Home » , » Realita Apa yang Hanya Ada di Film, Sinetron atau Drama?

Realita Apa yang Hanya Ada di Film, Sinetron atau Drama?

Posted by Catatan Ngocol on Friday 29 May 2015

Realita yang ada di Film

Pada suka nonton film, sinetron, drama kan? Meskipun ceritanya menarik dan membuai para penonton seolah pengen punya kehidupan kayak mereka. Tapi kalo dipikir-pikir (ini berlaku buat penonton yang kebanyakan mikir, kayak penulis) banyak hal yang kita lihat hanya merupakan realita dunia filem atau sinetron ataupun drama korea (buat yang ngefans sama K-drama) yang beda banget dengan dunia nyata.

superhero
Para superhero dengan kekuatan super

Apa saja itu? Mari kita cek :
  • Cewek cantik pasti pasangannya ganteng, begitu juga sebaliknya. Kalo kebetulan cantik pacarnya jelek atau mengerikan pasti pacarnya itu orang jahat, preman, orang yang berkuasa, orang kaya atau orang yang ditakuti. Di dunia nyata kan gak begitu, ada yang cantik pasangannya jelek begitu juga sebaliknya. Gak mesti cantik pasti jadian sama yang ganteng.
  • Cowok dan cewek yang kebetulan bekerjasama, satu sekolah, satu kantor, satu tempat kerja atau kebetulan bepergian bersama bisa dengan cepat saling jatuh cinta. pandang-pandang trus lirik-lirikan, nembak, jadian deh. Kalo di dunia nyata kan gak gitu. Buat jatuh cinta sama seseorang itu butuh waktu, gak bisa langsung instan.
  • Orang jelek, gendut, cacat pasti kebagian peran jadi orang lucu, dilucu-lucuin yang selalu di bully oleh karakter utama yang biasanya cantik / ganteng. Di dunia nyata banyak juga kok orang ganteng yang lucu... anggota dewan di TV juga pada lucu, padahal mereka kan orang pinter.
  • Dengan mudahnya dapat tempat parkir di tempat ramai di siang hari tepat di depan tempat tujuannya. Mau ke mall yang rame buat belanja trus pasti dapet tempat parkir yang gak jauh dari pintu masuk. Kalo di dunia nyata dapet tempat parkir di tempat yang rame itu butuh perjuangan muter-muter, itu juga kalo dapet.
  • Polisi bisa langsung dapat hasil DNA keesokan harinya. Kalo felem detektif yang ada kasus pembunuhannya dan butuh DNA korban atau pelaku, biasanya polisi langsung dapet hasilnya secepatnya, kalo perlu keesokan harinya. Normalnya butuh waktu 6 bulan di kantor polisi, itupun setelah melalui banyak uji dan penelitian menyeluruh.
  • Begitu Nyalain TV seketika kejadian yang kamu pengen tahu muncu di TV. Kalo di dunia nyata, buka TV kadang langsung iklan yang muncul berjubel.
  • Tergantung di kota atau negara mana kamu bepergian bangunan terkenal dari setiap kota atau negara tersebut dapat dilihat dari jendelamu (Menara Eiffel di Paris, Big Ben di London, Empire State Building di New York dan sebagainya). Kenyataannya kalo kantong cekak kadang ada yang lagi jalan backpaker dan tidur di mesjid atau nyari hotel murah yang viewnya tembok karena gak berjendela.
  • Satu tinju saja (bahkan dari orang yang gak terlatih dan gak punya pengalaman berantem) bisa merobohkan lawannya seketika. Kalo di dunia nyata, liat lawan yang gak mungkin ditantang mending ambil langkah seribu. Ato kalo punya cukup nyali, sekali tinju gak mungkin bikin lawan sempoyongan ambruk seketika.
  • Tokoh utama yang ganteng pasti jago berkelahi dan bisa mengalahkan lawan yang banyak. Di dunia nyata, cowok ganteng bisa saja gay...  atau kebanci-bancian dan gak bisa berkelahi. Jarang lho cowok ganteng yang punya ilmu bela diri karena mereka semua milih jadi model atau artis film / sinetron.
  • Pasti bisa bedaian mana orang jahat sama orang baiknya, karena orang baik itu pasti ganteng / cantik. Di dunia nyata yang suka nipu juga banyak yang ganteng ama cantik. 
  • Bom yang sudah siap meledak bisa dilumpuhkan dalam waktu singkat. Padahal ngejinakin bom itu butuh waktu dan harus dilakukan oleh orang yang ahli, gak boleh sembarangan motong kabel gitu. Kalo ngejinakin bom itu gampang buat apa polisi bikin unit khusus penjinak bom yang dikenal dengan gegana?
  • Pahlawan utama dapat melumpuhkan beberapa penjahat sekaligus dengan tembakan senapan atau pistolnya. Ini khas felem action, jagoannya pasti pada mahir nembak dan bisa ngelumpuhin lawannya dengan beberapa tembakan sekaligus. Kalo di dunia nyata pasti banyak yang nyasar dan butuh lebih dari satu orang untuk melumpuhkan 
  • Gitar listrik yang terletak di lantai sudah pasti siap dimainkan.
  • Kalo ada ledakan di belakangmu sudah pasti kamu akan selamat jika lompat dan lari dari ledakan. Kenyataannya ledakan hebat yang ada di belakang kita pasti akan membuat celaka, minimal luka bakar.
  • Tiba-tiba ada orang berdiri di belakang saat menutup lemari yang ada cerminnya, pantulannya terlihat di cermin. Penah ga anda menutup pintu lemari tiba-tiba ada bayangan orang di cermin? Tidak kan? Karena itu hanya ada di film.
  • Sekelompok orang mengepung kamu, bukannya mereka maju menyerang sekaligus tapi yang ada mereka maju satu demi satu melawan si jagoan dan akhirnya gampang dilumpuhkan.
  • Penyusup dengan mudah memecahkan password yang paling rumit sekalipun.
  • Dikejar 25 orang atau lebih dengan rentetan tembakan tapi masih bisa tetep selamat.
  • Hampir semua penjahatnya pasti kalah jago nembak / berantem dibanding tokoh utamanya
  • Cewek selalu bangun dengan kondisi rambut rapi dan pake make up. Kenyataannya kalo baru bangun rambutnya pasti awut-awutan, kayak gini :
    rambut berantakan
    rambut awut-awutan saat bangun tidur.
  • Pekerjaan setiap orang jenisnya sepertinya fokus pada satu proyek besar ketimbang pekerjaan hari-hari. Kayak dunia lagi terancam meteor, dunia penuh dengan bahaya karenanya pekerjaan mata-mata itu laris banget. Di dunia nyata orang sibuk dengan urusannya masing-masing kerja banting tulang siang malam buat mencari sesuap nasi dan tidak perduli dengan urusan dunia yang super ribet. Yang penting bisa makan itu udah cukup.
  • Orang Amerika pasti orang baik atau jadi penyelamat dunia. Kalo ada perang pasti Amerika pahlawannya. Kalo ada orang jahat, pasti warga negara lain dan jagoannya pasti warga Amerika. Kenyataannya?? Baca berita aja deh!
  • Semua orang di dunia ini bicara bahasa inggris dengan fasih. Kalo ada yang jalan ke negara lain bahkan suku terasingnya pun bisa bahasa Inggris. Liat deh kenyataan, di Indonesia aja jarang yang bisa ngomong Inggris dengan fasih.
  • 98,1 % manusia gak pernah masuk WC. Jarang kan kita liat ada felem ato sinetron yang pemainnya harus masuk WC ato buang hajat. Lebih seringnya adegan lain yang lebih heboh dan enak ditonton ketimbang orang buang hajat.
  • Mobil langsung meledak begitu kena peluru. Padahal butuh waktu mobil itu meledak, gak bisa langsung seketika bummmmm!!! Kalo gak percaya coba aja!
  • Orang bisa bernafas di bawah air dan berenang dalam waktu lama. Kenyataanya, manusia gak bisa bertahan lama di bawah air kalo gak bawa tabung oksigen.
  • Ada orang yang punya kekuatan super, bisa terbang, bisa berubah jadi serigala dan sebagainya. Kenyataannya kemampuan manusia semua sama saja, gak ada yang bisa berubah jadi binatang karena secara genetis udah beda. (lain halnya kalo terkait yang klenik ya... babi ngepet dan sebagainya)
  • Manusia bisa melewati mesin waktu. Kayak di drama Korea ada yang bisa datang dari zaman dinasti siapa yang bisa jatuh cinta sama cewek di zaman sekarang. Kenyataannya tidak mungkin.. absurd lah
  • Kamu tambahin sendiri lah, biar bijak menonton.
Itulah realita yang ada hanya ada di dunia entertainment, dunia hiburan yang tujuannya untuk menghibur kita. Memuaskan angan-angan dan impian kita tentang dunia yang indah dan nyaman. Kita yang nonton pun harus bisa membedakan dunia nyata dan dunia khayalan, dunia yang diberi spesial efek biar dahsyat dan kita gak keberatan ngeluarin duit buat menontonnya. Semuanya itu adalah bisnis yang mengalirkan uang ke kantong artis, sutradara dan orang yang terlibat dalam produksi film tersebut. Meskipun ada film/sinetron/drama yang berdasarkan cerita nyata (true story) tapi tetap kita harus bijaksana menyikapinya. Selamat menonton dan jadi penonton yang bijak.


1 comments:

  1. kalau mau iklanin di blogspot ini carany gimana ya, dan biayany berapa?

    ReplyDelete

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}