Home » » 9 Cara Nolak Seseorang Tanpa Menyakiti

9 Cara Nolak Seseorang Tanpa Menyakiti

Posted by Catatan Ngocol on Monday 25 May 2015

Kadang susah bilang "tidak" pada seseorang yang berharap kita ngomong "ya". Yang namanya ditolak itu pasti gak enak. Bayangkan kalo kita suka sama seseorang, udah Ge eR kalo dia juga memendam rasa yang sama, eh begitu nembak dianya malah bilang tidak? Sakit kan? Begitu juga kalo kita minta tolong teman, udah ngarep bisa dipinjamin duit eh begitu butuh dianya malah ogah dengan alasan macam-macam. Mau minjam baju adik ato kakak buat pesta temen, eh begitu udah dandan rapi dan heboh, adik atau kakak malah bilang "NO!" Nggak boleh! Sakitnya tuh disini kata lagu dangdut.

menolak

Karena udah tau gimana rasanya ditolak, kita kudu ekstra hati-hati nolak orang. Yang namanya jujur emang lebih baik ketimbang mengiyakan trus ngedumel atau ngomel karena gak sesuai dengan kata hati. Menderita kan kalo kita ngomong "iya" padahal hati bilang "nggak" hanya buat sekedar nyenengin orang, takut kehilangan temen, gak bisa bilang nggak ? Wuih, janganlah...

Berikut ini ada 9 tips yang bisa dipake kalo seseorang meminta sesuatu pada kita yang sebenarnya kita ogah tanpa menyakiti perasaannya.

# Tips Nomor Satu
Fokuskan pada dirinya bukan pada kita
Temen baik kita ngajakin ikut arisan yang setoran bulanannya 5 juta. Karena merasa itu terlalu berat buat kantong dan gak ingin menyakiti hati sahabat yang udah jauh-jauh datang, traktirin kita makan udah gitu bayarin parkir lagi, kita bisa ngomong gini "Saya ngerti maksud baik kamu tapi saya gak kepengen sih ikut sekarang, banyak yang lebih penting yang pengen saya fokuskan dengan dana saya, kapan-kapan kalo dana saya mencukupi saya bisa ikut gabung. Thanks udah perhatian ama saya, saya sangat menghargainya." 
Atau kalo mau nolak cowok yang nembak kamu, tinggal modifikasi sedikit " Saya ngerti kamu suka ama saya tapi saya belum kepengen berkomitmen saat ini, banyak hal yang saya pengen fokuskan dulu, studi saya, cita-cita dan impian saya. Kamu cowok yang baik, perhatian lagi, masih banyak cewek yang jauh lebih pantas dan siap untuk bersama kamu saat ini ketimbang saya."

Di sini kita fokus pada kebaikan dan kualitas dirinya bukan fokus pada penolakan kita.

# Tips Nomor Dua
Tekankan kalo kita pengen tapi gak bisa.
Seseorang ngajakin kita ke pesta tapi kita gak kepengen pergi, kita bisa bilang " saya pengen, tapi bener-bener gak bisa." (jelasin alasan yang masuk akal, entah sakit gigi, gak suka pesta, ada janji sama yang lain, dan lain-lain). Terima kasih untuk undangannya, lain kali yah?"

Di sini kita fokus pada alasan mengapa kita gak bisa, atau mengapa kita nolak. (harus yang masuk akal ya.. jangan yang mengada-ngada, kayak"sori, aku gak bisa pergi karena kucingku ngelahirin, trus baby kucingnya gak bisa ditinggal.")

# Tips Nomor Tiga
Tekankan kalo kita belum bisa komit saat sekarang
Jika kekasih ngajakin kita nikah atau melangkah ke jenjang yang lebih serius sementara kita belum yakin apakah dia memang yang terbaik untuk kita saat ini, katakan aja " Saya menghargai keseriusan kamu, tapi saya gak bisa bilang ya sekarang karena masih belum bisa komit dengan sesuatu seserius ini. Saya butuh waktu untuk itu, saya sangat menghargai kalo kamu mau menunggu."

Di sini kita fokus pada kondisi kita yang belum siap, bukan fokus karena dia bermasalah sehingga harus ditolak ajakannya.

# Tips Nomor Empat
Tekankan kalo kita menghargainya tapi bener-bener gak bisa
Klo seseorang ngajakin kita berenang di pantai hanya dengan pake bikini yang bikin kita emoh karena kita gak suka dan gak nyaman dengan pakaian minim, katakan saja, "sori, aku suka keliatan seksi dan seru-seruan di pantai guys, tapi pake bikini gak masuk dalam daftar piihan yang menyenangkan buat aku yang sedikit old fashioned (kuno) ini. Boleh gak aku pake kaos dan celana pendek aja"

Di sini kita fokus pada kondisi kita, bukan fokus pada masalah bikini yang merupakan ide mereka trus kita cari alternatif yang membuat mereka gak merasa ditolak sementara keinginan kita bisa terlaksana juga. Kalo kasus yang disini kita bisa ikutan seru-seruan di pantai tanpa harus pake bikini yang buat kita gak nyaman.

# Tips Nomor Lima
Tekankan bahwa kita paham tapi kita bener-bener gak bisa
Kalo temen baik pengen minjem duit ato minjem barang yang gak bisa kita bantu katakan kalo " saya paham kesulitan kamu, paham bahwa kamu menghadapi masa-masa sulit, paham bahwa kamu perlu dukungan kami semua tapi saat ini kondisi sedang sulit dan saya bener-bener gak bisa bantu, maaf"

Di sini kita fokus kalo kita paham kondisinya, kesusahannya temen dan kita turut bersimpati padanya bukan fokus pada penolakan kita untuk membantunya.

# Tips Nomor Enam
Tekankan kalo penolakan kita tidak selamanya
Kalo seseorang ngajakin kita ikut partai politik sementara kita belum terpikir untuk terjun di dunia politik kita bisa ngomoing ke dia " Saya gak bisa bilang ya sekarang, saya akan menghubungi kamu kalo saya berubah pikiran nanti."

Di sini kita fokus bahwa penolakan kita hanya saat sekarang dan bisa saja nantinya berubah.

# Tips Nomor Tujuh
Tekankan kalo kita tersanjung dengan ajakannya tapi kita bener-bener gak bisa
Kalo seseorang ngajak kita kencan dan kita lagi gak mood sama dia katakan " saya merasa tersanjung, merasa terhormat dengan perhatian dan kesediaan kamu ngajak saya, tapi saya benar-benar gak bisa karena sudah punya janji dengan yang lain (kemukakan alasan yang jelas dan masuk akal, lihat tips nomor dua)

Di sini kita fokus kalo kita merasa tersanjung, terhormat dengan ajakannya tetapi kita tetap gak bisa pergi dengan alasan yang sudah kita siapkan.

# Tips Nomor Delapan
Tekankan kalo kita gak bisa dan sebaliknya sampaikan apa yang kita bisa
Kalo seseorang mengundang kita untuk jadi pembicara sesuatu yang tidak kita kuasai, katakan aja terus terang " Itu di luar kompetensi saya jadi saya gak bisa penuhi, kalo di bidang A saya bisa jelasin semua yang saya tau."

Di sini kita fokus pada apa yang bisa kita lakukan untuknya bukan pada apa yang tidak bisa kita berikan.

# Tips Nomor Sembilan
Tekankan kalo apa yang diinginkannya gak kita miliki
Kalo seseorang minta kita jadi ketua panitia sebuah acara amal sementara kita gak punya banyak waktu dan sibuk serta tidak ngerti prosedur dan tata caranya, katakan terus terang, " saya menghargai kepercayaan yang diberikan temen-temen pada saya, tetapi saya bener-bener gak punya waktu dan gak paham tata caranya, berikan saja pada orang yang bisa."

Di sini kita tekankan kalo apa yang diinginkan orang lain seperti waktu, pengetahuan, keterampilan, uang, sumberdaya dan sebagainya tidak kita miliki sehingga kita wajib menolaknya daripada mengacaukan semuanya.

Itulah sembilan cara nolak permintaan seseorang tanpa nyakiti perasaannya. Jangan asal nolak ya, ntar nambah musuh. Siapapun suka diterima dan ogah ditolak, tapi gimana dong, hidup ini kan pilihan. Kita harus milih yang tepat dan cocok buat kita. Kalo diterima trus nyebelin kan sia-sia, amalnya juga gak ada. So, pandai-pandailah mengemukakan penolakan.  Semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}