Home » , » Fakta Terunik Tentang Keringat

Fakta Terunik Tentang Keringat

Posted by Catatan Ngocol on Monday 11 May 2015

Pada tau keringat kan? Cairan yang dikeluarkan oleh tubuh manusia ini emang gak menarik untuk dibicarakan. Nanti cairan ini menarik perhatian kalo sudah menimbulkan bau yang tidak sedap karena mengganggu penciuman orang di sekitarnya.

keringat

Ternyata banyak lho fakta terunik dari keringat. Mau tahu? Ini dia daftarnya.

# 1. Keringat itu gak Bau

Aslinya keringat itu gak bau frend. Terus kenapa ada yang namanya BB alias Bau Badan? Pada biasa nemu orang yang bau badannya kurang ajar banget kan? Orang begini nih gak nyadar kalo sebenarnya dia mengganggu orang di sekitarnya. Mereka udah biasa nyium aroma tubuhnya yang semerbak memuakkan. Tapi beneran, keringat itu gak bau, yang bikin bau itu karena ada bakteri yang numpang hidup di ketiak atau di tempat-tempat lembab yang ada di tubuh kita. Si bakteri inilah biang keroknya. Jadi yang punya bau badan aduhai pasti kolektor bakteri yang seenaknya "kos" di bagian tertentu tubuhnya yang berpadu menjadi satu dengan keringat menghasilkan bau yang aduhai. Jadi kalo ada yang BB kesalahan bukan pada orangnya tapi pada bakteri di badannya frend...

# 2 Kuda Nil keringatnya merah lho

Kalo keringat manusia gak berwarna beda dengan dengan ciptaan Tuhan yang satu ini, keringatnya merah frend. Kenapa? Bukan karena diberi pewarna biar sexy tapi karena adanya pigmen di permukaan tubuhnya yang warnanya merah. Pigmen ini selain berfungsi sebagai tabir surya  juga membunuh bakteri di kulit mereka, Artinya kuda nil keringatnya gak bau? Mungkin ada yang mau ngebuktiin, silakan ke kebun binatang langsung deh tatap muka dan permisi sama mas kuda nil mau menghisap aroma tubuhnya.

# 3. Kelenjar keringat itu banyak 

Rata-rata orang punya 2,6 juta kelenjar keringat dalam tubuhya. Wuih banyak banget ya? Cewek punya kelenjar keringat yang lebih banyak dibanding cowok tapi produksi keringat cowok tetap lebih banyak dibanding cewek.

# 3. Mengapa keringat bikin warna di  bagian ketiak baju kuning ?

Buat kamu yang suka basket (basah ketek) pasti kesel kok baju-baju kesayangan pada bernoda di bagian keteknya, warnanya kuning lagi. Penyebabnya karena adanya kelenjar apokrin yang mengandung protein dan asam lemak yang menjadikan keringat tebal dan menyerupai susu. Untung cuma noda, coba kalo itu susu beneran ada yang mau minum? 

# 4. Konsentrasi letak kelanjar keringat itu banyakan di kaki

Ah, yang bener ? Bener itu, kelenjar keringat kebanyakan terkonsentrasi di bagian kaki, sementara kelenjar keringat yang paling sedikit di temukan di punggung frend. Kok gak pernah liat kaki keringatan banyak-banyak ya? Soalnya kalo kaki keringatnya berlebih pasti semua orang bakalan mudah kepeleset, benar nggak?

# 5. Kok Makan bikin keringatan?

Pernah perhatiin gak kita makan trus keringat ikut-ikutan menetes? Itu karena saat makan tubuh kita metabolismenya meningkat yang meningkatkan suhunya. Nah cairan yang bernama keringat itu keluar untuk mendinginkan tubuh. Jadi kalo makan sambil keringatan  gak pa pa frend, tubuh lagi melakukan mekanismenya.

# 6. Monyet dan Kuda juga "basket"

Ternayata hewan golongan primata seperti monyet, gorila, simpanse dan sebangsanya  ditambah kuda itu sama dengan manusia frend. Suka basket alias berkeringat di ketek. Kalo gak percaya boleh dicek. Sapa tau ada topeng monyet lewat, boleh diperiksa keteknya beneran basket apa gak ?

# 7. Cowok keringatnya lebih asin dari cewek

Pernah gak sengaja menjilat keringat kita frend? Rasanya asin kan? Cowok ternyata punya keringat yang lebih asien dibanding cewek dan mereka berkeringat 40 % lebih banyak dibanding cewek.

# 8. Sapi berkeringat lewat hidungnya

Kalo mahluk yang lain termasuk manusia keringat keluar melalui pori-pori kulit, khusus hewan melenguh ini keringatya keluar lewat hidungnya. Pernah megang hidung sapi yang terasa basah gak frend?

# 9. Vegetarian keringatnya lebih "wangi"

Sebuah studi dilakukan di Republik Cheko yang mengadakan survei mengenai bau badan orang yang makan daging dan yang vegetarian. Ternyata hasilnya bau keringat vegetarian lebih bisa ditolerir baunya dibanding bau keringat pemakan daging.

# 10. Keringat karena stress beda dengan keringat biasa

Pernah merasa keringat dingin saat menjelang ujian atau menjelang tampil di pentas? Ini namanya keringat stres yang dikeluarkan oleh kelenjar yang berbeda dengan keringat biasa frend. Komposisinya juga beda. Kalo keringat biasa terdiri dari air, garam dan potasium yang membantu mendinginkan tubuh, sementara keringat karena stress terdiri dari asam lemak dan protein. Keringat stress ini tidak gampang menguap seperti halnya keringat biasa dan kalo 


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}