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}