Home » , » Fakta 7 Milyar Penduduk Dunia, Ngapaian Aja Mereka?

Fakta 7 Milyar Penduduk Dunia, Ngapaian Aja Mereka?

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 26 May 2015

7 Milyar perkiraan penduduk dunia (termasuk kamu dan saya), ngapaian aja mereka? Apa yang mereka kerjakan sehari-hari. Ini data-data yang didapat oleh admin catatanngocol.blogspot.com dari berbagai sumber.

  • 1.9 Milyar diantaranya adalah pekerja anak. Mereka berumur 0 -15 tahun, terlalu muda untuk bekerja atau dipekerjakan di sektor informal. Banyak orangtua yang sengaja mengeksploitasi anak mereka untuk nyari duit dengan pertimbangan mereka gampang dimanipulasi dan rata-rata taat pada perintah. Pernah merhatiin pengemis, peminta-minta atau pengamen cilik di lampu merah? Kebanyakan dari mereka anak-anak yang disuruh bekerja atau terpaksa bekerja karena tuntutan kehidupan. Atau bayi-bayi yang dibawa mengemis, dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab untuk membuat orang lain iba. Banyak pengusaha juga yang tidak keberatan mempekerjakan anak di bawah umur dengan pertimbangan mereka gak keberatan diberi upah kecil atau tidak diberi upah sama sekali. Minimnya perlindungan buat mereka membuat anak-anak rentan eksploitasi. Ada yang korban perdagangan manusia, korban eksploitasi seksual atau pelacuran anak bahkan dimanfaatkan oleh pihak-pihak tak bertanggung untuk menjadi pengedar barang berbahaya seperti narkotika dan senjata api.
    pekerja anak
    pekerja anak
  • 1,7 Milyar diantaranya bekerja di sektor jasa / pelayanan. Sektor jasa seperti perhotelan, perbankan, rumah sakit, asuransi dan sebagainya semakin berkembang terkait dengan kebutuhan masyarakat yang begitu besar untuk mempermudah hidup dan urusannya. Sektor jasa menyumbang pendapatan yang cukup besar. Bayangin kalo gak ada petugas bank, dokter dan suster rumah sakit, petugas kebersihan, penjaga keamanan, apa jadinya? Sesederhana apapun pekerjaan pelayanan pada orang lain tetap penting dan dibutuhkan masyarakat saat ini.
    chef
    Chef di suatu restoran
  • 1,4 Milyar diantaranya bekerja di sektor pertanian. Sektor pertanian adalah sektor yang nyumbang banyak pekerja untuk memenuhi kebutuhan makanan manusia di muka bumi ini. Bayangin kalo gak ada petani, gaka ada yang nanam padi, gak ada yang melihara sapi, ayam, kambing, gak ada nelayan yang nyari ikan, gimana kita makan ya?
    petani
    petani yang membajak sawah
  • 800 juta bekerja di sektor industri. Industri diperlukan untuk menghasilkan barang-barang yang bermanfaat dan dipergunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Gedung-gedung yang dibangun, mall, rumah sakit, stadion olahraga, sampai industri yang menghasilkan kendaraan, mobil, motor, pesawat, makan olahan, peralatan elektronik dan sebagainya membuat roda perekonomian di suatu negara bergerak.
  • 577 juta diantaranya adalah pensiunan di atas umur 64 tahun. Banyak juga orang tua di dunia ini ya.. mungkin karena tingkat kesehatan dan harapan hidup yang lebih tinggi dibanding jaman kakek nenek mereka. Ada yang masih bekerja di usia senja entah itu menjalankan usaha sendiri, terlibat dalam kegiatan sosial, atau volunteer, LSM atau kegiatan lainnya. Banyak lho orang tua yang tetep pengen berkarya meski usia mereka gak muda lagi (baca : yang tua yang berkarya)
    orang tua
    penduduk senior yang bertambah banyak jumlahnya
  • 430 juta diantaranya adalah pengangguran. Ternyata banyak juga pengangguran di dunia ini ya? Lapangan kerja yang semakin menyempit sementara penduduk bertambah banyak menyebabkan tingkat pengangguran meningkat. Banyak negara yang menghadapi masalah ini termasuk di Indonesia. Apakah kamu termask 430 juta jiwa ini?
    pengangguran
    pengangguran itu meresahkan
  • Hanya 400 juta wirausahawan. Ini nih profesi yang katanya bisa membuat orang mandiri dan cepet kaya. Tapi kok persentasenya kecil banget ya? Meski mereka ini minoritas tapi bisa mempekerjakan mayoritas angka-angka di atas itu. Pengusaha perhotelan, pemilik restoran, pemilik bank sampai kios kelontong depan rumah juga masuk dalam kategori ini. Ternyata banyak orang yang senang mencari kerja, bekerja pada orang lain ketimbang menciptakan lapangan kerja dan mempekerjakan orang lain.
Itulah realita dan fakta mengenai apa yang dilakukan 7 milyar penduduk dunia. Masuk, di kategori manakah anda, pembaca?


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}