Home » , » Hati-Hati Ladies, Facebook Menelan Korban Lagi

Hati-Hati Ladies, Facebook Menelan Korban Lagi

Posted by Catatan Ngocol on Thursday 7 May 2015

Hari ini saya membaca berita di Detik.com tentang pembunuhan seorang janda bernama Yulita oleh pria yang baru dikenalnya di facebook. Beritanya bisa dilihat di sini. Apa yang sebenarnya perlu kita ketahui tentang dunia maya, media sosial dan dampak yang ditimbulkannya?

Hal-hal yang perlu ladies perhatikan terkait keamanan kita sebagai wanita dalam menggunakan media sosial seperti facebook.


facebook

#1. Jangan meletakkan informasi yang sangat pribadi.
Facebook adalah situs sosial media yang memiliki banyak pengguna di seluruh  dunia dan bisa diakses oleh siapa saja, termasuk orang yang berniat jahat. Para pemerkosa, pembunuh, penipu bertebaran di mana-mana dan mereka menggunakan facebook sebagai sarana untuk mencari korban dan melakukan aksi kejahatannya. Mereka memburu wanita-wanita bodoh yang mau percaya pada mereka. Karenanya jangan meletakkan informasi yang sangat pribadi seperti nomor telepon dan alamat rumah pada profil anda di facebook. Cukup email saja (karena memang persyaratan untuk membuka akun facebook). Informasi pribadi ini akan membuat anda mudah dilacak dan dihubungi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

# 2. Buat akun kita hanya bisa dilihat oleh teman.
Jangan membuat akun facebook kita menjadi public yang artinya bisa dilihat  dan diakses oleh siapa saja. Buka pengaturan profil, disitu kita bisa mencentang akun menjadi hanya bisa dilihat oleh teman. Hal ini untuk membatasi orang melihat akun dan informasi mengenai kita.

# 3. Hati hati menerima atau meminta pertemanan.
Jika seseorang meminta kita untuk menjadi teman (meng-add kita) tidak semuanya harus kita terima. Kita harus cerdas melihat foto profilnya apakah itu teman yang kita kenal atau tidak. Jangan sembarangan menerima pertemanan apalagi yang foto profilnya tidak jelas. Demikian juga jangan sembarangan meminta pertemanan pada orang yang tidak dikenal. Karena banyak orang yang menyembunyikan jati dirinya yang asli dibalik foto profil yang bukan dirinya.

# 4. Jangan meladeni chatting dari orang yang tidak jelas
Jika ada yang mengajak chatting kita bisa menilai apa pantas untuk diladeni atau diabaikan saja. Demikian juga jika ada yang mengirim pesan-pesan semanis madu seperti "I miss you, I love you, ingin kulumat bibir manismu" dan sebagainya dari akun yang tidak dikenal, harus diwaspadai. Bisa saja mereka ini adalah komplotan pemangsa perempuan

# 5. Jangan memposting foto yang sangat pribadi
Kita semua harus paham bahwa foto yang kita upload ke facebook dengan gampang bisa dicopy oleh orang lain atau orang yang tidak bertanggung jawab. Jangan memposting foto yang terlalu vulgar, sexy bahkan telanjang di facebook atau pada teman yang meminta foto yang sangat pribadi jangan diberi, itu bisa menjadi boomerang bagi pemiliki foto. Banyak kejadian yang menggunakan foto pribadi itu untuk memeras pemilik foto.

# 6. Jangan memposting kegiatan kita saat itu lengkap dengan lokasinya.
Karena orang bisa mengetahui kita berada di mana dan sedang apa. Bisa bahaya jika ada yang berniat jahat dan berada tidak jauh dari lokasi kita. Banyak perkosaan yang terjadi pada wanita yang memposting setiap aktivitasnya berikut lokasinya.

# 7. Jangan terlalu percaya pada pesan-pesan yang dikirim ke inbox anda
Jika ada yang mengirim pesan menceritakan kalau mereka tertarik dengan kita, kalau mereka mau titip uang, kalau mereka lagi butuh uang sementara berasal dari akun yang tidak dikenal abaikan saja. Banyak orang yang tertipu karena mempercayai pesan-pesan yang mereka terima di inbox facebooknya. Segala sesuatu yang terkait dengan uang entah mau diberi atau dimintai uang pikirkan baik-baik. Bisa saja itu komplotan penipu. Banyak sekarang ini kisah love scam (penipuan cinta) yang melibatkan komplotan penipu dari Nigeria yang menggunakan foto orang lain untuk menipu korbannya. Hati-hati Ladies.

# 8. Pikir dulu sebelum bertindak
Jika ada yang mengatakan jatuh cinta dan ingin menikahi meski tidak pernah bertemu langsung dengan anda, terutama jika dia berasal dari kota atau bahkan negara lain, pikirkan baik-baik. Apakah mungkin seseorang yang tidak kita pernah bertemu dan tidak kenal dengan baik akan menikahi kita. Menikah itu bukan hal yang main-main. Jika dia memang serius pasti ada proses saling mengenal pribadi terlebih dahulu. Apalagi jika diiming-imingi akan dikirimi hadiah mahal atau uang jutaan sudah pasti itu penipuan.

# 9. Jangan temui kenalan baru sendirian
Jika seseorang yang anda kenal di facebook mengajak anda bertemu untuk pertama kalinya sebaiknya jangan menemuinya sendirian tetapi ajak saudara atau orang yang anda percaya untuk menemani. Banyak kejadian yang membawa petaka saat menemui orang yang baru dikenal pertama kali sendirian, seperti yang dialami oleh janda Yulita di atas.

# 10. Jika tidak ada yang menemani sampaikan lokasi pertemuan pada keluarga atau orang terdekat.
Jika terpaksa harus menemuinya sendirian sampaikan lokasi dan waktu pertemuan pada keluarga agar bisa segera dicek jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Perhatikan sikap dan tingkah kenalan baru itu dengan baik, jangan percaya dan mau menuruti semua keinginannya. Jika melihat gelagat yang mencurigakan dan membahayakan diri, segera tinggalkan atau jika tidak bisa berteriak minta tolong atau menelepon kantor polisi terdekat.

Itulah 10 cara proteksi diri bagi perempuan yang aktif di media sosial. Jangan mudah percaya teman di dunia maya. Namanya juga dunia maya, artinya beda dengan dunia yang nyata. Banyak kepalsuan dan sesuatu yang tidak bisa kita prediksi. Di dunia nyata banyak orang jahat yang berkeliaran apalagi di dunia maya yang cenderung lebih susah untuk mengenali orang dengan identitas aslinya. Bijaklah dalam menggunakan segala sesuatu termasuk media sosial. Hati-hati dan waspada selalu, Ladies !


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}